Pantai Ekas, surga bahari yang luar biasa di Lombok Timur - WisataHits
wisatahits

Pantai Ekas, surga bahari yang luar biasa di Lombok Timur

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Saung Bambu Racik, Pemongkong, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Periksa lokasi

Pantai Ekas merupakan pantai berbentuk teluk di Lombok Timur. Pantai ini menawarkan pemandangan pasir putih yang sangat indah yang membentang di tengah lautan yang sangat tenang. Selain menyuguhkan panorama yang sangat istimewa, pantai ini juga memiliki beragam ekosistem pesisir.

Topografi pantainya juga cukup landai sehingga disini dapat memberikan kesan yang lebih luas dan juga view yang sangat bagus untuk menikmati sunrise atau sunset. Sore hari Anda akan melihat ombak yang terlihat begitu miring meski angin bertiup cukup kencang di sana.

Permukaan teluk bekas memiliki warna oranye yang disebabkan oleh pantulan matahari terbenam. Pasirnya yang berwarna putih menjadi salah satu ciri khas Pantai Lombok Selatan. Deretan perbukitan juga menjadi alasan keindahan Pantai Kabupaten Lombok Selatan.

Daya Tarik Pantai Ekas

Atraksi Pantai EkasKredit gambar: Google Maps Kevin Darmawan

1. Panorama yang begitu indah

Pantai Ekas Lombok merupakan salah satu tempat wisata yang letaknya sejajar dengan Pantai Cemara, Pantai Paradise dan juga Pantai Kaliantan. Teluk terbesar di Lombok ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang sangat eksotis, tetapi juga keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan.

Banyak pengunjung yang penasaran dengan panorama bawah laut pantai, hingga akhirnya mereka menyelam dan snorkeling di sana. Namun sayang, air pantai yang indah ini menjadi keruh saat musim hujan tiba. Hal ini disebabkan banyaknya sungai yang menjadikan pantai sebagai muara.

Pantai Ekas merupakan deretan pantai menawan di Lombok Timur. Pasir putihnya memiliki air yang jernih dan terumbu karang yang tumbuh dengan warna berbeda. Kejernihan air di tempat ini membuat wisatawan selalu tergoda untuk berenang.

2. Kegiatan penangkapan ikan di teluk

Atraksi selanjutnya adalah Anda akan melihat aktivitas para nelayan yang ada di sana. Lautnya memang dekat dengan perkampungan nelayan. Sehingga nantinya pengunjung bisa menjumpai banyak perahu dan keramba ikan yang berada di bibir pantai.

Dermaga di Teluk Ekas sudah lama digunakan dan dimanfaatkan nelayan untuk budidaya lobster dan rumput laut. Hal ini pula yang membuat pantai Ekas sangat cocok jika digunakan untuk kegiatan memancing.

Sedikitnya di tempat ini terdapat hingga 50 pondok apung yang memang dibuat oleh nelayan untuk menangkap ikan kerapu dan udang. Di darat, nelayan bisa membuat perahu dan kano dengan alat yang relatif sederhana.

Wisatawan juga akan melihat banyak aktivitas pemotongan ikan di sini. Nantinya, potongan ikan tersebut akan dijadikan umpan untuk ikan kerapu. Sedangkan untuk kerapu sendiri dijual di sekitar Lombok.

3. Ombak Pantai

Karena daya tariknya memang mampu membuat banyak wisatawan tergiur untuk melakukan aktivitas surfing di tempat ini. Ombak yang diciptakan oleh pantai juga sangat cocok untuk semua level peselancar. Lalu ada juga jenis ombak yaitu kiri dan kanan.

Untuk spot-spot terbaik bagi para peselancar yang berencana datang ke tempat ini antara lain eksterior lama dan juga kejadian lama. Di dalam ekas terdapat ombak yang berada di teluk berbentuk tembok dengan puncak yang sangat mengesankan.

Kadang-kadang ombaknya bisa sangat panjang dan tong berada di sebelah kanan. Gelombang rendah tepat. Sedangkan untuk pembagian ketinggian ada di sebelah kiri dan bisa ditempuh bahkan hingga ketinggian 12 kaki.

Sedangkan exe luar adalah ombak kidal yang tingginya 5 hingga 10 meter. Gelombang tunggal ini jatuh cukup keras. Selain itu, ia juga kuat dan memiliki permukaan yang cukup besar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai EkasKredit gambar: Google Maps Bung Ichan

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Pantai Ekas Lombok, tempat ini terletak di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Jerowaru, Desa Pemongkong, Nusa Tenggara Barat. Anda bisa mencapai kota tersebut dari Mataram dengan menempuh jarak minimal 75 km ke arah tenggara.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini disarankan kesini untuk berwisata dengan kendaraan pribadi, apalagi disini disarankan menggunakan sepeda motor. Karena memang untuk angkutan umum pantai masih sangat jarang.

