Pantai Laguna Barru, pantai yang indah dengan panorama yang sangat indah saat matahari terbenam - WisataHits
wisatahits

Pantai Laguna Barru, pantai yang indah dengan panorama yang sangat indah saat matahari terbenam

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pao-Pao, Distrik. Tanete Rilau, Kab. Baru, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Laguna adalah destinasi wisata bahari yang populer di Barru, Sulawesi Selatan. Dengan hamparan pasir putih yang landai dan banyak pepohonan yang membuat udaranya rindang dan sejuk, pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Lokasinya juga strategis, sehingga memudahkan akses bagi pengunjung.

Pantai ini memiliki icon khas berupa tulisan Pantai Lagoon berwarna pink dan menjadi spot foto favorit. Selain itu, di sepanjang pantai juga banyak terdapat spot foto lainnya. Beberapa spot memang buatan, namun sebagian besar masih alami dengan pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbenam. Selain itu, lautnya juga bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Nama Laguna sebenarnya diambil dari nama kepala Dusun Pucu’e dimana pantai tersebut berada yang berperan penting dalam perkembangan destinasi pantai ini. Pembangunan pesisir didasarkan pada prakarsa dan anggaran pemerintah desa setempat. Kini, kunjungan pantai ini menjadi tempat favorit untuk kumpul keluarga dan sangat ramai menjelang musim liburan.

Atraksi Pantai Laguna

Aktivitas Pantai LagunaKredit gambar: Google Maps Alwi Fatta

1. Panorama

Jika Anda berkunjung ke Pantai Laguna, Anda akan disuguhi panorama alam yang sangat indah. Dalam perjalanan dari tempat penyimpanan kendaraan menuju lokasi pantai, Anda akan menaiki sebuah kolam sepanjang 30 meter. Dari kolam ini Anda bisa melihat keindahan pantai dan ombak yang tidak terlalu besar.

Di sekitar pantai, banyak pohon kelapa menciptakan suasana rindang dan menambah keindahan panorama di sepanjang garis pantai. Sedangkan laut birunya yang bersih berpadu dengan pasir putihnya akan memanjakan mata Anda. Angin di area pantai juga cukup sejuk, sehingga pengunjung tidak ingin langsung pulang.

2. Matahari terbenam

Pantai yang indah ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Matahari terbenam memang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang datang pada sore hari hanya untuk menunggu momen sunset tersebut. Biasanya pada sore hari pengunjung juga memadati pantai karena tidak ingin melewatkan sunset.

Dari pantai ini matahari dapat terlihat dengan sangat jelas tanpa ada halangan apapun. Matahari terbenam di antara lautan lepas. Dipadu dengan langit merah kekuning-kuningan saat cuaca cerah. Dengan pemandangan pantai yang khas, lokasi pantai ini memang menjadi tempat yang strategis untuk melihat keindahan matahari saat terbenam.

3. Tempat foto

Pantai Laguna juga menjadi destinasi favorit para pecinta fotografi. Ada begitu banyak tempat indah di sepanjang garis pantai. Spot foto menjadi daya tarik tersendiri, baik yang alami maupun buatan. Anak-anak muda menggunakan tempat-tempat indah dan menarik ini untuk mengunggah ke media sosial.

Memang pesona keindahan yang tersaji di pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Tak hanya anak muda yang mencari foto, pengunjung lain pun tak henti-hentinya mengabadikan momen destinasi wisata ini. Selain itu, pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk liburan keluarga, sehingga momen pertemuan harus diabadikan.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Laguna

Alamat Pantai LagunaKredit gambar: Google Maps MataGuru

Pantai Laguna terletak di desa Pao-pao, hanya sekitar 12 kilometer dari pusat kota Barru di Sulawesi Selatan. Sedangkan jika Anda berada di Makassar, jarak tempuhnya sekitar 88 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan. Pantai ini tidak terlalu jauh dari perbatasan Pangkep – Barru. Akses jalan mudah dan tidak sulit ditemukan. Bisa juga menggunakan mobil atau motor.

Jika Anda datang dari luar kota Barru, Anda bisa mengambil simpang Pekkae dengan arah Bulu Sopeng sebagai referensi. Sedangkan jika dari Kota Barru bisa mengambil arah kanan menuju Polejiwa. Kemudian, dari perempatan Polejiwa dan Mattoange, Anda bisa belok kiri. Hanya sekitar 3 kilometer Anda akan sampai di area parkir pantai ini.

Anda dapat menemukan tempat ini dengan mudah karena pengelola setempat telah memasang spanduk selamat datang saat memasuki area pantai. Sesampainya di tempat parkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 meter dan menyeberangi kolam sebelum sampai di pantai tujuan.

Pantai Laguna merupakan destinasi wisata baru yang sangat murah. Buka setiap hari selama 24 jam, tiket masuk kawasan ini hanya seharga Rp 10.000 per orang. Tiket ini tidak termasuk parkir kendaraan. Harga parkir kendaraan sendiri tergantung dari jenis kendaraan pengunjung.

Hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Laguna

Kegiatan menyenangkan di pantai lagunaKredit gambar: Google Maps Azisa nurul Azis

Pantai Laguna memiliki fasilitas dan fasilitas yang memadai bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas menarik. Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda pasti tidak akan bosan. Berikut beberapa aktivitas keren yang bisa kamu lakukan dan membuat liburanmu semakin berkesan.

1. Permainan air

Garis pantai yang panjang, dengan pasir putih yang halus dan ombak yang tenang merupakan tempat yang sangat nyaman untuk bermain air. Anda dapat berjalan di sepanjang pantai dan meninggalkan kaki Anda di air laut yang sejuk. Karena ombaknya yang bersahabat dan cukup aman, pengunjung yang datang juga sering bermain air dengan bebas di sekitar pantai.

Selain bermain air, pengunjung, dewasa dan anak-anak, juga bisa berenang di sekitar pantai. Perairan di sekitar pantai cukup dangkal sehingga aman untuk berenang. Air lautnya juga bersih dan segar, sehingga berenang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan di pantai ini.

2. Menikmati matahari terbenam

Pantai ini memang menjadi tempat yang sangat bagus untuk menikmati sunset. Pemandangan matahari terbenam yang terlihat jelas membuat banyak pengunjung menantikan momen ini. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung adalah menikmati indahnya matahari terbenam. Apalagi jika Anda datang bersama kerabat.

3. Ambil gambar

Memiliki banyak spot foto yang indah, baik yang alami maupun buatan, berfoto merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh pengunjung. Anda juga bisa melakukan aktivitas ini di sudut-sudut pantai. Dihadapkan dengan keindahan pantai dengan panorama yang mempesona, tentu sayang untuk melewatkan momen indah ini.

4. Sewa banana boat dan boat

Aktivitas Seru di Pantai LagunaKredit gambar: Google Maps Hamka Usman

Fasilitas yang sudah tersedia di kawasan pantai ini antara lain banana boat. Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, Anda bisa mencoba aktivitas yang sangat seru ini. Dengan kapasitas 5 orang, perjalanan ini benar-benar layak untuk dilalui. Melawan arus laut dengan ditarik perahu motor tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Selain banana boat, Anda juga memiliki pilihan untuk berwisata perairan pesisir dengan menyewa perahu. Dengan berkeliling perahu, Anda berkesempatan melihat pulau Angin Putih. Dengan menggunakan speedboat milik warga sekitar, pengunjung bisa mencapai Pulau Angin Putih ini selama kurang lebih 10 menit.

5. Perkemahan

Kegiatan lain yang tentunya sangat seru adalah camping. Pantai Laguna memiliki area pasir yang landai, sehingga untuk mendirikan tenda sangatlah mudah. Medan yang memungkinkan sebagai bumi perkemahan memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam pantai di malam hari.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Hotel Youtefa BarruKredit gambar: Google Maps Isidore A

1. Hotel Savira

Hotel ini hanya berjarak 8 kilometer dari Pantai Laguna, hotel ini bisa menjadi rekomendasi Anda untuk bermalam. Kamar luas, nyaman dan bersih dengan AC dan wifi gratis. Tersedia juga tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Pelayanan hotel ini juga cukup baik.

2. Hotel Youtefa Baru

Hotel ini menawarkan kamar yang nyaman. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga cukup memadai. Ada parkir, sarapan, dan Wi-Fi gratis untuk Anda. Setiap kamar juga dilengkapi dengan AC dan juga tersedia kamar mandi yang bersih. Bagi Anda yang datang sekeluarga, hotel ini juga ramah anak.

3. Hosting Resky

Hostel ini terletak di Kabupaten Pangkep, kurang lebih 42 kilometer atau 48 menit perjalanan. Meski agak jauh dari pantai, hostel ini cukup nyaman. Anda bisa beristirahat di hostel ini sebelum melanjutkan liburan ke pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Laguna Barru

Fasilitas Pantai Laguna BarruKredit gambar: Google Maps Indah Muthmainnah

Wisata pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap bagi pengunjung. Penataan berupa tempat parkir kendaraan sudah diatur. Banyak spot foto buatan yang tersedia, salah satunya adalah ayunan dengan pemandangan laut yang luas.

Plus, ada banyak tempat pengamatan bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Sayangnya gazebo ini disewakan dengan harga Rp 40.000. Bagi pengunjung, harga sewanya cukup mahal, namun tidak jarang mereka yang menggunakan fasilitas ini untuk bersantai.

Fasilitas lain seperti banana boat dan persewaan perahu juga tersedia. Dengan fasilitas ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Penyewaan perahu juga memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi destinasi lain, yaitu Pulau Angin Putih.

Pantai Laguna merupakan salah satu tempat wisata bahari Barru yang cocok untuk liburan keluarga. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Ditambah dengan pemandangan yang indah dan suasana yang asri, pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button