Pantai Pangi Blitar - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Pangi Blitar – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Pangi Pantai di Blitar memiliki kecantikan siapa tetap hidup. Laut biru dengan ombak dan lembut, lembut pasir menguntungkan jadilah tempat yang menyenangkan dan menyegarkan.

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Krajan, Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Pangi merupakan salah satu potensi alam Blitar yang menawarkan eksotisme bahari yang menawan. Blitar sendiri memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga Anda bisa menemukan beberapa pantai lain yang selalu terhubung satu sama lain. Pantai ini sendiri berada di cekungan kecil yang dikelilingi bebatuan padat di sisi kanan dan kirinya.

Seperti karakteristik pantai-pantai lain di bagian selatan Jawa, ombak di sekitar pantai ini relatif besar. Namun, karena berbatasan dengan kolam karang, ombak di tempat wisata masih relatif aman untuk berenang atau bermain air. Pasir lembut yang terbentang di sepanjang bibir pantai bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Pantai Pangi masih cukup sepi pengunjung, dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Blitar. Namun keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Anda akan dibuat takjub dengan panorama alamnya yang mempesona. Pantai ini juga sedang dalam proses pengembangan sebagai destinasi unggulan, sehingga sebagian ekosistemnya masih alami dan belum terjamah oleh tangan manusia.

Atraksi Pantai Pangi

Aktivitas Pantai PangiKredit gambar: Google Maps cah domot

1. Panorama menawan di pantai

Tempat ini memiliki panorama yang menakjubkan dengan hamparan laut biru zamrud berpadu dengan langit yang cerah. Anda dapat menyaksikan ombak mengejar ke laut dan kemudian memecah pantai. Tak lupa keindahan batu karang yang berdiri kokoh di pinggir pantai semakin mempercantik pemandangan.

Jika cuaca cerah, matahari bersinar cerah dengan awan halus yang melayang. Keindahan ini bisa membuat Anda betah berlama-lama di Pantai Pangi. Belum lagi deretan panjang hutan pinus yang memberikan rasa kesegaran di kejauhan berkat hamparan hijaunya. Jika Anda beruntung, Anda mungkin menemukan beberapa spesies burung laut yang terbang di sekitar.

2. Suasana Tenang Dekat dengan Alam

Pantai ini masih tergolong sepi, sehingga cocok sebagai tempat liburan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu dengan tenang. Hanya ada suara ombak dan binatang pantai. Jauh dari kebisingan kendaraan dan polusi udara. Anda juga bisa merasakan lebih dekat dengan alam sambil menikmati keindahannya.

3. Pasir lembut untuk bersantai

Pantai Pangi memiliki pasir putih yang lembut. Saat melepas sandal, Anda akan merasa terhibur dengan hamparan pasir yang meluncur di atas jari kaki. Pasirnya bebas dari bebatuan yang menusuk, jadi aman meski Anda tidak memakai sepatu. Tapi hati-hati dengan batu atau binatang kecil.

4. Muara sungai dan kolam yang unik

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai PangiKredit gambar: Google Maps cah domot

Keunikan yang hanya bisa ditemukan adalah adanya danau yang berasal dari muara sungai. Meski dekat dengan pantai, air di danau ini payau. Interiornya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat ikan berenang secara langsung. Di sekitar danau, terdapat hutan bakau rimbun yang melindungi dari terik matahari.

5. Pemandangan cekungan dan karang

Karena Pantai Pangi sebenarnya merupakan bagian dari kawasan dalam relief cekungan, jika dilihat dari kejauhan akan terlihat pantai ini sedikit menonjol. Di sekelilingnya dikelilingi oleh karang yang tampak hijau karena ditumbuhi pepohonan. Bagian depan rentang ini akan terlihat seperti satu huruf U jika dilihat.

