5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Pintar - WisataHits
Jawa Tengah

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Pintar

Kota Semarang menawarkan berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Di antara objek wisata yang ada, Anda bisa mengunjungi museum yang ada di ibu kota Jawa Tengah ini.

Tidak hanya berwisata, tetapi juga pengetahuan dan wawasan Anda bisa bertambah. Jadi wisata museum mana yang bisa kamu kunjungi? Berikut 5 rekomendasi wisata museum di kota Semarang.

1. Museum Ranggawarsita

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang yang Dijamin Bikin Kamu Lebih Pintar Museum Ranggawarsita Semarang (Dok. Semua Tentang Semarang)

Museum Ranggawarsita merupakan museum terlengkap di kota Semarang yang memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, budaya, masa perkembangan dan wawasan nusantara. Museum ini terletak di Jalan Abdurrahman Saleh dan buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Museum Ranggawarsita memiliki koleksi 59.802 buah yang terbagi dalam 10 jenis yaitu geologi, biologi, arkeologi, sejarah, filologi, numismatik, heraldik, kramologi, teknologi, etnografi dan seni rupa.

2. Museum Mandala Bhakti

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang yang Dijamin Bikin Kamu Lebih Pintar Museum Perjuangan Mandala Bhakti (Dok. Kopi dan Anda)

Museum Perjuangan Mandala Bhakti di Jalan MGR Soegijapranata Semarang merupakan tempat yang memperingati dan melestarikan bukti sejarah perjuangan para pahlawan bangsa melawan penjajah.

Di museum kita melihat berbagai senjata yang digunakan oleh para pahlawan dalam menghadapi perang, dari senjata tradisional hingga senjata modern. Selain itu, ada seragam yang digunakan TNI saat perang, kendaraan perang, tanggal, dokumentasi perjuangan TNI dan foto pahlawan Indonesia.

Benda bersejarah ini menjadi saksi peristiwa Pertempuran Lima Hari Semarang dan Gerakan 30 September.

Baca Juga: Hotel Dibya Puri Terkenal Berhantu Sedang Direnovasi Wali Kota Semarang

3. Museum Rekor Dunia

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang yang Dijamin Bikin Kamu Lebih Pintar Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) (dok. Perpustakaan Jawa Tengah)

Semarang tidak hanya memiliki museum yang menyimpan sejarah bangsa pada masa perang. Museum Rekor Dunia Indonesia atau yang dikenal dengan MURI menyimpan sejarah prestasi dan rekor yang diraih bangsa Indonesia.

Museum yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah ini berdiri pada 27 Januari 1990. Sejak awal, MURI telah mencatat lebih dari 1.300 rekor nasional dan internasional dari masyarakat Indonesia.

4. Galeri Seni Kontemporer Semarang

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang yang Dijamin Bikin Kamu Lebih Pintar Galeri Seni Kontemporer Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kota tua kini menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang. Jika Anda sedang berjalan-jalan di sekitar kota tua, jangan lupa mampir ke Galeri Seni Kontemporer Semarang. Museum bernuansa modern dengan interior minimalis berwarna putih ini terletak di Jalan Taman Srigunting 5-6, Tanjung Mas, Kabupaten Semarang Utara.

Dikenal sebagai Galeri Semarang, museum ini berfungsi sebagai ruang pameran dan untuk menampilkan karya seni kepada publik. Museum ini juga banyak dikunjungi anak muda karena interior bangunannya sangat indah Instagramable. Anda dapat mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery Selasa-Minggu 10:00-16:30 WIB. Sedangkan tiket masuknya seharga Rp 20.000 per orang.

5. Museum Kota Tua

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang yang Dijamin Bikin Kamu Lebih Pintar Museum Kota Tua di Bundaran Bubakan, Semarang. (Instagram/@semarangnih)

Museum Kota Lama Semarang adalah destinasi terbaru di ATLAS City. Museum ini menampilkan sejarah Kota Semarang dan memamerkan barang-barang dari masa lalu. Museum ini menggunakan teknologi untuk menampilkan layar 3D yang memberikan pengunjung perasaan memasuki dunia maya dan mengalami sejarah Kota Semarang secara langsung.

Lokasinya terletak di Jalan Cendrawasih No 1A, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Nah, seru kan berkunjung ke museum di Kota Semarang? Anda bisa datang ke sini bersama keluarga, teman atau pasangan. Ayo, masuk daftar ya kamu.

Baca juga: Hore! 8 ruas jalan dan kawasan wisata kota semarang bebas kabel udara

Source: jateng.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button