Air terjun Sarambu, air terjun 7 tingkat dengan pesona alam yang indah di Tana Toraja - WisataHits
wisatahits

Air terjun Sarambu, air terjun 7 tingkat dengan pesona alam yang indah di Tana Toraja

Air terjun Sarambu, air terjun 7 tingkat dengan pesona alam yang indah di Tana Toraja

Ternyata Kabupaten Tana Toraja memiliki destinasi wisata air yang indah yaitu Air Terjun Sarambu. Tempat indah ini mulai dipadati pengunjung.

Harga tiket: Rp4.000 Jam operasional: 08.00-14.00 WITA, Alamat: Kandua, Kec. Bittung, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Tana Toraja memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata budaya hingga wisata alam, seperti air terjun. Dalam bahasa Toraja, air terjun ini dikenal dengan nama Sarambu. Jadi, jangan heran jika banyak objek wisata bernama Curug Sarambu.

Beberapa yang paling terkenal adalah Sarambu Assing, Sarambu Marurun, Sarambu Marintang, Sarambu Tonapa dan Sarambu Ala di Toraja utara. Saya tidak ingin mengunjungi sarambu Yang? Simak ulasan Sarambu Marintang yang menawarkan atraksi istimewa berikut ini.

Diantara sekian banyak air terjun yang ada di Tana Toraja, nama Sarambu Marintang menjadi salah satu yang paling populer dan sering direkomendasikan. Ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, air terjun yang menjadi kebanggaan warga TPA Marintang Sim ini memiliki banyak kekhasan.

Objek wisata air terjun Sarambu

Objek wisata air terjun SarambuFoto oleh MicSecret di Google Maps

Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Curug Sarambu diantaranya :

✦ Mulai dari gua

Air terjun Marintang berasal dari sebuah gua kecil di puncak bukit. Di belakang goa terdapat sungai bawah tanah yang mengalirkan air yang cukup banyak. Lalu tepat di depannya ada batu raksasa dengan air yang mengalir melewatinya. Dari situ, air mengalir hingga terlihat seperti tirai lebar.

Panorama merupakan lapisan pertama dari air terjun yang terlihat seperti lukisan. Namun, dari dekat Anda bisa melihat tirai itu adalah air terjun yang mengalir.

✦ Terdiri dari 7 level air terjun

Salah satu keistimewaan Sarambu Marintang yang sering ditonjolkan adalah banyaknya lapisan air terjun yang terdiri dari 7 tingkat. Saking banyaknya, wisata alam ini kerap dijuluki Air Terjun Toraja 7 Tingkat. Tujuh tingkat terlihat seperti lapisan tirai sutra halus dengan ketinggian berbeda untuk setiap lapisan.

Di lapisan pertama, tingginya mencapai 8 meter. Bentuk lapisannya menyerupai teras-teras miring yang terbuat dari bebatuan cascading. Area tebing juga cukup landai. Namun ada juga yang bentuknya bergelombang. Perbedaan tingkat lapisan inilah yang membuatnya terlihat seperti air terjun yang mengalir dan terlihat begitu indah.

✦ Arus air gelombang besar dan kecil

Tidak hanya terdiri dari 7 level yang mengesankan. Air Terjun Sarambu Marintang juga memiliki gelombang arus air yang debitnya mengikuti alur bebatuan di setiap lapisannya. Dengan demikian, ada yang aliran airnya menghasilkan arus besar, tetapi ada juga yang hanya menimbulkan riak kecil dan aman sebagai titik tumpu.

Tinggi rendahnya ombak air terjun ini menjadi pemandangan alam yang begitu epik. Ditambah dengan bingkai batu besar dan vegetasi hijau di sekitar air terjun, menciptakan suasana alam yang teduh. Wisatawan bisa melepas penat dengan lebih tenang dan damai.

✦ Airnya sangat jernih

Daya tarik selanjutnya terletak pada kejernihan air terjun dan kesegaran udara didalamnya. Airnya terlihat begitu bersih dan jernih tanpa tercemar. Entah itu air yang tenggelam atau air yang mengalir dan bersarang di kolam di bawahnya. Ketika Anda menghirup udara di sana, juga sangat menyegarkan dan menenangkan pikiran Anda.

