10 Tempat Wisata Di Purwakarta - WisataHits
wisatahits

10 Tempat Wisata Di Purwakarta

Indonesia merupakan negara yang alamnya menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sejak lama, Indonesia dikenal dengan banyak tempat eksotis dan destinasi wisata yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Salah satu kota yang belum banyak dilirik sebagai tempat wisata adalah Purwakarta. Padahal, keindahan dan daya tarik alam Purwakarta tidak kalah dengan kota-kota lain. Penasaran? Simak saja berbagai tempat wisata menarik di Purwakarta berikut ini. Kunjungi tempat wisata Purwakarta berikut ini selama liburan anda :

10 Daftar Tempat Wisata Di Purwakarta

gunung bergelombang

Tempat Wisata Gunung Bongkok Purwakartagunung bergelombang

Gunung ini merupakan gunung berbatu dengan pemandangan disekitarnya yang begitu memikat. Untuk mencapainya, Anda memerlukan jalur yang cukup sulit, tetapi suasana alam yang Anda temukan di sana begitu Anda sampai di sana benar-benar tiada tara.

Pertama, naik angkutan kota menuju pasar Plered, kemudian dilanjutkan menggunakan angkutan desa menuju Cikandang. Dari sana, lanjutkan dengan berjalan kaki selama 15 hingga 30 menit menuju lokasi. Memang perjalanannya tidak begitu mudah, tapi coba saja jelajahi objek wisata di Purwakarta ini dan Anda tidak akan menyesal.

Gunung ini tidak terlalu tinggi, dengan ketinggian hanya 975 meter di atas permukaan laut. Namun jalur pendakian yang akan Anda tempuh cukup sulit dan curam. Tapi jangan khawatir, ada banyak tali pengaman untuk membantu Anda di sepanjang jalan.

Dari puncak Gunung Bossu, Anda bisa mengamati beberapa tempat seperti Waduk Jatiluhur dan Puncak Batu Datar dari ketinggian. Anda dapat mulai mendaki Gunung Bungkuk pada Sabtu sore (berkemah semalaman) dan kemudian melanjutkan pendakian pada Minggu pagi.

Baca Juga: Wisata Kecil Purwokerto, Foto, Harga Tiket dan Lokasi

Gunung Parang

Gunung ParangGunung Parang

Merupakan tempat wisata di Purwakarta yang semakin populer karena terkenal dengan aktivitas panjat tebingnya yang menantang. Menurut para pecinta panjat tebing, tempat ini merupakan spot panjat tebing terbesar kedua di Asia. Ketinggiannya mencapai 963 meter di atas permukaan laut dan berada di antara dua bendungan, yaitu Cirata dan Jatiluhur.

Selain aktivitas panjat tebing, Anda juga bisa mencoba aktivitas menantang lainnya seperti via ferrata (mendaki gunung dengan tangga besi) dan zipline (menyeberang dari satu tempat ke tempat lain dengan pemandangan yang ekstrim.

Memang, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk menjalani dua pengalaman ini, yaitu 100 ribu Rupiah untuk via ferrata dan 575 ribu Rupiah untuk zip line. Namun anda tidak perlu ragu, karena pengalaman yang akan anda dapatkan sangat sebanding.

gunung sapi

gunung sapigunung sapi

Nama Gunung Lembu berasal dari bentuknya yang menyerupai lembu. Jika Anda melihat papan informasi di pos awal, ini terlihat lebih jelas karena garis besar peta yang dieja juga terlihat seperti lembu.

Memang, dari kejauhan Gunung Lembu tampak seperti medan yang mudah karena ketinggiannya 792 meter di atas permukaan laut. Namun jangan salah, tantangan di sini datang dari tanjakan yang mencapai 50 derajat. Untuk itu, baik pendaki amatir maupun profesional akan merasa lelah saat mendaki gunung ini.

Berbeda dari gunung lain yang biasanya memiliki pemandangan indah di puncak, Gunung Lembu memiliki pemandangan paling indah 50 meter sebelum mencapai puncak. Tanda tempat ini bisa Anda lihat di sini, yaitu batu berbentuk lembu. Nikmati pemandangan kota Purwakarta dari sini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Singapura

Pemandian air panas Ciracas

Pemandian air panas CiracasPemandian air panas Ciracas

Selama ini mungkin Anda hanya mengenal Ciater dan Cipanas sebagai sumber air panas. Ternyata, Purwakarta juga punya tempat serupa, yaitu Ciracas. Pemandian air panas ini terletak di desa Ciracas, Kiara Pedes, Ciracas. Jika Anda pergi ke tempat ini dari Purwakarta, akan memakan waktu sekitar 45 menit. Namun jangan takut bosan selama perjalanan karena Anda dapat mengamati hamparan kebun teh yang indah.

