Wisata Curug Nangka Bogor Indah Air Terjun dengan Aktivitas Seru - WisataHits
wisatahits

Wisata Curug Nangka Bogor Indah Air Terjun dengan Aktivitas Seru

Harga tiket: Rp7.500, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sukajadi, Kecamatan. Tamansari, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Bogor merupakan destinasi wisata dengan pesona tersendiri. Salah satunya adalah Curug Nangka yang merupakan bagian dari Taman Nasional Halimun Salak. Air terjun ini memiliki pesona tersendiri yang membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan, jadi tidak terlalu sulit.

Nama air terjun ini konon diambil dari banyaknya pohon nangka yang mengelilinginya pada zaman dahulu. Ini adalah ciri khas yang membedakannya dari air terjun lainnya. Kini pohon nangka tidak lagi ditemukan di sekitar air terjun yang indah ini. Meski begitu, orang masih menyebut nangka karena namanya yang menjadi ciri khasnya hingga sekarang.

Destinasi wisata alam ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Hal ini dikarenakan ketinggiannya yang mencapai 750 meter di atas permukaan laut, sehingga pengunjung dapat memanfaatkan kesejukan ini untuk menjernihkan pikiran dan bersantai. Ada juga aliran sungai yang jernih yang menjadi jalur bagi pengunjung Curug Nangka agar perjalanan ke sini seru dan menyenangkan.

Daya tarik Curug Nangka

Atraksi Air Terjun NangkaKredit Gambar: Instagram.com @bellacalistha

1. Pemandangan alam Curug yang indah

Air terjun ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Itu penting. menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pengunjung untuk datang ke tempat wisata alam ini. Lokasinya yang masih berada di lereng Gunung Salak membuat suasana segar khas pegunungan. Aliran sungai dan banyaknya pepohonan menambah lengkap panorama yang bisa dinikmati dari air terjun alami ini.

2. Kolam di bawah air terjun yang jernih

Selain keindahan pemandangannya, kolam air terjun ini juga sangat menarik bagi pengunjung. Airnya sangat jernih dan menyegarkan, sehingga sangat menyenangkan jika digunakan untuk berenang maupun untuk berendam. Pengunjung juga bisa bermain air asalkan tidak terlalu dekat dengan air terjun, bagi yang tidak ingin berenang atau mandi bisa menikmati keindahan air dari tepi air terjun.

3. Aliran Sungai yang Jelas

Curug Nangka juga memiliki daya tarik berupa aliran sungai yang jernih. Air sungai menjadi pemandu bagi pengunjung menuju lokasi air terjun. Aliran air sungai yang jernih pasti akan memikat pengunjung untuk berendam atau berenang. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang sungai yang menawan untuk diunggah ke media sosial secara langsung.

Atraksi Air Terjun NangkaKredit gambar: Google Maps (Air Terjun Curug Nangka)

4. Suasana sejuk

Karena air terjun yang indah ini terletak 750 meter di atas permukaan laut, suasananya sangat sejuk dan tidak begitu panas. Hal ini tentunya sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai, menjernihkan pikiran dan bersantai. Suasana sejuk tempat wisata ini juga didukung dengan banyaknya vegetasi yang mengelilinginya. Hal ini membuat udara di area air terjun alami ini menjadi lebih sejuk.

5. Pepohonan yang rimbun

Salah satu destinasi wisata alam Air Terjun Bogor ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Tentu saja, jumlah pohon ini membuatnya cocok untuk tempat berteduh. Pengunjung dapat bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati pemandangan air terjun yang menakjubkan. Keberadaan vegetasi di sekitarnya juga membuat udara segar membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

6. Area perkemahan khusus

Curug Nangka juga menawarkan area berkemah khusus yang menarik pengunjung. Kawasan ini tentunya sangat menyenangkan bagi pengunjung yang ingin berkemah bersama keluarga atau teman. Untuk fasilitas penunjang, pengunjung tidak perlu khawatir. Pengelola sudah menyediakan listrik dan toilet agar pengunjung bisa nyaman berkemah di sana.

Alamat dan Arah Lokasi Curug Nangka

Alamat Air Terjun NangkaKredit gambar: Google Maps (Nikita Kamka)

Curug Nangka terletak di lereng Gunung Salak, lokasinya masih dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Dengan demikian, jalur menuju air terjun ini sangat mudah dijangkau. Pengunjung bisa menuju ke sana dari kota Bogor di Jawa Barat. Dua jalur menyediakan akses ke air terjun alami ini.

Pertama, menggunakan Tol Bogor Outer Ring Road. Kedua, gunakan jalan Ciapus untuk mencapai lokasi air terjun. Jika ingin mengambil jalan lingkar luar Bogor, pengunjung bisa melalui gerbang luar di area Lotte Mart.

Kemudian belok kiri menuju Yasmin. Ikuti jalan ini hingga sampai di kawasan Cimaburan. Dari kawasan Cimaburan, ikuti jalan lagi hingga gerbang air terjun. Dengan demikian, menggunakan jalur ini sangat mudah karena Anda hanya perlu mengikuti jalan umum yang sudah direncanakan. Kemudian, jika ingin melalui jalan Ciapus, pengunjung bisa menuju tol Jagorawi.

Setelah sampai di pintu keluar, Anda bisa belok kanan untuk menuju pusat perbelanjaan BTM sekaligus Kebun Raya Bogor. Dari kawasan ini, pengunjung bisa menuju kawasan Cipus atau Ciomas. Ikuti jalan ini ke Jalan Pasir Kuda dan belok kanan ke Jalan Raya Ciapus. Ikuti jalan ini lagi sampai pintu masuk air terjun.