✦ Keindahan panorama alam sekitarnya

Mencari wisata instagrammable? Sarambu Marintang bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Selain menikmati pesona air terjun 7 tingkat, mata Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan alam yang mengelilinginya. Jika Anda melihat ke kiri dan ke kanan, Anda akan melihat hutan hijau, sawah dan bukit yang menjulang tinggi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun SarambuFoto oleh MicSecret di Google Maps

Sudah tidak sabar ingin melihat keindahan Air Terjun Sarambu Marintang? Datang saja ke tempat yang ada di Desa Kalean, Marintang Simbuang, Sulawesi Selatan. Desa ini masuk dalam wilayah Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja yang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Makale.

Jalan menuju air terjun 7 tingkat ini juga mudah dilalui. Baik dengan mobil maupun motor. Jika Anda memulai dari Kota Makale, pergilah ke selatan menuju Desa Pa’tengko. Kemudian belok kiri menuju area peluncuran Sim sampai Anda memasuki tempat parkir. Kemudian lanjutkan mendaki jalan setapak.

Di jalur tersebut, wisatawan akan melewati sejumlah kawasan tanggul dan ladang penduduk. Kemudian mendaki ke puncak bukit tempat air terjun tersebut berada. Untuk menuju air terjun, lanjutkan menapaki jalan tanah berundak. Pegang pagar bambu, karena biasanya cukup licin, terutama saat musim hujan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Selama ini Air Terjun Sarambu Marintang belum diresmikan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh instansi pemerintah maupun swasta. Jadi sebenarnya tidak ada tiket masuk ke sana, artinya gratis. Namun untuk mendukung pengelolaan air terjun yang dikelola secara swadaya oleh warga setempat, siapkan biaya sekitar Rp 4.000 per orang.

Berikan uang itu kepada manajer layanan di pintu masuk. Nantinya, wisatawan bisa langsung masuk ke kawasan wisata dan mengeksplorasi keindahan Sarambu Marintang. Jangan lupa siapkan uang tambahan jika ingin membeli makanan atau minuman untuk dijual disana nanti.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru di Air Terjun SarambuFoto oleh MicSecret di Google Maps

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Sarambu Marintang. Apalagi bagi wisatawan yang suka berpetualang di alam dan tak segan menjelajah ruang hijau. Seperti melakukan beberapa aktivitas seru berikut ini.

1. Bermain air sepuasnya

Hal yang paling seru saat pergi ke air terjun adalah bermain air. Nikmati pemandangan alam yang indah sambil bermain air bersama teman atau keluarga. Jangan ragu untuk turun ke kolam dan rasakan sensasi ditaburi air terjun yang mengalir dari atas. Atau sekadar bermain-main di kolam di bawah sambil menyaksikan 7 lapisan air terjun yang menakjubkan.

2. Ambil foto Ria

Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama teman atau keluarga saat berkunjung ke air terjun bertingkat ini. Berpose cantik dan jadikan keindahan air terjun sebagai background foto yang memukau. Jika Anda ingin mengambil gambar pedesaan atau mendaftar foto-foto bisa juga. Ada banyak pemandangan indah yang bisa diabadikan.

3. Jelajahi hutan sekitar

Setelah puas bermain air, coba jelajahi hutan di sekitar air terjun Sarambu Marintang. Tidak perlu jauh-jauh, cukup berkeliling sirkuit, telusuri jalur yang ada di sana. Perhatikan pohon dan tanaman di kedua sisi dan istirahatlah jika Anda merasa lelah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun SarambuFoto Venensius Fortunatus di Google Maps

Karena masih dijalankan seadanya oleh warga sekitar, fasilitas yang tersedia di Sarambu Marintang juga masih terbatas. Beberapa di antaranya adalah rest area, serta area parkir kendaraan roda dua dan empat. Ada juga sejumlah bangunan tidak permanen yang digunakan untuk menjual makanan dan minuman.

Kini Anda tidak perlu bingung menentukan destinasi wisata alam mana yang harus dijelajahi saat berkunjung ke Tana Toraja. Cobalah untuk mengunjungi Air Terjun Sarambu Marintang yang memiliki tujuh tingkatan air terjun yang menakjubkan. Ditambah lagi dengan hijaunya pepohonan yang meniupkan udara segar, membuat wisatawan semakin rileks.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button