Bukit Jati Gentungan, wisata air favorit keluarga di Mamuju - WisataHits
wisatahits

Bukit Jati Gentungan, wisata air favorit keluarga di Mamuju

Bukit Jati Gentungan salah satu tempat wisata di mamuju yang cocok untuk liburan keluarga. Menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan banyak atraksi menarik.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Loada, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat; Kasus: Cek lokasi

Bukit Jati Gentungan merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan saat berada di Sulawesi Barat. Memiliki area yang luas serta dilengkapi dengan pemandangan alam dan panorama alam yang hijau melimpah dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata di Mamuju ini.

Keindahan bukit ini tidak hanya itu, dalam perjalanan menuju objek wisata ini, wisatawan akan disuguhi panorama menakjubkan pohon jati yang menjulang tinggi di sepanjang jalan. Di kawasan wisata ini terdapat pemandian dengan latar pegunungan yang tidak boleh dilewatkan jika Anda berkesempatan untuk berkunjung.

Saat ini objek wisata Bukit Jati Gentungan banyak diminati oleh wisatawan. Hal ini membuat objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung dan pada saat hari libur jumlah pengunjung yang datang akan bertambah. Selain sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini dapat digunakan sebagai sarana olahraga, pelatihan dan pendidikan.

Tempat Wisata Bukit Gentungan Jati

Objek wisata Bukit Gentungan JatiKredit gambar: Google Maps Ikhwan Mahmud

Bukit Jati Gentungan merupakan salah satu objek wisata perbukitan yang indah dengan fasilitas yang lengkap dan bervariasi di Mamuju. Perbukitan dan hutan jati dengan panorama yang indah seakan menutupi kawasan wisata ini sehingga pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu cukup lama disana.

Objek wisata ini memiliki luas empat hektar. Fasilitas yang wajib dicoba selama berkunjung adalah berenang. Berenang dengan latar belakang panorama alam yang indah, wisatawan akan mengalami persepsi yang berbeda. Tempat wisata ini cukup strategis.

1. Bukit dengan panorama yang menakjubkan

Udara yang masih segar dan dikelilingi perbukitan yang hijau dan asri membuat wisatawan yang datang merasakan suasana damai dan sejuk. Selain deretan perbukitan di kawasan wisata ini, terdapat hutan jati yang menambah pesona keindahannya. Ada berbagai jenis bunga yang tumbuh dan menghiasi tempat ini

2. Ketersediaan Fasilitas

Adapun fasilitas tempat wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas mulai dari fasilitas rekreasi, olahraga, pelatihan dan pendidikan. Wisatawan yang datang tidak hanya akan dimanjakan dengan keindahan alamnya, tetapi akan nyaman menetap berkat fasilitas yang ada.

3. Berenang bersama bukit

Di objek wisata ini, wisatawan bisa berenang sambil menikmati panorama alam yang mengelilinginya. Berenang dengan latar belakang pemandangan perbukitan hijau yang indah adalah kesempatan langka. Terdapat dua buah kolam renang dengan air yang jernih dan dilengkapi dengan seluncuran air.

Alamat dan Arah Lokasi Bukit Jati Gentungan

Alamat Bukit Jati GentunganKredit gambar: Google Maps Kazuga

Bukit Jati Getungan terletak di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat dengan alamat rinci di Desa Gentungan, Kalukku. Tempat wisata ini berjarak 2 km dari Bandara Tampa Padang dan kurang lebih 24 km dari pusat kota Mamuju. Akses perjalanan menuju Bukit Jati Gentungan relatif mudah.

Jika wisatawan berkunjung melalui jalur udara, Makassar telah menyediakan layanan penerbangan menuju kota Mamuju dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Bandara yang melayani penerbangan ke kota Mamuju di provinsi Sulawesi Barat adalah Bandara Mamuju (MJU).

Namun perlu dicatat bahwa jadwal penerbangan Makassar-Mamuju jarang terjadi dan dalam satu hari biasanya hanya satu kali penerbangan. Selain melalui jalur udara, objek wisata ini dapat ditempuh melalui jalur darat. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu lagi khawatir dengan transportasi menuju kawasan wisata ini.

Selain melalui jalur udara, objek wisata ini dapat ditempuh melalui jalur darat. Melalui jalur darat terdapat bus menuju Mamuju dengan jurusan Makassar-Mamuju dengan waktu tempuh kurang lebih 12 jam.

Bus ini dilengkapi dengan fasilitas mulai dari Wi-Fi yang menyediakan akses internet gratis, pendingin ruangan (AC), kursi empuk, bantal, selimut dan TV. Itu membuat wisatawan merasa nyaman dan tidak bosan, dan ada pohon jati yang indah di sepanjang jalan.

Pilihan transportasi lainnya, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewanya. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Ketersediaan angkutan umum di Kabupaten Mamuju masih sangat terbatas.

Transportasi umum yang dapat Anda temukan di lingkungan ini termasuk becak dan ojek. Penyewaan mobil tersedia di area pasar. Waktu tempuh dari Mamuju ke Jati Gentungan di Kalukku dengan kendaraan pribadi kurang lebih 10-15 menit.