Di tempat ini terdapat 12 mata air panas. Beberapa di antaranya terletak di tengah persawahan milik penduduk setempat. Sambil menikmati kenyamanan air panas, Anda juga bisa menikmati udara segar karena lingkungan sekitar yang selalu asri. Penduduk setempat percaya bahwa air dari mata air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti jerawat, rematik dan pegal linu.

Taman Situ Buleud Sri Baduga

Taman Situ Buleud Sri BadugaTaman Situ Buleud Sri Baduga

Tempat wisata di Purwakarta ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling menarik dan wajib dikunjungi jika anda sedang berlibur di Purwakarta. Kunjungan Purwakarta 2018 tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat ini. Selain itu, akses ke lokasi juga cukup mudah karena berada di pusat kota.

Daya tarik utama di sini adalah air mancur yang tampak bersinar dengan warna karena diterangi. Selain itu, air mancur ini juga bisa bergerak seperti menari. Meski tidak sebesar acara serupa di luar negeri, tentu bisa membanggakan, karena Indonesia juga bisa menghadirkan hal yang sama.

Baca juga: Lokawisata Baturaden Banyumas

Waduk Jatiluhur

Waduk JatiluhurWaduk Jatiluhur

Dengan nilai sejarah yang besar karena merupakan waduk pertama di Indonesia, tentu sangat sayang jika Anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Waduk Jatiluhur. Waduk ini dibuat pada tahun 1957 dan mencakup area seluas 8.300 hektar. Waduk ini digunakan untuk irigasi persawahan, budidaya ikan, sumber air minum, dan tentunya objek wisata.

Letak waduk ini berada di antara lembah dan perbukitan, sehingga udaranya sejuk. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah memancing, berenang, dan tentunya berjalan kaki. Berbagai olahraga air seperti selancar, ski air, dan perahu layar dapat dilakukan.

Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa PurwakartaResort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Jika Anda ingin bersantai, tempat ini sangat cocok. Lokasinya berada di pegunungan, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri. Selain itu, tersedia juga berbagai fasilitas menarik seperti sepeda air, lapangan futsal, bahkan sepeda gunung dan skypool.

Fasilitas yang wajib kamu coba di sini adalah skypool. Skypool adalah kolam terbuka di atas bukit. Berenang di dalamnya serasa berenang di angkasa. Jangan bingung mau menginap di mana, karena ada banyak vila dan hotel yang bisa Anda pilih. Resor ini terletak di Desa Taringgul Tonggol, Wanayasa, Purwakarta.

Waduk Cirata

Waduk CirataWaduk Cirata

Waduk Cirata kini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Purwakarta karena merupakan waduk terbesar di Asia Tenggara. Tanpa mitigasi, waduk ini membentang di tiga kabupaten, yakni Cianjur, Bandung, dan Purwakarta.

Sama halnya dengan Waduk Cirata, juga berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik untuk wilayah Jawa Barat. Sambil menikmati perjalanan ke sini, Anda juga bisa mencicipi hidangan ikan bakar sekaligus. Ikan di sini rasanya sangat enak karena menggunakan bahan-bahan segar dari keramba milik masyarakat setempat.

Pusat keramik Plered

Pusat keramik PleredPusat keramik Plered

Purwakarta merupakan salah satu kota penghasil keramik luar negeri yang terkenal. Daerah penghasil keramik di Purwakarta adalah Plered, tepatnya di desa Anjun.

Wisatawan dari berbagai daerah sering mengunjungi tempat ini. Tak heran, karena hasil kerajinan di sini berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat memilih kerajinan keramik favorit Anda dari sini dan menggunakannya untuk menambah keindahan rumah Anda.

air terjun cipurut

air terjun cipurutair terjun cipurut

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sebagian besar masih alami. Tentu sangat menarik, apalagi bagi para pecinta alam. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, berfoto bahkan skating.

Baca Juga : Daftar Lengkap 102 Tempat Wisata Di Bali

Itulah beberapa tempat wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi pada liburan anda selanjutnya. Jangan lupa abadikan perjalanan Anda di sini dan nikmati sepenuhnya keindahan alam Indonesia.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button