6. Spot Foto Pantai Terbaik

Di area pantai Anda akan menemukan banyak tempat yang bisa dijadikan lokasi pemotretan. Mulai dari dasar pantai yang biru dengan laut dan langit yang berpadu, Anda juga bisa mengambil dasar berbatu yang berdiri kokoh. Kamu juga bisa jalan-jalan ke seluruh pantai jika ingin mencari spot foto yang anti mainstream tapi instagenic.

Di pintu masuk objek wisata terdapat ikon yang bertuliskan ‘PANGI PANTAI; dengan huruf kapital. Biasanya pengunjung berfoto di spot ini karena memiliki ID yang menunjukkan lokasi pantai. Dan masih banyak lagi area lain yang bisa dijadikan spot foto. Jadi jangan lupa siapkan kamera anda saat ingin mengunjungi pantai ini.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Pantai Pangi

Alamat Pantai PangiKredit gambar: Google Maps Hengki Ozela

Secara administratif, pantai eksotis ini termasuk dalam wilayah Desa Tumpak Kepuh, Bakung. Untuk menuju ke sana, akses dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Pantai Pangi sudah terdeteksi di navigasi Google Maps sehingga pengunjung di luar area bisa mengikuti petunjuk arah yang diberikan.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Blitar, Jawa Timur, akan memakan waktu setidaknya 90 menit. Dari kota Anda, pergilah ke selatan menuju Kademangan. Dari sini, ikuti rambu yang mengarah ke pantai Tambakrejo. Jika sudah sampai di perempatan, maka ambil jalan menuju pantai Tambakrejo karena pantai ini satu jalur.

Mengikuti jalan, Anda akan sampai di desa Tumpak Kepuh. Setelah itu, lurus saja ke selatan hingga sampai di tempat parkir Pantai Pangi. Jalan menuju pantai ini sebenarnya cukup mudah, hanya saja sekitar 2 kilometer setelah perkampungan, jalannya agak sulit karena masih berupa aliran lahar. Akses ini cukup sulit untuk kendaraan roda 4, jadi sebaiknya hanya dinaiki roda 2.

Dalam perjalanan dari desa Tumpak Kepuh menuju lokasi pantai, Anda bisa melihat perkebunan milik warga sekitar yang didominasi dengan warna hijau yang menyegarkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi Blitar

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi BlitarKredit gambar: Media Adb Google Maps

Untuk bersantai di Pantai Pangi, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 8.000 per orang untuk tiket masuknya. Untuk anak-anak, terkadang gratis, terkadang setengah harga. Tarif ini berlaku untuk hari kerja dan akhir pekan. Pantai ini dibuka untuk pengunjung mulai pukul 05:00 pagi hingga sore hari (kecuali untuk acara camping).

Selain tiket masuk, Anda juga harus membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda 2, Anda harus membayar Rp 2.000 per kendaraan. Seperti halnya kendaraan roda 4, ada biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Tidak ada tarif per jam, jadi berapa lama pun Anda bermain di pantai, biaya parkir tidak akan naik.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pangi

Aktivitas Menarik di Pantai Pangi PantaiKredit Gambar: Materi Layanan Google Maps

1. Berenang dan permainan air

Bagi sebagian orang, mengunjungi pantai adalah hal yang sia-sia jika tidak berenang. Di Pantai Pangi, Anda bisa berenang sepuasnya karena ombak yang masuk ke cekungan tidak begitu besar, sehingga aman untuk aktivitas air. Namun, pengunjung harus berhati-hati untuk tidak berenang terlalu jauh, karena di laut lepas ombaknya jauh lebih besar.

Jika Anda tidak berani berenang, Anda selalu bisa menikmati sejuknya deburan ombak sambil bermain air yang menyapu bibir pantai. Menangkap ombak yang datang ke pantai sangat menyenangkan. Apalagi saat cuaca panas, ombak dingin menyejukkan kaki dan tubuh. Jadi siapkan baju ganti agar bisa bermain baik di air maupun di pantai.