Harga tiket masuk Bukit Jati Gentungan Mamuju

Harga Tiket Bukit Jati GentunganKredit Gambar: Google Maps Arief Setiawan

Untuk dapat masuk dan menikmati suatu objek wisata, umumnya akan dikenakan biaya masuk. Tiket masuk untuk menikmati liburan seru di Bukit Jati Gentungan ini cukup terjangkau yaitu Rp 10.000.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan memancing, di tempat wisata ini terdapat kolam ikan yang terletak di luar dekat pintu masuk. Untuk nelayan, wisatawan tidak perlu membayar atau gratis.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Jati Gentungan

Aktivitas di Bukit Gentungan JatiKredit gambar: Google Maps Randi Marfitra Mahmud

1. Istirahat dan bersantai

Suasana damai dan alami yang disediakan oleh objek wisata Bukit Jati Gentungan dapat membuat rileks para wisatawan yang datang. Panorama perbukitan hijau, bunga-bunga indah dan deretan pohon jati akan memanjakan mata pengunjung. Tak hanya itu, udara segar dengan udara segar menyempurnakan tempat wisata ini.

2. Nikmati wahana permainan

Selain berenang, wisatawan bisa menikmati aktivitas bermain air. Tempat wisata ini menawarkan wahana air yang bisa digunakan pengunjung untuk bersenang-senang.

3. Fotografi dan videografi

Bagi wisatawan yang menyukai fotografi atau videografi, panorama perbukitan dan hutan jati yang mempesona ini patut untuk di dokumentasikan. Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu tempat tanpa mengabadikannya dalam foto atau video.

Keindahannya yang luas sangat cocok sebagai latar belakang untuk mengambil foto atau membuat video. Di kawasan Bukit Jati Gentungan banyak terdapat tempat wisata Tugas yang sangat ideal untuk mengambil foto dan merekam video.

Hal yang perlu diingat adalah selalu menjaga alat yang digunakan untuk mengambil foto atau merekam video agar tidak terkena air. Untuk menghindari kerusakan alat.

4. Berenang

Aktivitas utama yang harus dilakukan saat mengunjungi tempat ini adalah berenang. Objek wisata ini memiliki dua buah kolam yang dapat digunakan wisatawan untuk berenang atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air.Berenang dengan latar belakang panorama alam hijau yang mempesona memberikan sensasi yang berbeda.

5. Memancing

Di kawasan Bukit Jati Gentungan terdapat kolam ikan yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menyalurkan hobi memancingnya.

6. Institusi pendidikan

Selain sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini dapat dijadikan sebagai tempat belajar. Bagi yang mungkin bosan dengan suasana belajar yang biasa-biasa saja atau ingin mencoba suasana belajar di tempat lain, tempat wisata ini bisa jadi solusinya. Ada fasilitas untuk pendidikan di sini.

7. Olahraga

Objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas olahraga mulai dari lapangan bulu tangkis hingga lapangan futsal terbuka sehingga wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan olahraga.

8. Jalan santai

Dengan ruang yang cukup luas, pengunjung dapat memanfaatkan kawasan wisata ini untuk jalan-jalan santai sambil meregangkan otot sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Jati Gentungan

Fasilitas Bukit Gentungan JatiKredit gambar: Google Maps Thomi SL

Fasilitas yang tersedia di sekitar kawasan wisata Bukit Jati Gentungan antara lain fasilitas rekreasi, fasilitas olahraga, fasilitas pelatihan dan fasilitas pendidikan. Objek wisata ini memiliki kolam renang sebagai sarana rekreasi, pelatihan dan olahraga.

Ada dua kolam renang besar yang terbagi menjadi kolam anak-anak dan kolam dewasa. Kolam renang terbuka dan semi jalan air. Selain kolam renang, objek wisata ini memiliki lahan sebagai sarana olahraga mulai dari lapangan futsal terbuka, lapangan bulu tangkis dan lapangan tenis.

Sebagai sarana edukasi, objek wisata ini menawarkan ruang belajar yang dilengkapi dengan meja belajar, papan tulis, laptop, Sistem suara, LCD dan proyektor dengan kapasitas 100 orang. Agar siswa dapat merasakan suasana belajar yang berbeda dari hari-hari biasanya, akan sangat seru dan menyenangkan.

Bagi yang ingin bermalam, wisatawan bisa menyewa penginapan. Beberapa pilihan akomodasi yang dapat digunakan wisatawan antara lain dua cpondok, empat vila dan asrama. Bagi wisatawan yang ingin menginap di hotel ini terletak di pusat kota Mamuju. Untuk akomodasi, harga bervariasi tergantung pilihan.

Tidak sampai disitu saja, di kawasan ini terdapat kolam ikan dengan ikan yang siap ditangkap, yang bisa digunakan wisatawan untuk memancing. Kolam ikan tersebut memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, terdapat sungai dengan air yang cukup jernih, dan bagi wisatawan yang suka bernyanyi disediakan karaoke.

Di kawasan wisata Bukit Jati Gentungan terdapat gazebo atau bale bengong sebagai tempat para wisatawan bisa menghabiskan waktu istirahat atau mengobrol santai sambil menikmati alam.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di kawasan wisata ini seperti kamar mandi, tempat ibadah dan tempat penyimpanan kendaraan. Tersedianya fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan puas, nyaman dan aman selama berada di tempat wisata ini.

Berikut beberapa informasi menarik tentang tempat wisata, fasilitas, alamat dan rute perjalanan ke tempat wisata Bukit Jati Gentungan. Jika Anda berada di Mamuju, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang megah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button