Tembus kecepatan 300 km/jam, uji coba kereta api ekspres Jakarta Bandung tetap lancar - WisataHits
wisatahits

Tembus kecepatan 300 km/jam, uji coba kereta api ekspres Jakarta Bandung tetap lancar

Tembus kecepatan 300 km/jam, uji coba kereta api ekspres Jakarta Bandung tetap lancar

Piknikdong.com – Kereta cepat Jakarta-Bandung terus meningkatkan kecepatan uji cobanya, dimana saat ini kecepatannya sudah mencapai 300 kilometer per jam.

Uji coba dilakukan dengan menggunakan CIT atau Kereta Inspeksi dan dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Deputi Koordinasi Pertambangan dan Penanaman Modal Kemenkomarves Hario Seto, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajarannya yang terkait.

Kereta cepat Jakarta Bandung tembus 300 km/jam, pengujian berjalan lancarKereta Cepat Jakarta Bandung Tembus 300 km/jam, image by: kcic.co.id

Corporate Communications Manager KCIC Emir Monti mengatakan, top speed tersebut dicapai berkat perbaikan infrastruktur seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan safety factor, serta monitoring dan evaluasi yang terus dilakukan secara rutin.

“Tes hari ini berjalan dengan sangat baik meskipun lapangan KCJB diguyur hujan.

Dalam pengujian hari ini, kereta inspeksi KCJB mampu menembus kecepatan hingga 300 km/jam dengan sangat stabil.

Secara bertahap kami akan terus meningkatkan top speed,”

kata emir.

Keberhasilan uji coba mencapai 300 km/jam dengan aman dan lancar merupakan kemajuan yang baik dalam tahap persiapan pengoperasian KCJB.

Pengujian akan terus dilakukan dengan sangat hati-hati dan kecepatan KCJB akan ditingkatkan secara bertahap dari kecepatan operasional maksimum 350 km/jam menjadi kecepatan maksimum teknis 385 km/jam.

Sebagai moda angkutan umum, KCJB tentunya akan menerapkan standar keselamatan yang tinggi untuk memberikan rasa aman kepada seluruh penumpangnya.

KCIC dan Kementerian Perhubungan juga terus mempersiapkan sertifikasi sebagai tanda bahwa KCJB dioperasikan secara aman dan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan.

Dari sisi keamanan, KCIC juga telah bekerjasama dengan Polri untuk menjaga berbagai titik rawan gangguan.

Selain dari sisi operasional, KCIC juga terus melakukan persiapan di bidang SDM.

Rekrutmen dan pelatihan karyawan secara paralel terus dilakukan di berbagai daerah untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik di tanah air.

“KCIC bersama seluruh pemangku kepentingan terus fokus melakukan uji coba untuk memperkenalkan kereta cepat pertama di Asia Tenggara yang aman dan nyaman,”

dekat Emir.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button