Pantai Bunaken, surga bawah laut yang luar biasa di Manado - WisataHits
wisatahits

Pantai Bunaken, surga bawah laut yang luar biasa di Manado

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kota Manado, Sulawesi Utara; Kasus: Cek lokasi

Sepertinya hampir semua orang tahu nama Bunaken, terutama orang Manado Indonesia. Tak hanya masyarakat Indonesia, suguhan yang ditawarkan Bunaken mampu membuatnya dikenal luas oleh masyarakat global. Seperti pancaran kecil yang datang dari Bunaken berupa sebuah pantai bernama Pantai Bunaken dengan sejuta keindahan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata saja.

Pantai indah yang terletak di kawasan Pulau Bunaken ini menawarkan pesona keindahan di atas rata-rata. Lokasinya sangat cocok jika dijadikan tempat khusus bagi mereka yang mencari liburan di tengah kelezatan alam yang eksotik. Tak hanya itu, pantai ini juga cocok bagi para pecinta diving. Berbagai hal yang terdapat di pantai Sulawesi bisa dikatakan sempurna

Wisatawan yang datang tidak akan menemukan sedikit pun sisi tontonan yang tidak menarik. Sejauh mata memandang, hanya ada keindahan yang akan membuat wisatawan tertawa. Pasir putihnya seperti gumpalan gula yang tersapu lembut oleh ombak kecil laut biru. Airnya yang jernih juga tak malu memamerkan ikan-ikan kecil berhiaskan terumbu karang.

Atraksi Pantai Bunaken

Aktivitas Pantai BunakenKredit Gambar: Instagram Taman Nasional Bunaken

Berbicara tentang objek wisata Pantai Bunaken tentunya merupakan hal yang sangat mudah untuk dibahas. Pasalnya, objek wisata alam ini telah menjadi destinasi wisata dunia bahkan menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Jadi jika Anda bertanya-tanya tentang daya tariknya, itu adalah kenyamanan. Berbagai aset yang menjadi daya tarik utama pantai ini akan memanjakan pengunjung.

1. Ikan kecil dan terumbu karang

Anda bukan penyelam sejati jika belum pernah menyelam di sini. Pantai yang terletak di Pulau Bunaken ini menyimpan kemegahan biota laut dari airnya yang jernih. Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis ikan kecil saat menyelam di sini. Tidak hanya ikan kecil, paus dan lumba-lumba juga bisa dilihat oleh wisatawan. Selain itu, terumbu karangnya masih sangat terjaga dengan baik.

2. Pasir putih dan gradasi air laut

Bagaikan pemandangan tak berujung, inilah yang ditawarkan laut dari Pantai Bunaken. Pemandangan lautan luas dengan nuansa biru tosca dan hijau akan memandu wisatawan untuk merasakan lembutnya pasir yang terhampar di pantai ini. Meski tempatnya tidak terlalu besar, panorama alam yang disuguhkan di sana memang sangat mempesona bagi semua orang. Luar biasa bukan?

3. Pulau Gunung Manado Tua

Pulau Manado Tua sebenarnya merupakan daratan yang hampir menyerupai gunung, itulah sebabnya pulau ini sering disebut gunung. Traveler yang asik dengan pesona hamparan laut yang luas dari pantai ini tentu bisa dengan mudah menemukan Pulau Gunung Manado Tua. Dengan demikian, keindahan laut akan semakin terpancar berkat keberadaan gunung tunggal ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai BunakenKredit Gambar: Kamera Instagram

Keinginan total untuk berkunjung ke sini bukanlah jenis penyakit yang harus diwaspadai, melainkan pertanda Anda mabuk karena keindahan Pantai Bunaken. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui secara pasti lokasi objek wisata alam ini. Pantai eksotis ini terletak di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, tepatnya di Kecamatan Wori, Kota Manado.

Rute menuju ke pantai ini mungkin sulit atau tidak, tergantung pengunjungnya. Wisatawan dapat memulai perjalanan dari kota Manado dengan menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 1h30. Memang cukup lama, namun sepanjang perjalanan wisatawan tidak akan bosan karena suguhan yang ditawarkan.

Setelah sampai di Bandara Internasional Sam Ratulangi, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan ITC Marina Plaza yang terletak di Manado. Karena lokasi pantai yang berada di depan Pulau Sulawesi mengharuskan wisatawan untuk menyeberangi lautan menuju Pulau Bunaken untuk kemudian mencapai pantai tujuan. Sepertinya memang agak membosankan.

Wisatawan yang melakukan perjalanan dari pelabuhan menuju Pantai Bunaken akan memakan waktu 45-60 menit perjalanan. Penyeberangan ini berlangsung menggunakan perahu kecil yang dapat dinaiki oleh beberapa penumpang. Wisatawan juga tidak akan bosan, karena warna air laut biru yang luas akan menghiasi mata wisatawan saat menuju ke tempat tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai BunakenKredit Gambar: Instagram menangani Tripkoo | portal perjalanan

Pantai Bunaken yang menjadi destinasi wisata alam kelas dunia menawarkan pemandangan yang tiada duanya. Jika perlu ditukar dengan uang nominal sebagai biaya transportasi, tidak masalah. Apalagi jika biaya transportasi ini sudah termasuk peralatan snorkeling yang bisa digunakan wisatawan untuk olahraga diving di pantai ini.

