Sensasi camping di lereng Gunung Merapi, Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten - WisataHits
Yogyakarta

Sensasi camping di lereng Gunung Merapi, Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten

RADARSOLO.ID – Sensasi berkemah di lereng Gunung Merapi bisa Anda rasakan di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Situs tersebut berada di ketinggian 1.216 meter di atas permukaan laut (MDPL) dengan jarak 4 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi.

Potensi alam desa Sidorejo sudah lama dikenal wisatawan dengan adanya kawasan Deles Indah. Selain itu juga menawarkan berbagai paket wisata salah satunya camping dengan pemandangan kabut yang cukup tebal di sore hari. Kondisi ini ditemukan saat memasuki musim penghujan seperti saat ini.

Setidaknya ada tiga tempat perkemahan yang disiapkan oleh desa. Salah satunya di kawasan hutan pinus yang cocok untuk rombongan karena ruangnya yang begitu luas. Selain itu, selama ini telah digunakan untuk berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan oleh berbagai sekolah dan instansi.

Ada juga perkemahan di lahan yang tidak jauh dari pemukiman penduduk. Cocok untuk rombongan pecinta alam dengan kapasitas hingga 40 orang. Bahkan tenda-tenda disiapkan dari desa dan berbagai perlengkapan yang disewakan oleh wisatawan.

Jika ingin berkemah di tengah hutan dengan keindahan alam yang masih terjaga, bisa juga. Anda bahkan harus mendaki di jalur yang telah disiapkan sebelumnya untuk sampai ke tempat itu. Tetap saja tidak melelahkan karena tidak seperti mendaki gunung karena jalurnya pendek.

Wisatawan yang ingin berkemah di kawasan Deles Indah harus membayar biaya sebesar Rp 15.000 per orang. Sewa tenda, di sisi lain, biayanya mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 35.000 selama 24 jam. Desa ini juga menyiapkan berbagai kebutuhan wisatawan selama berkemah.

“Saya juga tidak menyangka ketika diadakan Pekan Budaya Jalin Merapi awal Desember dengan bumi perkemahan ini, ternyata peminat tidak hanya datang dari Klaten. Tapi ada juga yang dari Sragen, Solo, Jogja dan Jakarta. Padahal dulu digratiskan, sekarang ada pungutan,” kata Sekretaris Desa Sidorejo (Sekdes) Ahmad Sulistyo kemarin (16/12).

Ahmad mengatakan berkemah di lereng Merapi merupakan sensasi lain. Kalau tidak akan ada kabut tebal di sore hari, dengan sedikit keberuntungan Anda bisa melihat puncak Gunung Merapi dari dekat saat cuaca cerah. Apalagi di pagi hari sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Di sisi lain, berkemah di desa Sidorejo menawarkan pemandangan kota Klaten dari ketinggian. Apalagi saat malam tiba, dihiasi dengan kelap-kelip lampu dari deretan rumah yang tampak mungil. Dari kawasan Deles Indah, wisatawan camping juga bisa melihat pemandangan matahari terbit.

“Untuk wisatawan camping dengan jalur trekking, kondisinya benar-benar masih alami. Tidak ada toilet sama sekali. Jadi kalau perlu buang air kecil dan buang air besar, bisa ke rumah-rumah warga,” ujarnya.

Ahmad mengungkapkan selain suasana camping, pihaknya juga menawarkan homestay bagi wisatawan. Setidaknya ada potensi 17 rumah dengan 8 kamar tidur dan lesehan untuk dimanfaatkan. Mereka bahkan menawarkan makanan besar sekitar Rp 10.000. (ren/adi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button