Pantai Tanjung Batu Sorong, Pesona Pantai Eksotis yang Memanjakan Mata - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Batu Sorong, Pesona Pantai Eksotis yang Memanjakan Mata

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Tj. Kasuari, Malaingkedi, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tanjung Batu terletak di salah satu kota paling berkembang di Papua Barat. Meski udara di Sorong cukup hangat dan padat penduduk, kawasan pantai ini memiliki banyak pepohonan yang rindang dan sepi, apalagi di hari biasa. Sangat cocok untuk wisata keluarga murah.

Pasir pantai ini berwarna putih. Lingkungan sekitar juga bersih sehingga pemandangan sekitar terlihat alami dan terjaga. Air laut yang bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar dengan air yang sangat lembut. Pantai ini merupakan tempat yang aman untuk bermain air di sekitar pantai tanpa harus khawatir tersapu ombak.

Menjadi tujuan wisata populer di Sorong, Pantai Tanjung Batu cukup ramai saat akhir pekan atau masa liburan. Namun jika anda datang pada hari biasa, pantai ini akan sangat tenang dan sepi. Jadi, bagi pengunjung yang menginginkan tempat yang nyaman untuk bersantai dengan alam, bisa datang ke pantai ini pada hari biasa.

Atraksi Pantai Tanjung Batu

Kredit gambar: Google Maps ELIAS KARAMOY

Ada beberapa objek wisata yang dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Beberapa daya tarik pantai ini adalah sebagai berikut.

1. Keindahan pantai

Daya tarik utama Pantai Tanjung Batu adalah pemandangan pantai yang indah. Pasir putihnya memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan melukai kaki Anda jika berjalan tanpa alas kaki di atas pasir. Warna pasir putih kecoklatan juga terlihat paling bagus saat terkena sinar matahari.

Selain itu, air laut juga menawarkan warna yang memanjakan mata. Dalam warna biru muda dengan nuansa turquoise, sangat indah untuk dilihat. Dipadukan dengan pasir putih, lingkungan sekitar yang sangat bersih dan masih alami menjadikan keindahan pantai menjadi tujuan utama pengunjung yang datang untuk berlibur.

2. Gelombang pantai

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang di bibir pantai. Meski hati-hati dan harus diawasi, anak-anak dan orang dewasa dapat bermain dengan bebas di air di sekitar pantai. Namun, ombak di perairan yang lebih dalam cukup kuat. Dengan keadaan ombaknya, pantai ini menjadi tempat yang asyik untuk berselancar.

Keadaan ombaknya tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung datang untuk melakukan berbagai aktivitas menarik, antara lain permainan air atau selancar. Ombak di Pantai Tanjung Sorong membantu pengunjung menikmati liburan yang menyenangkan. Tak heran, pantai ini akhirnya menjadi tempat liburan yang semakin populer.

3. Batu Besar

Objek Wisata Pantai Tanjung BatuKredit gambar: Google Maps ELIAS KARAMOY

Salah satu ciri khas pantai Tanjung Batu adalah adanya batu karang besar yang menjorok ke laut yang tidak terlalu tinggi namun membutuhkan tenaga untuk mencapainya. Banyak pengunjung datang untuk mendaki batu besar ini dan menikmati keindahan alam dari atas. Sensasinya memang sangat berbeda dengan deburan air laut yang terasa lebih dekat.

4. Hembusan angin

Pantai ini cukup hangat dan panas karena terletak di garis khatulistiwa. Meski begitu, angin di kawasan ini sangat lembut sehingga terasa menenangkan. Hembusan angin yang menerpa wajah pengunjung akan menyejukkan. Oleh karena itu, tempat ini sering menjadi tempat untuk menenangkan diri dan beristirahat dari aktivitas sehari-hari yang jenuh.

Apalagi di sekitar pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Pohon-pohon ini bisa menjadi tempat yang sejuk dan sejuk untuk berteduh. Pepohonan dari berbagai jenis tidak hanya untuk pengunjung suaka. Keunggulan lain yang juga sangat penting, yaitu melindungi pantai ini dari bahaya abrasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Petunjuk Menuju Pantai Tanjung BatuKredit gambar: Google Maps Benkris Koloman

Pantai Tanjung Batu terletak di Sorong Manol, Kota Sorong, Papua. Tepatnya di Jl. Cap Casoar, Malaingkedi. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pantai lain yaitu pantai Tanjung Kasuari. Banyak yang mengira keduanya adalah pantai yang sama, padahal sebenarnya berbeda. Hanya lokasinya yang dekat.

Pantai ini juga cukup dekat dengan bandara DEO. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer atau kurang lebih perlu menempuh perjalanan selama 35 menit. Jika Anda datang dari luar kota, Anda bisa menemukan hostel atau homestay di sepanjang perjalanan ini. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi bingung harus bermalam di mana.

