Pantai Pemuteran, surga bawah laut yang luar biasa di Buleleng Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Pemuteran, surga bawah laut yang luar biasa di Buleleng Bali

Pantai Pemuteran, surga bawah laut yang luar biasa di Buleleng Bali
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Bali memiliki luas 5.780 kilometer persegi dan memiliki sekitar 150 pantai, baik yang populer maupun yang belum dikunjungi. Salah satu pantai yang terkenal dan menjadi favorit para wisatawan adalah Pantai Pemuteran, Buleleng. Wisata pantai ini sungguh indah dan eksotik, pasir hitam kecoklatan terhampar di tepi pantai, pohon kelapa, laut biru bersih dan jernih, langit biru dan awan putih.

Keindahan alam ciptaan Tuhan patut untuk dirawat, dipelihara dan dikembangkan. Oleh karena itu, puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu, di pantai ini terdapat berbagai patung batu dengan berbagai jenis dan ukuran. Inilah yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Karena mereka bisa menyelam sambil melihatnya dan mengabadikannya.

Objek Wisata Pantai Pemuteran

Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps James Vdb

Pantai memang selalu menjadi tempat yang asik dan menarik untuk dikunjungi, karena banyak tempat yang bisa menarik wisatawan. Layaknya Pantai Pemuteran, destinasi wisata bahari ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan dipadukan dengan hasil karya manusia berupa 33 patung dewa batu. Selain itu, ada berbagai atraksi lainnya di wisata pantai ini diantaranya:

1. Tampilan Cantik dan Eksotis

Perpaduan antara ciptaan Tuhan dengan ekstra tenaga manusia membuat pantai Pemuteran menjadi pemandangan yang sangat indah dan. Gemuruh ombak, hembusan angin menembus pohon kelapa yang melambai, pasir hitam kecokelatan yang mengkilat, udara sejuk yang sejuk, inilah gambaran keindahan yang tampak dari luar.

Keindahan pesona pantai ini tidak hanya luar biasa indah di luar, namun saat menyelam terdapat puluhan patung batu berupa candi, Buddha dan lain-lain. Selain itu, ada juga ikan dengan jenis berbeda, warna berbeda, dan hewan dasar laut lainnya dengan ukuran berbeda. Semua yang ada di dasar laut bisa terlihat begitu jelas, karena airnya begitu bersih dan jernih.

2. Terumbu karang yang indah

Daya tarik lain di dasar Pantai Pemuteran adalah terumbu karang. Meski bisa ditemukan di tempat lain, tempat perlindungan ikan di kawasan ini cukup lengkap dan nyaris sempurna. Anda tidak akan menemukan berbagai jenis terumbu karang di pantai di dasar laut lainnya. Karena semua bentuk terumbu karang di nusantara, 80% terlihat di dasar pantai ini.

3. Menikmati sunset dan sunrise yang indah

Selain diving, daya tarik lain dari pantai Pemuteran adalah menikmati sunset dan sunrise. Keajaiban alam ini dapat dilihat pada sore hari atau saat matahari terbit. Oleh karena itu, jika Anda berlibur ke tempat ini, Anda harus menyaksikan dua fenomena alam tersebut. Karena keduanya memiliki keindahan yang berbeda.

Saat matahari terbenam, matahari bergerak ke barat, langit yang awalnya cerah perlahan mulai gelap dan gelap. Momen inilah yang ditunggu-tunggu oleh banyak wisatawan, mereka menyiapkan kamera dan berpose dengan berbagai gaya untuk mengabadikannya. Selain itu, matahari terbit juga dikejar para wisatawan, dari langit yang gelap, dari timur matahari mulai muncul dan langit menjadi cerah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps Tjipto Widodo

Bagi yang ingin mengunjungi Pantai Pemuteran, destinasi wisata tepi laut ini terletak di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Denpasar, rute yang harus ditempuh adalah Gilimanuk menuju Singaraja.

Perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam, karena jaraknya sangat jauh, sekitar 200 km. Namun bagi wisatawan yang berasal dari luar pulau Bali khususnya dari Pulau Jawa bisa langsung menuju pelabuhan Gilimanuk. Setibanya di pelabuhan, perjalanan menuju venue hanya memakan waktu satu jam.

