Kota Batu menjadi ramai dikunjungi wisatawan pada akhir tahun, kendaraan meningkat lebih dari 100 persen - WisataHits
Jawa Timur

Kota Batu menjadi ramai dikunjungi wisatawan pada akhir tahun, kendaraan meningkat lebih dari 100 persen

STEIN, KOMPAS.com – Pada Sabtu (24/12/2022) di Kota Batu, Jawa Timur, kepadatan lalu lintas kendaraan pada momen libur akhir tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mulai terlihat.

Kepadatan mulai terlihat pada pukul 17.00 WIB di dua titik yakni Jalan Ir Soekarno dan Jalan Raya Oro-Oro Ombo.

Di Jalan Ir Soekarno Anda bisa melihat sebagian besar kendaraan yang datang dari tempat wisata Jatim Park 3, lalu Jalan Raya Oro-oro Ombo yang didominasi kendaraan menuju Batu Night Spectacular.

Baca Juga: 10 Wisata Kota Batu dan Malang Saat Berkunjung Saat Libur Nataru

Kendaraan yang memenuhi Kota Batu mulai didominasi wisatawan yang menikmati liburan akhir tahun.

Terpantau ada kendaraan berpelat nomor luar kota seperti B dari Jakarta dan L dari Surabaya.

Peningkatan arus kendaraan di Kota Batu lebih dari 100 persen

Kasatlanta Batu AKP Lya Ambarwati mengatakan, hingga hari ini terjadi peningkatan kendaraan lebih dari 100 persen di Kota Batu. Padatnya arus kendaraan terlihat sejak sekitar pukul 10.00 WIB dini hari.

“Seperti di sekitar Alun-alun Kota Batu, lalu di depan JTP 3, di sekitar Pesanggrahan, Pandanrejo,” kata Lya, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga: Kalender Wisata Kota Batu 2023, Ada Festival Paralayang Internasional

Menurutnya, peningkatan tersebut karena tidak dibatasinya aktivitas masyarakat meski masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga minat masyarakat untuk berlibur ke Kota Batu meningkat.

“Jumlah kendaraan meningkat lebih dari 100 persen. Karena tidak ada pantangan. Jadi otomatis orang bisa bebas berlibur,” ujarnya.

Ilustrasi tempat wisata di Kota Batu, Alun-alun Kota Batu.SHUTTERSTOCK/FARIS FITRIANTO Ilustrasi tempat wisata di Kota Batu Alun-alun Kota Batu.

Ia juga mengatakan, saat ini Jalan Raya Giripurno bisa dilalui dengan sepeda roda empat dan bus atau truk. Perbaikan jalan di kawasan Jurang Susuh sudah dilakukan pihak terkait setelah terjadi keruntuhan beberapa waktu lalu.

Jalan Raya Giripurno juga bisa menjadi jalur alternatif bagi pengendara untuk mengurai kemacetan di Jalan Ir Soekarno. Selain itu, pihaknya menerjunkan sekitar 50 petugas Polres Batu untuk mengatur lalu lintas kendaraan bermotor.

Baca Juga: Hotel di Kota Batu Bakal Kebanjiran Reservasi Sebelum Nataru

“Jurang Susuh sudah dibuka, jadi bisa langsung ke Bendo Junction dari Karangploso. Lalu ada sekitar 50 orang dari Satlantas Polres Batu untuk mengatur lalu lintas termasuk posko operasi Lilin,” ujarnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button