Candi Mangkunegaran Direvitalisasi, Erick Thohir dan Gibran Yakinkan Solo Jadi Kota Wisata Berkelanjutan - WisataHits
Yogyakarta

Candi Mangkunegaran Direvitalisasi, Erick Thohir dan Gibran Yakinkan Solo Jadi Kota Wisata Berkelanjutan

Candi Mangkunegaran Direvitalisasi, Erick Thohir dan Gibran Yakinkan Solo Jadi Kota Wisata Berkelanjutan

Memuat…

Menteri BUMN Erick Thohir, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan KGPAA Mangkunegoro X Bhre Cakra Hutomo Wira Sudjiwo saat peresmian Taman Pracima Pura Mangkunegaran. Foto/Adalah

SOLO – Menteri BUMN Erick Thohir yakin Solo akan menjadi kota wisata yang berkelanjutan setelah merevitalisasi Candi Mangkunegaran. Hal itu disampaikannya saat menghadiri peresmian Taman Pracima atau Pracima Tuin di Kompleks Candi Mangkunegaran.

Revitalisasi Taman Pracima merupakan bentuk dukungan BUMN dalam menjaga semangat cinta sejarah bangsa, mencintai kekayaan budaya lokal, menggerakkan perekonomian nasional dan memperkuat kunjungan wisatawan domestik.

Baca Juga: Erick Thohir Sowan Sri Sultan, Bahas Progres Tol Jogja-Solo

“Ini bagian dari upaya menjadikan Solo sebagai kota wisata yang berkelanjutan kembali,” kata Erick Thohir saat berbicara, Sabtu (21/2023).

Menurut Erick, kepemimpinan KGPAA Mangkunegaran X saat ini bisa menjadi bagian dari konstruksi sejarah dan budaya Jawa. “Membangun sejarah dan budaya Jawa yang kadang terlupakan seiring berjalannya waktu,” kata Erick.

Menteri BUMN juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan BUMN yang terlibat dalam proses revitalisasi Candi Mangkunegaran. “Terima kasih atas kerja sama Anda. Bagaimana kita bisa membangun cerita yang bertahan lama. Apa yang dulu tidak bisa dinikmati kini bisa dinikmati bersama,” kata Erick.

Sebelum revitalisasi Taman Pracima, Erick juga telah memimpin upaya revitalisasi lokomotif Mak Itam di Sumatera Barat, dibangun dan berganti nama menjadi Sarinah, serta mulai merevitalisasi kawasan Sanur Bali.

Baca Juga: Keindahan Pura Mangkunegaran, Tempat Pernikahan Kaesang dan Erina

Gerakan mempercantik Taman Pracima sudah dimulai sejak 2022. Dalam tinjauan November 2022, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan KGPAA Mangkunegoro X mengisyaratkan revitalisasi ini bisa bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah.

Kebangkitan Taman Pracima terinspirasi dari taman kerajaan yang dibuat pada masa pemerintahan Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (SIJKGPAA) Mangkoenagoro VII.

Nama Taman Pracima berarti taman di wilayah barat. Sesuai dengan letak tamannya yaitu berada di kawasan barat Pura Mangkunegaran. Kebangkitan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan budaya Jawa, khususnya Mangkunegaran yang lestari.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button