Pantai Gunung Payung Bali, Pesona Pantai Indah yang Tersembunyi dan Tenang - WisataHits
wisatahits

Pantai Gunung Payung Bali, Pesona Pantai Indah yang Tersembunyi dan Tenang

Harga tiket: Rp 4.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kutuh, Kecamatan. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pantai Gunung Payung memang tidak populer dan jarang terdengar dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang sangat terkenal di Pulau Bali dan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Namun pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang lebih sering dijadikan tujuan wisata.

Pantai ini terletak di tempat yang cukup tersembunyi, sehingga jarang dikunjungi. Oleh karena itu, pantai ini tenang dan sangat cocok sebagai tempat ketenangan. Suara deburan ombak di pantai pasir putih, serta air laut yang jernih sehingga Anda bisa melihat bebatuan di dasarnya, ditambah lagi dengan bebatuan di tepi pantai akan memanjakan mata dan pikiran.

Nama Pantai Gunung Payung sendiri sebenarnya diambil dari nama pura yang letaknya tidak jauh dari tempat pantai ini berada. Pura itu sendiri bernama Dhang Kahyanga Gunung Payung. Mencapai destinasi wisata ini tidaklah mudah karena belum dikelola secara maksimal. Namun, mengunjungi pantai ini tidak pernah membuat pengunjung menyesal.

Atraksi Pantai Gunung Payung

Atraksi Pantai Gunung PayungKredit gambar: Google Maps Bambang Priyo Cahyono

Pantai ini memang cukup asing di telinga, apalagi jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali. Namun, pantai ini memiliki berbagai atraksi yang akan memuaskan kunjungan Anda ke daerah ini. Berapa banyak objek wisata yang ada di kawasan tersebut dan alasan mengapa pengunjung datang sebagai berikut.

1. Situs Eksotis

Pantai yang terletak di selatan Bali ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, karena itu pemandangan di sana sangat eksotis. Dengan pasir putih, air laut di daerah ini berwarna biru dengan ombak yang menenangkan pikiran. Perairan di sekitar pantai juga sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat dasarnya.

2. Pantai Tersembunyi yang Tenang

Pantai Gunung Payung memang cukup tersembunyi sehingga sedikit pengunjung yang datang. Untuk sampai ke pantai sendiri, Anda harus berjalan cukup jauh dan menuruni anak tangga yang memiliki sekitar tiga ratus anak tangga. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi rerumputan dan tanaman yang menyegarkan mata untuk mengurangi rasa lelah.

Setelah tiba, Anda akan menemukan pantai yang sangat sepi dan hampir tidak ada pengunjung lain. Ini benar-benar membuat daerah ini sangat tenang dan Anda merasa seperti berada di pantai pribadi. Jika Anda memang menginginkan tempat wisata yang sepi dan tidak ramai pengunjung, pantai ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik.

3. Daerah sakral

Objek Wisata Pantai Gunung PayungKredit gambar: Google Maps Yustinus AS NCO

Pantai ini dinamai salah satu tempat suci agama Hindu yang tidak jauh dari pantai. Pura ini sendiri terletak di tebing tinggi, yang menjadikannya sangat penting dan menjadi daya tarik tersendiri. Anda juga bisa mengunjungi pura sendiri, namun harus mengikuti standar yang berlaku jika berada di area situs suci.

Kawasan pesisir ini juga dikelilingi oleh hutan yang menjadi habitat kera. Bagi masyarakat Bali, khususnya umat Hindu, kera merupakan hewan yang disucikan. Oleh karena itu pengunjung dilarang mengganggu atau menyakiti hewan-hewan tersebut.

4. Seni dan budaya Bali

Tidak hanya sebagai wisata alam, Pantai Gunung Payung juga menawarkan wisata seni dan budaya Bali. Tidak jauh dari pantai, ada Taman Budaya Gunung Payung yang bisa Anda kunjungi. Di area yang dekat dengan pura sebagai tempat wisata religi, Anda bisa bermeditasi dan menenangkan diri dengan melakukan yoga.

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai rumah khas Bali yang sangat khas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat pertunjukan seperti tari kecak di kawasan ini. Mampu menikmati berbagai pilihan wisata yang lengkap tentunya menjadi daya tarik tersendiri dari pantai cantik ini.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai Gunung PayungKredit gambar: Google Maps Bohdan

Pantai Gunung Payung terletak di Kuta Selatan, masih termasuk dalam Kabupaten Badung. Lokasinya berada di kawasan keramat Pura Dhang Kahyanga Gunung Payung. Perjalanan dari Kuta atau Seminyak ke pantai ini hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Anda akan dikenakan biaya masuk di pintu gerbang, kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga menemukan candi.

Dari candi, Anda dapat memarkir kendaraan Anda dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan utama adalah penggaruk pasir yang harus Anda lewati, maka jalan akan turun. Ada tangga yang tersedia, namun perjalanan memakan waktu sekitar 15-20 menit, sehingga cukup melelahkan.

Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap hari. Untuk memasuki kawasan ini, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4.000 untuk setiap wisatawan yang masuk melalui gerbang depan. Kemudian Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya hanya Rp 2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya Rp 5.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Gunung Payung

Aktivitas di Pantai Gunung PayungKredit gambar: Google Maps Edo Doe

1. Paralayang

Olahraga yang memacu adrenalin ini wajib dilakukan jika Anda berkunjung ke Pantai Gunung Payung. Memang kawasan ini menawarkan fasilitas untuk paralayang dan merupakan aktivitas yang sangat populer di kawasan ini. Anda juga tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh seorang profesional untuk melakukan aktivitas ini. Perlengkapan keselamatannya juga lengkap, sehingga cukup aman untuk Anda coba.

2. Berselancar

Ombak di kawasan ini menjadi spot surfing yang seru. Bagi Anda yang masih pemula, kawasan ini memiliki ombak yang bersahabat sehingga Anda dapat meningkatkan kemampuan berselancar di kawasan ini. Banyak pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan ini, ada juga pengunjung asing. Dengan cara ini, Anda akan memiliki teman untuk melakukan latihan akuatik ini.

3. Berenang

Perairan di tepi pantai Gunung Payung cukup tenang, sehingga cukup aman jika ingin berenang di sekitar pantai. Airnya yang jernih dan sejuk akan membuat Anda betah bermain air dalam waktu yang lama. Namun, Anda tidak boleh berenang terlalu jauh di tengah. Semakin jauh dan dalam, semakin besar ombaknya. Berenang di area ini aman, tetapi harus berhati-hati.

4. Berburu Foto

Aktivitas di Pantai Gunung PayungKredit Gambar: Instagram Pantai Gunung Payung Bali

Ada banyak spot foto menarik di kawasan ini. Tidak hanya pemandangan pantai, di sepanjang promenade pun Anda juga akan menemukan berbagai tempat menarik seperti rerumputan dan tanaman yang indah. Jika menyusuri pantai ini, Anda juga akan menemukan berbagai tempat lain yang wajib dikunjungi sebagai background foto yang bisa diunggah di jejaring sosial.

5. Nikmati seni pertunjukan

Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa menikmati pertunjukan seni di kawasan ini. Saat mengunjungi Taman Budaya Gunung Payung yang tidak jauh dari pantai, Anda tidak hanya akan diperkenalkan dengan rumah-rumah khas Bali tetapi juga tari Kecak. Sehingga tidak hanya wisata alam, Anda juga bisa menikmati wisata seni dan budaya.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di Gunung PayungKredit gambar: Twitter Villa mewah di Bali

1. Residence Villa Shanti

Hostel ini tidak hanya dekat dengan lokasi pantai Gunung Payung, tetapi juga menawarkan pengalaman menginap yang mewah. Harga yang harus Anda keluarkan sekitar Rp 4 jutaan, namun sangat sepadan dengan fasilitas dan pengalaman mewah yang diberikan.

2. Resor dan Vila La Berceuse

Hostel ini lebih terjangkau dan juga dekat dengan pantai. Fasilitas yang ditawarkan sangat memadai dan pelayanannya sangat baik. Anda juga akan menikmati sarapan dengan berbagai menu. Harga bervariasi dari Rp 470.000 hingga Rp 750.000 per malam.

3. Penginapan Kenanga

Anda juga bisa memilih homestay ini dengan harga yang lebih terjangkau. Harga berkisar antara Rp 120.000 hingga Rp 160.000 per malam, hostel ini akan menawarkan kamar yang nyaman dan fasilitas lengkap.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit gambar: Google Maps Ida Bagus Putu Panca Permadi

Fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Gunung Payung sudah lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berlibur di kawasan ini. Ada tempat parkir sehingga Anda tidak perlu khawatir membawa kendaraan sendiri. Ada juga kamar mandi, gazebo, serta warung yang menawarkan berbagai menu makanan.

Tempat ini juga memiliki tempat pertunjukan tari kecak dengan latar belakang Samudera Hindia. Dengan panggung untuk pertunjukan tari ini, Anda memiliki pilihan alternatif untuk menikmati salah satu tarian khas Bali ini selain Ubud, Uluwatu atau GWK.

Selain itu, kawasan ini juga menawarkan fasilitas menarik untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan, misalnya kegiatan paralayang. Kegiatan ini memang cukup memacu adrenalin dan berbahaya, namun Anda akan ditemani oleh para profesional dan dilengkapi dengan peralatan keselamatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantai Gunung Payung menawarkan pengalaman yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Perjalanan yang melelahkan tidak terasa setelah sampai di pantai dengan pemandangan alam yang indah. Pantai ini juga menawarkan wisata yang lengkap. Tidak hanya kegiatan yang menyenangkan, Anda juga bisa melakukan wisata religi dan juga mengunjungi seni budaya Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button