Wisatawan bisa menyiapkan dana mulai Rp 150.000 sebagai biaya sewa perahu dari pelabuhan menuju pantai. Sedangkan bagi wisatawan yang tidak ingin repot bisa menyewa paket liburan seharga Rp.makanan, parkir, air mineral hingga peralatan snorkeling.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Bunaken

Aktivitas di Pantai BunakenKredit Gambar: Tur Instagram Bunaken | Wisata Manado

1. Terapung dengan ikan-ikan kecil dan terumbu karang

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi Pantai Bunaken adalah menyelam. Seolah-olah merupakan ritual wajib, wisatawan tidak akan merasa rugi jika menyelam di sini. Wisatawan bisa melihat bagaimana ikan-ikan kecil mengapung dan bersembunyi di balik terumbu karang yang masih sangat alami. Warna-warna cerah dari ikan kecil ini menyerupai kupu-kupu di dalam air.

2. Jelajahi setiap jengkal keindahan pantai

Seperti kebanyakan pantai yang memiliki masa pasang surut, itulah yang terjadi dengan pantai ini. Pada malam hari, wisatawan dapat berjalan-jalan di sepanjang laut yang surut sambil melihat benda-benda laut seperti karang. Ditemani semilir angin malam yang sejuk, wisatawan akan sedikit terhipnotis saat menyusuri pasir pantai ini pada malam hari. Penasaran? Merasakannya!

3. Menikmati sunset di balik gunung Pulau Manado Tua

Menutup rangkaian tamasya di pantai ini menikmati sunset merupakan kegiatan yang sangat cocok untuk dilakukan. Wisatawan bisa menyiapkan kursi kecil di atas pasir putih yang lembut kemudian duduk di atasnya sambil mengagumi lukisan indah yang telah dipoles oleh Yang Maha Kuasa. Belum lagi jika ditambah dengan pemandangan pulau Gunung Manado Tua yang semakin menambah pesona megahnya.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai Pantai BunakenKredit gambar: Google Maps Arto Moro Bunaken

1. Arto Moro Bunaken

Hostel bergaya pantai tropis ini memang sangat cocok berada di sekitar pantai Bunaken. Ada juga kafe dengan harga makanan yang terjangkau di sini. Lokasinya yang berada di gerbang Bunaken mampu menarik siapa saja untuk bermalam di sini. Fasilitas yang disediakan juga tidak main-main, hostel ini memiliki parkir gratis, restoran, kamar ber-AC.

2. Resor Dua Ikan Bunaken

Hostel selanjutnya yang bisa dijadikan tempat menginap bagi pengunjung pantai adalah Two Fish Resort Bunaken. Hostel ini terlihat sangat asri ditunjang oleh rerimbunan pepohonan yang tumbuh. Apalagi kolam renangnya yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selama menginap di sini, pengunjung akan merasa sangat puas dengan sajian alamnya.

3. Resor Menyelam Taman Laut Bunaken

Hostel yang berbentuk seperti bungalow ini juga tidak mau kalah dengan hostel sebelumnya. Konsep alam dengan pepohonan dan rerumputan yang menghiasi hampir seluruh area membuat udara segar begitu terasa. Menyajikan makanan lezat, kamar-kamar yang dirancang dengan baik dapat dinikmati oleh wisatawan selama menginap di Bunaken Sea Garden Dive Resort.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai BunakenKredit gambar: Google Maps Simon Rajagukguk

Obyek-obyek wisata yang sudah terkenal di telinga asing membuat Pantai Bunaken memiliki fasilitas yang tergolong lengkap dan memadai. Berbagai fasilitas yang tersedia di sini seperti fasilitas kelas, tidak seperti fasilitas kecil lainnya. Wisatawan akan benar-benar dimanjakan dengan fasilitas yang tersedia di pantai ini saja. Berikut adalah berbagai fasilitas yang tersedia di Bunaken.

Menyelam bersama biota bawah laut merupakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Wisatawan dapat menyewa peralatan menyelam dengan kamera bawah air tahan air. Sehingga wisatawan bisa menyelam sambil mengabadikan momen tersebut. Pemandu juga akan menemani Anda. Bagaimana tidak menarik bahwa pantai ini telah difasilitasi oleh hal-hal penting tersebut.

Selain alat snorkel, wisatawan juga bisa merasakan wahana berupa perahu dan speedboat. Adanya fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menjelajahi hamparan pantai laut. Tidak berhenti sampai di situ, berbagai macam hostel dengan tipe yang berbeda juga tersedia di sini. Dengan demikian, wisatawan tinggal memilih jenis akomodasi yang ingin disewa sesuai dengan penerimaan pengunjung.

Ini adalah beberapa ringkasan kecil dari Pantai Bunaken. Sebuah pantai kelas dunia yang sangat mendunia. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bangga dengan keberadaan Bunaken. Bahkan, Bunaken ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Tugas kita selanjutnya adalah mengurus semua yang ada di Bunaken. Besar!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button