Kemenparekraf Kolaborasi Mudik Gratis 2023 dengan Kemenhub, Begini Cara Pendaftarannya - WisataHits
wisatahits

Kemenparekraf Kolaborasi Mudik Gratis 2023 dengan Kemenhub, Begini Cara Pendaftarannya

Kemenparekraf Kolaborasi Mudik Gratis 2023 dengan Kemenhub, Begini Cara Pendaftarannya

Piknikdong.com – Kemenparekraf bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan program mudik gratis bagi masyarakat.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (3/4/2023) mengatakan, sebagaimana tertuang dalam SKB 3 menteri terkait cuti dan cuti bersama tahun 2023 menjelang Idul Fitri, dijadwalkan cuti bersama pada April. 19-25, 2023 atau selama 7 hari.

Kemenparekraf Kolaborasi Mudik Gratis 2023 dengan Kemenhub, Begini Cara PendaftarannyaMudik Gratis Kemenparekraf 2023 Kerjasama dengan Kemenhub, image by: Kemenparekraf

“Potensi pergerakan nasional pada saat kembalinya lebaran tahun 2023 sebanyak 123,8 juta orang, dengan persentase tertinggi 3 moda transportasi menggunakan mobil pribadi 22,07%, sepeda motor 20,30% dan bus 18,39%”,

dia berkata.

Berdasarkan data, daerah asal perjalanan terbanyak adalah Jawa Timur 17,1%, Jawa Tengah 15,1%, Jabodetabek 14,8%, Jawa Barat (bukan Bodetabek) 12,1% dan Sumatera Utara 3,6%.

Untuk tujuan wisata terbanyak, Jawa Tengah 26,45%, Jawa Timur 19,87%, Jawa Barat (Non Bodebek) 16,73%, Jabodetabek 6,52% dan DI Yogyakarta 4,78%.

“Banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat. Ini solusi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Saya menyarankan Anda untuk menggunakan fasilitas pengembalian gratis ini dengan segala tanggung jawab, tidak mendaftar beberapa kali agar penyerapan tempat yang tersedia dapat 100% optimal.

Dan kami berharap dapat menawarkan program langsung yang tepat sasaran dan memberikan benefit yang tepat kepada para traveller,” imbuhnya.

ujar Menparekraf Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membidik 25% atau sekitar 300 juta hingga 350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar. mobilitas wisatawan internal tahun ini.

“Kami menargetkan 1,2 hingga 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara. Bulan ini targetnya 143,1 juta pergerakan, cara mendapatkannya yaitu kerjasama dengan Kementerian Perhubungan yang membuat program mudik gratis,”

dia berkata.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Suharto mengatakan Kementerian Perhubungan sudah mulai membuka pendaftaran gratis untuk pemulangan ke tanah air.

Sebanyak 858 bus disiapkan untuk 24.072 penumpang. Khusus untuk pemudik bermotor, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 30 truk berkapasitas 900 sepeda motor.

Cara daftar Retur Gratis Kemenparekraf

Pendaftaran reuni gratis dapat dilakukan melalui aplikasi MitraDarat.

Pengguna perlu mengunduh aplikasi Mitra Darat melalui App Store atau Play Store.

Setelah itu, peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang masih berlaku saat mendaftar, seperti kartu tanda penduduk (KTP).

Pendaftaran gratis Kemenparekraf untuk reuni hingga 14 April

“Masyarakat yang ingin mendaftar mudik gratis bisa mengaksesnya secara online dengan mengunduh aplikasi Mitra Darat.

Pendaftaran reuni gratis dibuka hingga 14 April 2023 atau selama kuota habis.

dia berkata.

Suharto juga berharap beberapa departemen/lembaga pemerintah atau pihak swasta yang saat ini sedang mengatur pengembalian gratis dan belum melaporkannya.

“Saya berharap masyarakat menggunakan armada yang sesuai dengan regulasi yaitu memiliki persyaratan teknis dan jalan, jangan ragu untuk mengecek melalui aplikasi kami yaitu Spionam.

Karena nantinya masyarakat akan yakin bahwa armada tersebut benar-benar laik jalan,”

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button