Pantai Kartini Jepara - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Kartini Jepara – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Kartini termasuk pantai yang kaya akan pesona di Jepara yang memiliki wahana hit yang menarik wisatawan, Kura-Kura Ocean Park.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Jepara memang selalu identik dengan keindahan pahatannya, namun ternyata kota kecil di Jawa Tengah ini juga menyimpan keindahan alam pantai yang mempesona, yaitu Pantai Kartini. Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal. Selain keindahan pemandangan, lokasinya juga mudah diakses. Kunjungan ini merupakan salah satu kebanggaan seluruh penduduk Jepara.

Pantai yang tidak jauh dari Kantor Bupati Jepara ini berada di jalur transportasi menuju Pulau Panjang dan juga Wisata Bawah Laut Karimunjawa. Sehingga wisatawan bisa melihat perahu-perahu yang melintas di sekitar pantai ini. Sebuah tontonan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berkunjung ke sana.

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, Pantai Kartini juga dilengkapi dengan wahana edukasi dan rekreasi yang asyik dan menyenangkan bagi anak-anak. Pantai ini juga cocok sebagai tempat piknik bersama keluarga atau teman. Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai, tetapi juga objek wisata lain di sekitar serta wisata edukasi.

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Kartini Jepara

Tempat wisata pantai kartini di jeparaKredit Gambar: Google Maps Easy Dina Pangesti

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang menampilkan keindahan alam dan beberapa inovasi untuk mempercantik keindahannya, Pantai Kartini juga memiliki tempat wisata dan wahana edukasi lainnya yang semakin menarik wisatawan.

1. Mandi

Di sisi barat pantai ini terdapat kolam renang. Masyarakat setempat percaya bahwa pemandian tersebut dapat menyembuhkan segala macam penyakit yang diderita oleh orang yang mandi di dalamnya. Penyakit yang dimaksud seperti paru-paru, eksim, rematik, pityriasis versicolor dan segala macam penyakit kulit lainnya. Wisatawan yang datang berkunjung ke pantai juga dibuat penasaran dan mencobanya.

2. Kendaraan pendidikan dan hiburan

Pantai yang indah ini memiliki berbagai macam taman bermain untuk anak-anak, seperti catur raksasa, spora mini, rumah kecil, pesawat angkatan udara Indonesia dan masih banyak lagi. Wahana ini tidak hanya menghibur, tetapi juga bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak Anda.

Pemerintah setempat berjanji akan menambah kendaraan lain yang akan segera dibangun. Dengan adanya wahana tersebut semakin menarik minat pengunjung yang datang ke Pantai Kartini. Jumlah kunjungan meningkat, terutama pada saat liburan sekolah.

3. Taman Penyu Laut

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Kartini JeparaKredit gambar: Google Maps Sadad Ahmad

Bangunan berbentuk kura-kura raksasa menjadi ikon wisata pantai ini. Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama terdapat akuarium raksasa, kolam penyu dan spa ikan. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang butuh bersantai. Disini terdapat panel informasi layar sentuh sebagai sarana belajar dan toko souvenir yang disediakan oleh pengelola.

Di lantai dua terdapat wahana edukasi untuk anak-anak. Banyak hal menarik yang dihadirkan, seperti kipas tanpa baling-baling, demonstrasi sensor manusia, simulator pesawat terbang dan yang paling populer dan menjadi favorit pengunjung adalah IMAX Deep Sea 3D. Untuk memasuki penyu laut ini, pengunjung harus membayar Rp 12.500 – Rp 17.500.

4. Pulau Panjang

Kawasan wisata Pantai Kartini merupakan pintu gerbang menuju lokasi wisata terdekat lainnya. Salah satunya adalah Pulau Panjang. Pulau ini merupakan cagar alam flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah. Panorama alam yang disuguhkan pulau ini sangat indah. Ditambah dengan pasir putih yang menghiasi keindahan pulau ini.

Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menyeberang menggunakan perahu motor yang tersedia di lokasi pantai. Tarif yang dikenakan adalah Rp 50.000 hingga Rp 700.000,00.

5. Belvedere

Pantai ini menawarkan banyak tempat pengamatan bagi wisatawan untuk bersantai bersama sambil menikmati pemandangan. Tempat ini juga bisa dijadikan background foto sebelum pernikahan Di mana selfie juga wefie. Gazebo berdiri berjajar dan dihubungkan satu sama lain oleh jembatan semi permanen. Hal ini menambah keindahan pantai ini, terutama saat senja.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Pantai Kartini

Alamat Pantai KartiniKredit gambar: Google Maps Sadad Ahmad

Wisata pantai ini terletak di desa Bulu yang merupakan bagian dari wilayah Jepara di Jawa Tengah. Lokasi pantai ini berjarak 2,5 kilometer dari kantor Bupati. Akses jalan menuju destinasi wisata ini sangat baik dan nyaman, sehingga kendaraan apapun dapat melintasinya tanpa menimbulkan hambatan yang berarti.

Bagi Anda yang akan berkunjung ke sini menggunakan angkutan umum, dari Semarang tepatnya ke terminal Terboyo, Anda bisa naik bus menuju terminal Jepara. Dari terminal Anda bisa berjalan kaki menuju lokasi pantai. Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit atau bisa juga dengan menggunakan becak.

Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, rute yang harus Anda tempuh adalah Semarang ke Demak dan dilanjutkan ke Jepara. Di jalur ini, banyak rambu-rambu jalan yang akan memandu Anda menuju kota Jepara. Begitu sampai di Jepara ambil jalan barat sejauh 3 kilometer dan anda akan sampai di pintu gerbang lokasi Wisata Pantai Kartini.

Untuk bisa berkunjung ke pantai ini kamu hanya dikenakan biaya Rp 5,000.00/orang dalam satu waktu hari dalam seminggu dan Rp 7.500/orang jika akhir pekan. Tarif parkir adalah Rp 2.000/motor, Rp 5.000/mobil dan Rp 10.000/bus.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kartini

Aktivitas menarik di Pantai KartiniKredit gambar: Google Maps Kartika Risniawati

1. Perburuan Foto

Wisata pantai ini memiliki banyak tempat menarik yang bisa Anda jelajahi. Spot-spot ini bisa kamu jadikan sebagai background foto kamu. Momen matahari terbenam saat senja, Anda juga perlu mengabadikannya. Karena pemandangan langit senja yang kemerahan dan pantulan air lautnya sungguh menakjubkan.

2. Naik Kereta Kelinci

Pengelola Pantai Kartini Jepara juga menawarkan kereta kuda gratis bagi wisatawan yang ingin berkeliling pantai ini. Pantai yang cukup sejuk dan asri ini sangat teduh dan nyaman, cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga.

3. Bersantai di dermaga

Lokasi pantai yang merupakan jalan tembus dari dan menuju Karimunjawa menjadikan wisata pantai ini sekaligus dermaga. Anda bisa menghabiskan waktu menikmati ketenangan dan keindahan alam dengan duduk dan bersantai di dermaga yang ada.

4. Naik sepeda atau skuter

Di pantai ada persewaan skuter dan sepeda dengan berbagai ukuran. Sehingga Anda dan keluarga dapat menikmati liburan bersepeda santai di pantai atau sekedar bermain skutik. Biaya sewa sepeda dan skutik cukup murah, berkisar antara 5.000 hingga 10.000 rupiah.

5. Beli Souvenir dan Souvenir

Saat berkunjung ke Pantai Kartini, Anda tidak akan kesulitan mencari oleh-oleh untuk dijadikan kenang-kenangan dan kenang-kenangan saat berlibur. Pihak pengelola telah menyiapkan beberapa kios di kawasan wisata ini untuk menjual berbagai souvenir dan kerajinan tangan yang unik serta jajanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Penginapan murah dekat pantai Kartini

Penginapan murah dekat pantai KartiniKredit gambar: Google Maps Astika Kiki Nabilla

Ada beberapa hostel yang terletak di dekat lokasi Pantai Kartini Jepara. Berikut adalah beberapa akomodasi terdekat dengan pantai yang bisa Anda temukan: reservasi online melalui layanan tiket online dan reservasi hotel.