Dari kota Mataram, Anda kemudian dapat mengambil jalan Mataram, kemudian dilanjutkan ke Kediri, Jerowaru dan akhirnya sampai di Ekas. Dari Mataram sendiri, perjalanan yang harus ditempuh adalah 1 hingga 2 jam. Dari arah Praya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan jika Anda dari pusat kota, Anda bisa sampai ke pantai dalam waktu sekitar 15 menit.

Yang dibutuhkan pengunjung untuk menuju pantai atau bekas teluk adalah rambu-rambu. Rata-rata masyarakat lebih mengenal Paradise Beach, karena ada resort yang sering dikunjungi di sana. Ketika nanti Anda tiba di jalan menuju pantai surga, Anda kemudian akan menemukan pertigaan.

Dari arah pertigaan tersebut anda hanya perlu belok kiri jika ingin menuju pantai surga. Untuk menuju pantai Ekas Lombok, anda tinggal jalan lurus saja. Jalan yang dimiliki juga cukup baik dibandingkan dengan jalan pantai surga yang cenderung berlumpur.

Ketika Anda tiba di sana, Anda akan menemukan banyak rumah orang. Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan beberapa langkah dan nanti Anda akan menemukan tempat wisata pantai ini. Keindahan dan kebersihan pantai pasti akan membuat Anda betah. =

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Ekas

Aktivitas di Pantai EkasKredit gambar: Google Maps NACHEL EKAS SURF

1. Berenang dan snorkeling

Tawaran yang dimiliki Pantai Ekas ini berupa pantai berpasir putih dan memiliki air laut yang sangat jernih. Padahal, karena air laut yang begitu jernih di pantai, wisatawan dapat melihat berbagai jenis biota laut dengan begitu jelas yang menakjubkan, termasuk beberapa jenis ikan dan terumbu karang di sini yang sangat indah.

Dengan perpaduan air laut yang jernih, ombak yang tenang dan biota laut yang sangat beragam, pantai cantik di Lombok Timur ini sangat cocok untuk Anda yang suka melakukan aktivitas air seperti berenang dan memancing.

2. Bersantai di tepi pantai

Bagi Anda yang ingin datang ke tempat ini hanya untuk melepas penat, Pantai Ekas juga sangat mendukung. Pantai merupakan tempat yang cocok karena terletak di kawasan yang sangat sepi dan terpencil.

Di sinilah Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, tidak ada salahnya menjelajahi pantai-pantai lain dan mengunjungi danau-danau yang berada di sepanjang kawasan Jerowaru dan dikelilingi oleh hutan bakau.

Di pantai, Anda dapat melihat berbagai aktivitas masyarakat setempat membuat garam dengan cara tradisional.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantai EkasKredit Gambar: Resor Google Maps Ombak di Ekas

1. Istirahat

Hostel ini cukup dekat dengan pantai Ekas Lombok. Dari bandara Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 70 menit untuk sampai ke hostel. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti restoran, kolam renang, Wi-Fi gratis, dan resepsionis 24 jam.

2. Matahari Terbit Purba

Penginapan berikut ini tak kalah menarik dari yang sebelumnya. Dari arah pantai Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 19 menit. Ada berbagai fasilitas mewah yang bisa dinikmati saat bermalam di sana. Fasilitas tersebut meliputi layanan kamar, restoran, layanan pijat, resepsionis 24 jam, Wi-Fi gratis, dan parkir pribadi.

3. Bungalo Telone OYO 1837

Akomodasi selanjutnya yang juga bisa Anda gunakan saat ingin bermalam adalah OYO 1837 Telone Bungalow. Ada banyak jenis fasilitas yang ditawarkan oleh hostel ini. Salah satunya free AC Wi-Fi dan sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai EkasKredit gambar: Google Maps novitasari fitria wulandari

Saat mengunjungi Pantai Ekas, Anda juga dapat menikmati berbagai aktivitas. Namun untuk fasilitasnya sendiri, pantai ini masih cukup memadai. Hal ini dikarenakan pantai ini terletak di daerah yang cukup terpencil.

Selama berkunjung, Anda akan kesulitan menemukan warung makan, sehingga Anda harus membawa bekal sendiri. Namun meski begitu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menikmati keindahan yang hadir di sekitar pantai.

Karena tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, Anda bisa memanfaatkan gazebo yang ada di pinggir pantai. Gazebo tersebut sengaja dibangun oleh warga setempat, sehingga wisatawan bisa bersantai duduk di gazebo dengan pemandangan Pantai Ekas, Lombok.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button