Hal yang perlu diingat untuk mencapai lokasi air terjun Nangka ini adalah kondisi lalu lintasnya. Pastikan Anda berkunjung ke sini pada hari kerja agar tidak terjebak di jalan. Dengan demikian, bisa lebih cepat saat berangkat atau pulang dari air terjun ini. Juga, akan lebih baik untuk menghindari musim hujan ketika datang ke sini. Hal ini penting karena jalan menuju tempat ini licin dan aliran air terjunnya berbahaya.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Nangka

Harga Tiket Air Terjun NangkaKredit gambar: Google Maps (Hachi Februaryndu)

Biaya masuk ke Curug Nangka cukup terjangkau. Destinasi wisata alam ini memiliki dua pintu gerbang yang sama-sama mengarah ke lokasi air terjun. Untuk gerbang pertama, pengunjung hanya perlu membayar Rp 7.500. Sedangkan untuk gerbang kedua, pengunjung bisa membayar Rp 15.000. Kedua harga ini cukup terjangkau sehingga pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Harga parkir sendiri juga cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil di hari biasa. Sedangkan pada akhir pekan, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 7.500 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil. Untuk layanan campingnya sendiri, harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per malam.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Nangka

Hal yang Dapat Dilakukan di Curug NangkaKredit gambar: Instagram.com @barkahbar

1. Jalan-jalan

Curug Nangka merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok jika digunakan untuk jalan-jalan. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di ketinggian sehingga suasananya sejuk dan udaranya sejuk.

Jalan menuju tempat wisata alam ini terjal dan berliku. Namun, itu sebenarnya menciptakan sensasi dan tantangannya sendiri. Sambil jalan kaki juga bisa menikmati pemandangan yang indah.

2. Bersantai sambil menikmati keindahan air terjun

Selain jalan kaki, bersantai juga merupakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun alami ini. Pengunjung bisa menikmati keindahannya sambil berteduh di bawah rimbunnya pepohonan. Kehadiran vegetasi juga membuat udara menjadi segar. Bersantai di air terjun ini pasti menyenangkan karena bisa menyegarkan pikiran dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

3. Berenang dan berenang di kolam renang

Selain berjalan-jalan dan bersantai, pengunjung bisa mandi dan berenang di air terjun yang megah ini. Tentu tidak lengkap datang jauh-jauh ke sini, tapi tidak menikmati kesegaran airnya.

Karena itu, banyak pengunjung yang berenang sekaligus mandi di kolam tersebut. Namun, hindari aktivitas ini saat musim hujan karena debit air terjun yang sangat tinggi dapat membahayakan keselamatan.

4. Perkemahan

Wisata Air Terjun Nangka ini juga menawarkan area camping khusus yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Jadi, tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari tempat camping yang nyaman. Selain itu, fasilitas seperti kamar mandi, lampu dan listrik juga disediakan. Dengan demikian, pengunjung dapat membersihkan diri dan memanfaatkan pencahayaan yang memadai. Peralatan elektronik juga bisa digunakan di sini.

Aktivitas di Air Terjun NangkaKredit gambar: Google Maps (Lina Marliana)

5. Ambil gambar

Pemandangan air terjun alami ini sangat indah, sehingga berfoto menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung dapat mengambil tempat-tempat yang dianggap bagus untuk menghasilkan foto dengan latar belakang yang unik dan menarik. Hasil foto yang unik dan menarik tentunya bisa langsung dibagikan ke akun media sosial pribadi.

6. Nikmati masakan terjangkau

Di sekitar kawasan air terjun ini terdapat berbagai penjual makanan yang bervariasi. Harga yang ditawarkan untuk setiap makannya juga terjangkau dan tidak terlalu mahal. Jadi, pengunjung bisa menikmatinya setelah menikmati keindahan air terjun. Dengan begitu, perut akan kenyang dan perjalanan pulang akan lebih nyaman.

7. Perburuan Suvenir

Ada berbagai penjual suvenir di sekitar destinasi air terjun di Bogor ini. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Harga souvenir sangat terjangkau. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir isi dompet akan terkuras. Jadi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh setelah menikmati pesona air terjun ini.

Fasilitas wisata yang tersedia di Curug Nangka Bogor

Fasilitas air terjun nangkaKredit gambar: Google Maps (Akbar Nugroho)

Curug Nangka juga menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Tersedia tempat parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang memarkir kendaraannya. Selain itu, ada juga area khusus yang bisa digunakan untuk camping. Tentu sangat menyenangkan bagi pengunjung yang datang bersama teman dan keluarga. Tak perlu lagi bingung mencari tempat camping.

Selain itu, ada berbagai fasilitas lain yang disediakan oleh air terjun alami ini. Terdapat fasilitas listrik dan penerangan yang akan memudahkan pengunjung jika membutuhkan penerangan yang cukup dan terbiasa menggunakan perangkat elektronik.

Toilet dan kamar mandi juga disediakan, yang sangat berguna jika Anda ingin membersihkan diri. Selain itu, ada juga bonus sarapan pagi jika Anda berkemah di area yang telah disediakan di lokasi ini.

Untuk urusan kuliner, pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah ada warung yang menawarkan makanan dengan harga terjangkau. Makanan yang ditawarkan bervariasi sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan selera masing-masing. Ada juga penjual oleh-oleh yang bisa digunakan pengunjung jika ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai atraksi, alamat, tiket masuk, aktivitas, dan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Curug Nangka. Destinasi wisata alam ini memang menarik baik dari namanya maupun karena keindahan alamnya. Jadi, jika Anda kebetulan berkunjung ke Bogor, khususnya Taman Nasional Halimun Salah, cobalah untuk mengunjungi air terjun alami ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button