Wajar jika tempat wisata selalu dikenakan biaya masuk, karena hasil pendapatan tiket digunakan untuk operasional. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk destinasi wisata Pantai Pemuteran, karena tiket masuk ke area piknik ini gratis. Dari tempat penyembuhan yang jarang ditemukan, berbagai atraksi menawan bisa dinikmati secara gratis.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pemuteran

Aktivitas Menarik di Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps Ahmad Haritz

Meski destinasi wisata Pantai Pemuteran ini gratis, bukan berarti tidak ada aktivitas yang bisa dilakukan. Bukan hanya daya tariknya yang membuat wisatawan bersemangat untuk mengunjungi tempat ini. Namun, berbagai aktivitas seru, menantang, dan memacu adrenalin dijamin. Beberapa kegiatan menarik dapat dilakukan di lokasi, yaitu:

1. Menyelam atau snorkeling

Hal utama dan salah satu favorit wisatawan saat berkunjung ke pantai Pemuteran adalah snorkeling atau snorkeling di pantai. Kegiatan menarik ini merupakan pengalaman yang menyenangkan karena saat menyelam ikan dengan warna yang berbeda dapat terlihat. Di dasar laut juga tumbuh dan berkembang berbagai jenis terumbu karang, dan banyak jenis ikan bersembunyi di balik terumbu karang.

Selain itu, ada barang unik yang tidak akan ditemui saat menyelam di pantai lain, yaitu puluhan patung dengan jenis dan ukuran batu yang berbeda. Saat menyelam, ikan aneka warna, terumbu karang eksotis nan indah, puluhan patung dewa, akan tampak jernih bahkan bisa disentuh tangan. Oleh karena itu, para penyelam selalu mengabadikan momen seru dan menantang tersebut dengan kamera.

2. Mengunjungi penangkaran penyu

Tidak hanya kegiatan menyelam yang menarik di Pantai Pemuteran, mengunjungi penangkaran penyu juga merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Hewan peliharaan yang imut dan lucu ini dirawat dengan baik oleh para ahlinya. Oleh karena itu, saat wisatawan berkunjung ke penangkaran, petugas akan mendampingi dan menjelaskan proses penangkaran hingga dilepas ke laut.

Perlu diketahui bahwa proses perkembangbiakan penyu diawali dengan mengamankan ratusan bahkan ribuan telur penyu dari pemangsa. Ribuan telur diletakkan di tempat yang hangat dengan suhu tertentu hingga menetas. Selanjutnya telur yang menetas dipindahkan ke tempat penangkaran, diproses selama beberapa bulan, setelah itu penyu dilepas ke laut lepas.

3. Bermain di pantai

Setelah snorkeling dan mengunjungi penangkaran penyu, aktivitas menarik lainnya di Pantai Pemuteran adalah bermain di pinggir pantai. Pesona alam pantai eksotis nan indah ini sangat disayangkan jika hanya sekedar lewat. Oleh karena itu, wisatawan selalu memaksimalkan aktivitasnya di sekitar pantai.

Berbagai aktivitas dilakukan pengunjung antara lain melihat pemandangan di pantai, bermain voli pantai, saling kejar-kejaran, bermain pasir. Selain itu, ada juga yang sekadar berjemur, berburu, memijat, mengambil foto dan video pesona alam yang ada, mengabadikan aktivitas keluarga dengan kamera, dan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai PemuteranKredit Gambar: Google Maps Dd Chan

Meski pantai Pemuteran gratis, bukan berarti sarana dan prasarana yang tersedia ala kadarnya. Pantai indah ini memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti tempat parkir yang luas, sepeda motor, mobil bahkan bus bisa masuk ke area yang disediakan. Selain itu, ada juga restoran, hotel, villa, toilet dan masih banyak lagi.

Jika Anda dan keluarga berencana untuk pergi ke Bali, pastikan untuk mengunjungi Pantai Pemuteran. Karena kawasan wisata ini memiliki pesona alam yang indah, baik di lepas pantai maupun di laut, sedangkan tempat piknik yang asik dan menarik ini pasti patut untuk dikunjungi. Jangan lupa membawa uang tambahan, agar berbagai keinginan bisa terkabul.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button