Pantai Dewi Mandapa, pantai yang indah dengan panorama hutan mangrove di Lampung - WisataHits
wisatahits

Pantai Dewi Mandapa, pantai yang indah dengan panorama hutan mangrove di Lampung

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Gebang, Kec. Lapangan Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Keindahan wisata pantai tidak hanya dimiliki oleh pulau Bali saja, namun Lampung juga memiliki pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali. Pantai Dewi Mandapa namanya, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan terutama untuk anak muda.

Pantai ini terletak di kawasan Padang Cermin, Desa Gebang, Kabupaten Pasewaran, Provinsi Lampung. Lokasinya cukup sulit untuk diseberangi, karena jalan yang ditempuh untuk menuju pantai ini bukanlah jalan yang beraspal dan tidak terlalu lebar. Tapi tenang, semuanya akan terbayar dengan keindahan pantai dan atraksi di atasnya.

Karena pantainya yang indah dan objek wisatanya yang menarik, banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke sini. Banyak juga spot foto yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Mulai dari kawasan Hutan Mangrove, Pulau Cinta, Dermaga Asmara dan masih banyak lagi.

Atraksi Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi MandapaKredit Gambar: Google Maps Ira Sw

Pantai ini memang bukan satu-satunya destinasi wisata di Lampung, namun tidak bisa dipungkiri keindahannya mampu memukau banyak wisatawan sehingga banyak orang yang berkunjung ke sana. Tidak hanya turis lokal, turis asing bahkan turis asing juga berkunjung ke sini. Karena pantai ini memiliki pesona tersendiri yang tidak ada di pantai lain.

1. Kecantikan Alami

Pantai Dewi Mandapa memiliki keindahan alam yang dapat menarik wisatawan. Mulai dari pantai yang sejuk dan asri, pasir putih, air laut yang berwarna biru semi kehijauan dan rimbunnya pohon bakau yang berjajar di tepi pantai. Sungguh sebuah tontonan yang indah yang sayang untuk dilewatkan.

2. Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran

Salah satu daya tarik pantai ini adalah Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran. Pulau cinta ini adalah pulau kecil yang terdiri dari tumpukan pasir putih berbentuk hati yang seolah-olah mengapung di air.

Antara pantai dan pulau ada jembatan penyeberangan kayu. Sebuah gerbang mini dibangun untuk menampung wisatawan. Biasanya wisatawan menjadikan tempat ini sebagai spot foto.

Selain itu, di Pulau Cinta terdapat balkon unik yang dihiasi dengan payung berbentuk jamur. Di sana kita bisa duduk di kursi kayu panjang khas sunbeds atau sekedar bersantai menikmati pemandangan pantai yang dikelilingi hutan bakau.

3. Banyak spot foto

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Google Maps Ira SW

Tidak hanya di Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran yang bisa dijadikan spot foto, banyak area di pantai yang bisa dijadikan spot foto. Di sekitar pantai, dengan deburan ombak di tepi pantai, air lautnya berwarna biru hingga hijau.

Dan rerimbunan mangrove yang ditata sedemikian rupa sehingga seolah-olah mengapung di tengah laut.Di tempat ini juga disediakan kursi kayu, serta papan yang ditata dengan rapi sehingga terlihat sangat estetis saat berada. digunakan untuk spot foto.

4. Dermaga Romantis

Ada lagi spot foto yang menjadi daya tarik Pantai Dewi Mandapa, yaitu Dermaga Asmara. Dermaga Asmara sendiri merupakan dermaga yang didesain dengan kombinasi bakau dan platform kayu di atas air laut, yang Anda inginkan, dengan latar belakang hutan Mangrove yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Google Maps Nike Mei

Pantai Dewi Mandapa terletak di kawasan Padang Cermin. Lokasinya berada di Provinsi Lampung, Kabupaten Pesawaran, Kecamatan Teluk Pandan, Desa Gebang. Lokasi pantai ini berada di Dermaga Ketapang, di tengah persimpangan antara Pantai Sari Ringgung dan Pulau Pahawang.

Rute yang akan ditempuh melewati jalan-jalan kantor Pemkot Bandar Lampung. Perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju kawasan Padang Cermin cukup panjang. Nanti setelah sampai di Padang Cermin kita akan disambut dengan pintu masuk pantai kurang lebih 0,5 km. Jalan ini harus memiliki tenaga ekstra untuk melewatinya, karena jalan belum diaspal dan jalannya juga tidak lebar.