1. Samudera Hotel & Resto

Terletak di kawasan Jepara, hotel ini hanya berjarak 70 meter dari pantai. Hotel bintang 2 ini paling murah dibandingkan hotel sejenis di daerah sekitarnya. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas antara lain: wifi gratis, Parkir luas, bar dan restoran, sarapan gratis, dan pembatalan gratis untuk pemesanan online

Hotel ini mematok harga mulai dari Rp 150.300.00/kamar. Kondisi kamar bersih dan dilengkapi AC, TV dan air panas. Hotel juga menyediakan sabun, sampo, sikat dan pasta gigi.

Hanya saja teh, gula dan kopi tidak disediakan sehingga pengunjung bisa membuat minuman sendiri. Dengan view pantai dan jarak yang cukup dekat dengan fasilitas umum, hotel ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Kartini.

2. Homestay Premium 45

Beralamat di Jalan Letjend Suprapto, Kabupaten Jepara, hotel ini hanya berjarak 1,4 kilometer dari tempat wisata. Salah satu hotel yang direkomendasikan karena memiliki banyak fasilitas dan menawarkan harga yang murah, mulai dari Rp 171.000.00/kamar. Fasilitas yang disediakan antara lain: wifi gratis, binatu gratis, parkir luas, sarapan gratis, dan AC.

Selain menawarkan beberapa fasilitas di atas, hotel ini juga mengedepankan kebersihan dan ketertiban. Itu membuat pengunjung merasa sangat nyaman. Di kamar tidur juga ada TV dan untuk kamar mandi juga ada air panasnya. Lokasi hotel yang dekat dengan kafe juga menjadi nilai plus bagi hotel ini. Homestay dengan pelayanan ramah terbaik bisa Anda temukan di Jepara.

3. Hotel Syailendra

Hotel yang berjarak 1,8 kilometer dari Pantai Kartini ini terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Jepara. Hotel dengan perpaduan konsep klasik dan modern minimalis ini sangat asri dan memberikan kesan hangat. Dominasi warna ivory pada bangunan, serta hiasan tanaman rambat yang dibiarkan menggantung di beberapa sisi hotel menambah asri dan segarnya suasana hotel.

Hanya dengan 200.000 kamu sudah bisa istirahat dengan nyaman di sini. Fasilitas yang disediakan antara lain: wifi gratis, Parkir luas, kafe di puncak gedung, restoran, sarapan gratis, dan pusat bisnis.

Pelayanan hotel sangat ramah dan baik, kebersihan dan ketertiban kamar juga terjaga. Kedekatan pusat kota memudahkan pergerakan pengunjung atau akses mereka terhadap fasilitas umum. Cuma koneksi internetnya kadang agak teredam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kartini Jepara

Fasilitas Pantai Kartini JeparaKredit gambar: Google Maps Andy Susanto

Kawasan pantai yang telah dikelola oleh pemerintah setempat, selain memiliki berbagai wahana yang lebih menarik bagi pengunjung, juga menawarkan fasilitas yang lengkap. Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang ke sana. Fasilitas yang disediakan oleh Kartini Beach Manager antara lain:

  • Toilet
  • Bilas kamar mandi
  • ruang sholat
  • warung makan
  • stan suvenir
  • Tempat istirahat gazebo
  • Parkir mobil luas

Demikian ulasan tentang Wisata Pantai Kartini di Jepara. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Jawa Tengah, khususnya Kota Jepara. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang merencanakan liburan. Ingatlah untuk tetap sehat dan aman saat bepergian atau di lokasi wisata.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button