Untuk mencapai lokasi pantai, akan lebih mudah jika Anda memulai perjalanan dari kota Sorong. Jaraknya hanya sekitar 7 kilometer. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan ojek. Ongkosnya sekitar Rp 30.000 meskipun cukup dekat karena memang ada perbedaan harga dibandingkan pulau lain.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung BatuKredit Gambar: Google Maps Jelajahi Daerah Terpencil

Pantai Tanjung Batu merupakan kawasan wisata yang sangat murah. Buka setiap hari dan akan lebih ramai di akhir pekan, masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya. Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp 50.000, sedangkan untuk sepeda motor sebesar Rp 20.000.

Harga parkir memang cukup mahal dibandingkan dengan harga di pulau lain, seperti Jawa. Namun, di Papua ada perbedaan harga, sehingga biaya parkir adalah harga yang wajar. Apalagi setelah Anda tiba di pantai, Anda akan merasakan keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Batu

Aktivitas di Pantai Tanjung BatuKredit Gambar: Google Maps dapat khong guan

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan jika Anda berada di Pantai Tanjung Batu. Dengan berbagai aktivitas tersebut, liburan Anda di kawasan ini akan semakin menyenangkan. Aktivitas tersebut tidak hanya bisa Anda lakukan sendiri, tetapi Anda juga bisa melakukannya bersama teman atau keluarga.

1. Kenyamanan

Jika Anda datang bersama keluarga, maka waktu luang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa menggelar tikar dan menikmati makanan yang Anda bawa dari rumah. Dengan angin sepoi-sepoi di bawah pepohonan, serta suara deburan ombak pasti akan menambah nafsu makan Anda, apalagi jika Anda melakukannya bersama orang-orang tersayang.

2. Berenang

Dengan ombak yang tidak terlalu besar di pinggir pantai, sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk melakukan aktivitas berenang. Tua dan muda bisa leluasa menikmati kesejukan air laut, tentunya hanya bisa dilakukan di pantai dan perlu pengawasan untuk anak-anak karena semakin dekat ke tengah laut, ombak akan semakin kuat. .

3. Berselancar

Jika Anda menyukai aktivitas selancar, pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berlatih olahraga air ini. Ombak di Pantai Tanjung Batu memang menguntungkan untuk kegiatan yang sangat menyenangkan ini. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang dengan membawa papan selancar untuk menjajal ombak di salah satu pantai Sorong.

Akomodasi di sekitar

3 Akomodasi di dekat Pantai Tanjung BatuKredit gambar: Google Maps Garry Julian

1. Jeda kota

Hostel ini sangat dekat dengan pantai dan sangat terjangkau. Jaraknya hanya 4 kilometer dari lokasi. Apalagi hostel ini juga strategis dan dekat dengan tempat umum lainnya. Dengan kamar yang nyaman, menginap di hostel ini hanya dikenakan biaya Rp 290.000 per malam.

2. Kofiyau

Jarak hostel ini dari pantai jauh lebih dekat dari hostel sebelumnya. Hanya beberapa meter dari lokasi pantai. Hotel ini juga cukup strategis bagi wisatawan dari luar daerah karena dekat dengan bandara. Harga sewanya hanya Rp 270.000 per malam.

3. Hotel kau dan aku

Terletak hanya 4 kilometer dari pantai, hostel ini memiliki fasilitas yang memadai. Hanya dengan biaya sewa Rp 250.000 per malam, Anda tidak hanya akan mendapatkan kamar yang nyaman, tetapi juga WiFi, AC, dan parkir. Selain itu, hostel ini juga menawarkan layanan 24 jam.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit gambar: Google Maps Azarya Wanggai

Fasilitas di Pantai Tanjung Batu cukup memadai. Terdapat tempat parkir untuk kendaraan pribadi anda, selain itu juga terdapat kamar mandi untuk anda mandi di pantai. Ada juga mushola untuk beribadah.

Jika tidak membawa tikar, Anda bisa memilih untuk beristirahat di meja dan kursi kayu yang tersebar luas di tepi pantai. Meja dan kursi ini berada tepat di bawah pohon sehingga Anda bisa berteduh dari terik matahari.

Di sekitar pantai juga banyak terdapat warung makan, jadi perut selalu bisa kenyang jika tidak membawa bekal. Toko-toko ini akan menawarkan berbagai makanan khusus. Agar tidak hanya mengenyangkan perut, Anda juga bisa berwisata kuliner khas daerah Papua.

Pantai Tanjung Batu memang berada di kota yang cukup padat penduduknya dan udaranya hangat, namun kawasan ini justru memperlihatkan ketenangan dan kesejukan pepohonan di sekitarnya. Menjadi tempat wisata yang murah, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik bersama keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button