2. Bersantai di pantai berpasir

Tak ingin lelah, Anda bisa bersantai di atas pasir putih yang lembut. Jika ingin berjemur, Anda bisa menyiapkan peralatan sendiri. Di pasir ini, anak-anak dapat bermain berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti membangun istana pasir, bermain bola dan lain-lain.

3. Jalan-jalan di pantai

Anda juga bisa berjalan di sepanjang pantai berpasir. Anda juga bisa menjelajahi area sekitar pantai yang masih sejuk karena ditumbuhi pepohonan, seperti pinus atau bakau. Jadi meski panas, kamu tetap bisa merasakan kesejukan di Pantai Pangi.

4. Berburu spot foto

Tak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke pantai ini hanya untuk mengambil foto terbaik. Pasalnya, hampir setiap sudut pantai memiliki panorama yang indah, sehingga menjadi objek yang tepat untuk pengambilan gambar. Spot foto yang paling sering digunakan adalah dasar laut dan karang.

5. Perkemahan

Pantai Pangi juga bisa dijadikan sebagai area camping yang asyik. Datarannya cukup datar tanpa bebatuan besar yang merepotkan. Pasirnya cukup lembut untuk dijadikan alas tenda. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang menghabiskan malam dengan berkemah di pantai. Selain itu, Anda juga dapat melihat matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan dari cakrawala.

Akomodasi Murah Di Sekitar Pantai Pangi

Akomodasi Murah Di Sekitar Pantai PangiKredit gambar: Google Maps tippi royhan

Pantai ini terletak di daerah pedesaan yang mayoritas penduduknya tidak bekerja di sektor pariwisata. Oleh karena itu, tidak ada asrama yang terletak di desa Tumpak Kepuh. Bagi wisatawan dari luar Blitar yang membutuhkan akomodasi, untuk sementara dapat menginap di hotel atau homestay di dalam kota. Berikut adalah beberapa rekomendasi.

1. Rumah Besar Blitar

Hotel ini terletak di pusat kota dekat dengan berbagai tempat wisata termasuk Pantai Pangi. Dari Grand Mansion ke lokasi pantai, akan memakan waktu setidaknya 60 menit jika jalanan macet. Jaraknya sendiri sekitar 23 km dihitung dari lokasi pantai. Fasilitas hotel ini lengkap dengan layanan 24 jam, wifi, mini bar dan lain-lain.

2. Kediaman Panderman

Panderman Residence juga dapat digunakan sebagai akomodasi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Pangi. Lokasi masih di perkotaan, dengan fasilitas lengkap seperti kamar yang luas, wifi, resepsionis 24 jam, restoran, dll. Jarak antara hotel ini dengan pantai kurang lebih 23,59 kilometer, dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum.

3. Kediaman Melati

Hostel ini juga berjarak 23 kilometer dari pantai. Fasilitas yang disediakan sangat sesuai dengan standar akomodasi, cocok untuk backpacker dan traveller keluarga. Untuk menuju pantai dari kediaman Melati, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

4. Indahnya Blitar

Hotel ini cukup dikenal oleh masyarakat Blitar dan wisatawan dari luar daerah. Fasilitas yang disediakan lengkap dan harga yang sesuai dengan kantong traveller. Untuk menuju Pantai Pangi dari hostel ini akan memakan waktu minimal 45-60 menit tergantung kondisi jalan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pangi Blitar

Fasilitas Pantai Pangi BlitarKredit gambar: Google Maps Neni Karunia

Pantai Pangi masih menjadi destinasi wisata alam dengan fasilitas yang kurang memadai. Namun, sudah ada toilet dan beberapa warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Pengunjung yang ingin makan bisa membelinya di sana dengan harga murah. Fasilitas lain yang tersedia antara lain area parkir, area bilas, rest area dan tempat ibadah.

Demikian ulasan mengenai Pantai Pangi di Blitar. Jika berkesempatan mengunjungi tempat kelahiran Bung Karno, jangan lupa mampir sejenak di pantai ini untuk menikmati eksotisme alamnya. Tempat ini juga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Kamu bisa menghabiskan waktu disana dengan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button