Namun ada cara lain, jika kita ke sana dari arah Terminal Rajabasa, Bandar Lampung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Jalur yang bisa ditempuh adalah Jalan Pramuka lalu ke Jalan Teuku Cik Ditiro lalu ke Jalan Raden Imba Kusuma Ratu. Dari sana kita bisa langsung menuju kawasan Padang Cermin untuk sampai ke pantai Dewi Mandapa.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Google Maps Ade N

Untuk dapat mengunjungi pantai Dewi Mandapa, kita hanya perlu membayar biaya parkir. Namun, jika ingin menjelajah ke sana, di Pulau Cinta dan Dermaga Asmara, Anda harus membayar tiket masuk lagi. Antara hari kerja dan hari libur, harga berbeda.

Pada hari biasa, biaya parkir motor dan mobil adalah Rp 10.000 dan Rp 30.000. Jika hari libur, biaya parkir motor dan mobil Rp 15.000 dan Rp 50.000, sedangkan harga tiket masuknya sendiri berbeda.

Untuk tiket masuk dermaga, kita hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Namun, untuk masuk ke spot Pulau Cinta ini kita harus membayar tiket masuk seharga Rp15.000 per orang. Kalau kita mau kesana sebaiknya di hari biasa, karena di akhir pekan bisa dipastikan jumlah pengunjungnya akan lebih banyak dari biasanya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Dewi Mandapa

Aktivitas di Pantai Dewi MandapaKredit Gambar: Google Maps Muhammad Fajri

1. Ambil gambar

Biasanya, tujuan utama sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Pantai Dewi Mandapa adalah untuk berfoto. Karena spot foto yang ditawarkan sangat banyak dan estetis, maka spot foto tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Jelajahi dermaga

Selain sebagai spot foto, kita juga bisa menjelajah dermaga. Karena pemandangannya tidak kalah indah, sehingga bisa memanjakan mata kita.

3. Snorkeling

Bagi penggemar snorkeling, tidak perlu khawatir, karena Anda bisa snorkeling di sini. Kita bisa membawa peralatan snorkeling sendiri atau kita juga bisa menyewa satu set peralatan snorkeling disana dengan harga sewa sekitar Rp 40.000. Batas aman untuk snorkeling adalah 100m dari garis pantai yang indah ini. Ada banyak ikan kecil, terumbu karang, dan jika beruntung kita akan menemukan ubur-ubur kecil.

4. Berjemur dan bersantai

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika kita pergi ke pantai adalah penyamakan kulit. Kita bisa berjemur di pantai atau di kawasan Pulau Cinta. Karena di Pulau Cinta juga terdapat balkon unik yang dihiasi dengan payung berbentuk jamur. Di sana kita bisa duduk di kursi kayu panjang khas sun loungers, sambil bersantai menikmati pemandangan pantai yang didominasi hutan mangrove.

Akomodasi di sekitar

Akomodasi Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Google Maps BATIQA Hotel Lampung

1. Batiqa Hotel Lampung

Salah satu penginapan yang bisa kita tinggali saat berkunjung ke Lampung adalah Batiqa Hotel. Hotel ini mengusung konsep lokal di setiap kamarnya. Batiqa sendiri memiliki 108 kamar, 98 kamar superior, dan 10 kamar suite. Harga mulai dari Rp 530.000 per malam.

2. Hotel Whiz Prime Ahmad Yani Lampung

The Whiz Prime Hotel merupakan hotel bintang 3 yang sering menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Lampung. Dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap, Anda hanya perlu membayar Rp 420.000 per malam untuk menikmatinya.

3. Pop Hotel Tanjung Karang

Pilihan bagi wisatawan yang ingin berhemat. The Pop Hotel dikenal sebagai hotel yang terjangkau. Meski kamar yang disediakan tidak terlalu besar, namun cukup nyaman untuk bersantai. Kita hanya perlu membayar Rp 280.000

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Dewi MandapaKredit Gambar: Google Maps Santy Julia

Keberadaan fasilitas sangat penting bagi suatu tempat wisata. Hal yang sama berlaku untuk tempat wisata di Lampung. Pantai Dewi Mandapa menawarkan fasilitas yang lengkap bagi para pengunjungnya.

Fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi, gazebo, tempat makan bertebaran di sana-sini. Tidak hanya fasilitas umum, fasilitas penunjang kegiatan wisata juga tersedia di sini.

Fasilitas penunjangnya antara lain seperangkat peralatan snorkeling, yang disediakan bagi pecinta olahraga air ini. Area spot foto seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara serta pernak-pernik yang bisa kita gunakan untuk berfoto dan bersantai. Seperti kursi, papan, payung untuk berteduh dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Dewi Mandapa. Pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Walaupun perjalanan menuju kesana cukup sulit dan penuh dengan kecuraman, namun semuanya akan terbayar dengan keindahan pemandangan alam dan tempat wisata disana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button