Pantai Penysok, destinasi bahari menawan di timur Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Penysok, destinasi bahari menawan di timur Lombok

Harga tiket: Rp10.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: lendang sekaroh, kecamatan. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Pesona keindahan alam pulau Lombok memang sangat hadir. Salah satunya adalah Pantai Penysok yang masih terlihat alami dikelilingi perbukitan hijau. Wisata ini masih belum resmi dijalankan oleh pemerintah. Hal inilah yang membuat pantai ini masih minim fasilitas.

Penysok merupakan salah satu surga tersembunyi di Lombok Timur yang masih belum banyak dikunjungi orang. Di dalamnya terdapat air laut berwarna biru kehijauan yang sangat jernih dikelilingi savana yang hijau. Selain itu, ada juga bebatuan emas. Tebing-tebing di sekitar sudut pantai juga menambah estetika wisata ini.

Meski terbilang masih baru, sebenarnya Pantai Penyisok cukup indah jika dikunjungi. Anda bisa merasakan sensasi berbeda saat berlibur di sini. Cuaca yang sejuk dan lokasi yang jauh dari keramaian sangat cocok untuk bersantai.

Objek wisata pantai penyisok

Objek wisata pantai penyisokKredit gambar: Google Maps Yuanita Anggraeni

Menjadi salah satu surga laut yang menarik untuk dikunjungi di Lombok Timur. Meski belum banyak dijamah orang, pantai ini menawarkan beberapa atraksi tersendiri. Anda yang ingin mencoba berlibur ke sini pasti tidak akan menyesal setelah melihat keindahannya.

1. Memiliki Peninggalan Kuno

Di sekitar kawasan wisata ini banyak terdapat bangunan tua peninggalan kerajaan. Salah satunya masjid batu apung dan sumur kuno Linkoq Datu. Itu terletak di atas ngarai laut dan bangunan itu diketahui telah terbentuk selama beberapa dekade dalam tur ini.

Penduduk setempat masih belum mengetahui secara pasti sejarah peninggalan ini. Namun, beberapa bangunan telah mengalami modifikasi karena kondisi alam. Namun warga sekitar juga menjaga peninggalan ini untuk melestarikannya. Pengunjung yang datang ke cagar sejarah ini juga diwajibkan untuk tidak merusak bangunan.

2. Dikelilingi perbukitan hijau

Wisata Pantai Penyisok terletak berdampingan dengan bukit yang hijau. Selain itu juga dikelilingi oleh Samudera Hindia. Hal inilah yang membuat suasana pantai menjadi indah dan sejuk. Sabana ini juga jarang ditemui di pesisir pantai daerah lain.

Di area sekitar pantai juga banyak terdapat pepohonan indah yang berjejer. Pemandangan ini terkesan begitu alami karena belum banyak dijamah orang. Di setiap sudut wisata ini juga terlihat bersih. Hal ini terlihat pada pasir yang masih putih dan air laut yang tidak keruh.

3. Kejernihan air laut

Hal unik lain yang menarik dari pantai Penyisok adalah memiliki air laut yang sangat jernih. Ada juga kehidupan laut di sekitar pantai. Warna biru kehijauan air laut sangat kontras dengan langit biru di siang hari.

Deburan ombak yang menghantam tebing pantai juga luar biasa. Tak heran jika saat berkunjung ke sini banyak wisatawan yang berfoto. Namun pengunjung tetap harus berhati-hati jika berada di pantai karena ombaknya sangat ganas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PenyisokKredit gambar: Google Maps Mamet

Pantai Penyisok terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung yang datang dari Kota Mataram akan melakukan perjalanan searah dengan Pantai Tangsi. Anda bisa melalui Sedau lalu terus menuju Jerowaru hingga sampai di desa Sekaroh.

Perjalanan menuju siding ini bisa dibilang cukup sulit untuk dilalui. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk menuju wisata ini. Selain itu, Anda juga bisa menyewa mobil rental di pusat kota Mataram. Meski lokasinya bisa dilihat di Google Maps, namun agar tidak tersesat, sebaiknya pengunjung menanyakan detail lokasinya kepada penduduk setempat.

Pengunjung disarankan untuk berlibur ke pantai ini saat musim panas. Memang saat musim hujan, jalan tersebut sangat sulit untuk dilalui. Jalan terjal bebatuan dan tanah tandus akan dilalui dalam wisata ini. Namun jika sudah sampai di pantai ini akan membawa anda kembali dengan keindahannya.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai PenyisokKredit gambar: Google Maps Loetfi Ono

Destinasi alam ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur dengan budget minim. Sebelum memasuki kawasan pantai Penyisok, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan tarif murah tersebut, Anda bisa bermain di pantai sepuasnya dari pagi hingga jam tutup.

Namun di kawasan wisata ini masih belum terdapat tempat persewaan peralatan dan warung. Oleh karena itu pengunjung disarankan untuk membawa makanan dan peralatan sendiri dari rumah. Pantai ini memang kondusif untuk relaksasi berlibur. Selain harganya yang murah, turnya juga terasa private, tidak ramai.

Hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Penysok

Aktivitas di Pantai PenysokKredit gambar: Google Maps Inggur Lindur

1. Olahraga selancar

Keindahan pantai yang masih alami dan asri membuat pengunjung ingin melakukan banyak aktivitas disini. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah berselancar. Ombak ganas dengan ketinggian tertentu sangat mendukung kegiatan ini. Namun, pengunjung harus membawa papan selancar sendiri atau dapat membelinya di lepas pantai.

2. Balas

Olahraga ekstrim ini bisa dilakukan di Pantai Penyisok karena tebingnya yang berbatu. Pengunjung akan merasakan sensasi berbeda saat tebing menghadap Samudera Hindia. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan energi yang cukup jika ingin melakukan spawn. Ini pasti akan menambah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

3. Berburu foto di sekitar pantai

Kamera memang menjadi salah satu objek yang wajib dibawa saat liburan. Apalagi pantai ini menawarkan sejuta keindahan alam mulai dari sabana, tebing, hingga Samudera Hindia. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di sekitar air laut yang jernih ditambah dengan birunya langit. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan momen di pantai yang megah ini.

4. Sandplay

Destinasi alam ini juga dikenal dengan pasir putih halus yang melintasi pantai. Hal ini karena beberapa orang telah menyentuh tempat ini. Wisatawan yang datang ke sini bisa membawa sejumlah perlengkapan untuk bermain pasir. Dari cetakan pasir, garu garpu, layang-layang hingga permainan bola bisa kamu bawa ke sini.

5. Kunjungi situs bersejarah

Aktivitas di Pantai PenysokKredit gambar: Google Maps Riyan Hidayat

Sejarah Pantai Penyusok masih belum diketahui secara pasti. Namun di wisata tersebut terdapat bangunan tua yaitu masjid batu apung dan sumur tua. Ternyata bangunan tersebut merupakan situs peninggalan dari zaman kerajaan. Pengunjung juga bisa menggunakan area tersebut sebagai spot foto.

6. Menikmati keindahan pantai

Pantai yang tidak ramai pengunjung ini terlihat alami dari setiap sudutnya. Wisatawan bisa sedikit mendaki untuk duduk di tebing berbatu untuk menikmati sejuknya angin pantai. Apalagi jika dilihat dari atas, Anda akan melihat pemandangan air laut yang berwarna biru kehijauan dengan pasir putihnya. Ini juga yang dilakukan banyak pengunjung untuk melepas lelah dan bersantai.

7. Duduk Santai di Pantai

Berlibur di pantai memang menjadi hal yang menyenangkan. Selain itu, suasana penembus yang tenang dan alami banyak dicari pengunjung. Anda yang datang ke sini akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan alam yang dapat menyejukkan mata. Selain itu, pasir dan tebing di kawasan ini juga sering digunakan wisatawan untuk duduk bersantai.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantaiKredit gambar: Twitter Kantor Putu Devi Yonita

1. Mantan istirahat

Hotel bintang 3 ini sangat cocok bagi pengunjung yang mencari akomodasi dengan budget kurang dari 1 juta. Mulai dari kolam renang, gazebo, wifi dan tempat parkir yang luas semuanya disediakan disini. Konsep bangunannya pun terlihat unik dengan warna coklat yang dilengkapi dengan jerami di atasnya. Ada juga pemandangan bukit hijau di depan kamar hotel.

2. Pondok Tunak

Cottage ini merupakan salah satu penginapan di dekat pantai Penyisok yang cocok untuk keluarga. Jaraknya hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 800.000 per malam. Ada juga kolam renang yang langsung menghadap ke laut.

3. Resor Taman Ramah Lingkungan

Resor ini berjarak 12 km dari dermaga. Hostel ini dikelilingi oleh pepohonan dan perbukitan yang terlihat alami. Mulai dari Rp 300.000 pengunjung sudah bisa bermalam di sini dengan view yang bagus. Ada taman bermain anak-anak, gym, dan kolam angsa.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai PenysokKredit Gambar: Kata Pengagum Kata Pengagum Facebook

Kawasan Pantai Penyisok memiliki fasilitas yang minim. Di sepanjang pantai masih belum ada pusat toko oleh-oleh. Warung makan juga jarang. Oleh karena itu, pengunjung harus membawa makanan sendiri.

Sebelum pintu masuk terdapat tempat parkir untuk sepeda dan mobil. Fasilitas kamar mandi dan mushola masih belum tersedia pada tour ini. Tapi Anda bisa menumpang ke rumah penduduk setempat jika ingin sholat atau ke toilet.

Ketiadaan fasilitas ini disebabkan kurangnya manajemen pariwisata tambahan. Hal ini pula yang membuat pantai ini tidak banyak dikunjungi orang. Namun di sisi lain, wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai suasana ketenangan.

Demikian penjelasan Pantai Penysok yang bisa Anda jadikan daftar tempat yang harus dikunjungi saat berwisata ke Pulau Lombok. Pengunjung hanya perlu menyiapkan tenaga dan memastikan kendaraan tidak menemui hambatan agar perjalanan berjalan lancar. Selain itu, persiapan segala materi juga menjadi hal penting sebelum pergi berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button