Pantai Tambakrejo Blitar - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Tambakrejo Blitar – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Tambakrejo di Blitar termasuk pantai dengan pemandangan yang indah dan pasir putih bersih yang layak untuk dijelajahi saat berlibur.

Harga tiket: Rp6.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Saat Anda berkunjung ke Blitar, Anda akan sering mendapatkan rekomendasi untuk mengunjungi Pantai Tambakrejo. Pantai ini baru-baru ini menjadi populer, karena telah menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan. Padahal sebelumnya pantai ini sudah lama dibuka, namun baru saja mendapat pengelolaan yang baik dari pemerintah, sehingga menjadi pantai yang indah dan terawat.

Kini, dengan adanya pengelolaan dan pembaharuan pantai tersebut, namanya pun tak kalah terkenal dengan pantai-pantai di kawasan pemukiman Mandiri yaitu pantai Popoh dan Prigi yang terletak di kota Tulungagung. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini dalam waktu dekat, berikut adalah beberapa informasi menarik untuk dipertimbangkan.

Pantai Tambakrejo dikenal memiliki garis pantai yang panjang, bersih dan cukup nyaman sebagai destinasi wisata lokal. Dengan mengetahui informasi yang berbeda, Anda akan bisa datang ke sana dan mencoba berbagai aktivitas menarik yang direkomendasikan.

Daya Tarik Pantai Tambakrejo

Pantai TambakrejoKredit gambar: Google Maps Venom Neo

1. Bersihkan pantai

Pantai ini memiliki pasir putih bersih, dengan garis pantai sepanjang 10 kilometer. Jadi tempat ini recomended buat kamu yang suka aktivitas beach cruise. Pasirnya juga bebas sampah karena dikelola dengan baik dan pengunjung harus mengikuti aturan jika ingin berkunjung.

Panorama pantai yang indah ini menjadikannya tempat yang menyenangkan bagi Anda yang menyukai bidang fotografi. Pantai yang bersih juga ditunjang dengan birunya air laut, memberikan perpaduan warna alam yang menarik. Di tepi pantai terdapat tempat berteduh dengan pepohonan sebagai tempat peristirahatan.

2. Aktivitas manajer yang menarik

Pengelola pantai tidak hanya membuat pantai menjadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi, tetapi juga menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik untuk menarik wisatawan berkunjung ke pantai. Salah satunya adalah kegiatan budaya yang berlangsung rutin di pantai Tambakrejo.

Wisatawan juga bisa bermain air di pantai, namun dilarang berenang. Memang kontur pantainya mirip dengan pantai di wilayah Jawa Selatan, dengan ombak yang kuat di tengah laut, dikhawatirkan sebagian wisatawan terseret saat berenang dan tidak bisa tertolong.

3. Desa Nelayan

Jika Anda ingin melihat lebih dekat keadaan budaya dan sosial budaya di sekitar pantai ini, Anda bisa mengunjungi Kampung Nelayan yang letaknya tidak jauh dari pantai. Ada juga pasar ikan, di mana para nelayan menjual hasil lautnya dengan harga yang lebih terjangkau daripada membelinya dari pengepul.

Berkunjung ke Desa dan Pasar Nelayan perlu dilakukan pada pagi hari, karena saat ini para nelayan baru saja pulang dari melaut dan menebar mangsanya. Datang pada saat ini Anda akan mendapatkan kualitas yang lebih baik dan juga ikan segar. Menariknya, Anda bisa menyewa para nelayan untuk mengantar Anda menikmati suasana laut.

4. Fasilitas lengkap

Jika Anda ingin mengunjungi beberapa tempat wisata namun masih khawatir dengan fasilitas yang disediakan, jangan khawatir saat berkunjung ke Pantai Tambakrejo di Blitar. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari tempat ibadah, toilet umum, tempat makan, hingga penginapan yang tidak terlalu jauh.

Dengan fasilitas yang lengkap, semua kebutuhan wisatawan dapat terpenuhi dengan baik. Pengelolaan fasilitas juga dilakukan langsung oleh pengelola kawasan pesisir, agar kondisinya selalu baik, bersih dan siap pakai oleh pengunjung yang membutuhkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Tambakrejo

Alamat Pantai TambakrejoKredit Gambar: Google Maps Semua Hobi

Anda yang masih asing dengan kota Blitar selalu bisa dengan mudah menemukan lokasi pantai ini. Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Jawa Timur. Untuk mengakses pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Berikut adalah rute yang sering digunakan untuk menuju pantai ini.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, dari Blitar Anda bisa sampai ke terminal Kepanjen Lor. Dari sana, Anda naik angkutan desa ke Gawang. Dari Gawang ke pantai ini memakan waktu sekitar 2 jam, karena angkutan umum di desa ini sering macet.

Anda juga bisa menyewa mobil untuk menuju pantai ini, meski harganya jauh lebih mahal. Anda bisa menyewa di pusat kota Blitar kemudian menuju ke pantai Tambakrejo menggunakan pemandu dari sopir yang biasanya merupakan masyarakat setempat.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke pantai. Karena hanya berjarak 30 kilometer dari pusat kota dan Anda bisa mencapainya dengan rute yang lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Harga Tiket Masuk Pantai Tambakrejo BlitarKredit gambar: Google Maps Anisa Maghfiroh

Anda yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, hanya 6000 rupee untuk satu orang dan Anda bisa bermain dan menjelajahi pantai sepuasnya. Selain membayar tiket masuk, Anda juga harus membayar parkir, hanya 2 ribu rupiah untuk mobil dan seribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

Anda dapat mengunjungi Pantai Tambakrejo kapan saja dari pagi hingga malam hari. Buka 24 jam sehari, aktivitas pagi wisatawan biasanya terdiri dari bermain air, selfie dan menikmati pemandangan. Pada siang hari, banyak wisatawan yang beristirahat sambil mencicipi produk lokal yang dijual di sana.

Sedangkan jika Anda berkunjung pada sore hari, Anda bisa mendapatkan tempat yang menarik untuk melihat matahari terbenam. Kemudian di malam hari Anda selalu bisa bermain di pantai dan barbekyu bersama teman dan keluarga Anda. Tentunya dengan menghormati aturan yang ditetapkan oleh penanggung jawab pantai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tambakrejo

Aktivitas Menarik Pantai TambakrejoKredit gambar: Google Maps Yola Aida

1. Ambil Selfie

Seperti pantai lainnya, pantai modern ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Kamu bisa membuat selfie sendiri, hunting foto dan berbagai aktivitas fotografi lainnya. Spot yang bisa Anda gunakan sebagai background landscape juga beragam, mulai dari laut, pantai, dan berbagai tempat lain di sekitarnya.

Jika Anda ingin mendapatkan wawasan yang menarik tentang keadaan adat setempat, Anda dapat mengunjungi kawanan di desa nelayan dan menghadiri acara budaya yang diselenggarakan oleh pengelola pantai dalam jangka waktu tertentu. Jadi, selain mendapatkan bidikan natural, Anda juga mendapatkan bidikan budaya yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

2. Lihat penawaran Laut Larung

Jika Anda tertarik dengan budaya dan kearifan lokal, mampir saat sesajen di Pantai Tambakrejo adalah suatu keharusan. Kegiatan budaya ini masih dilakukan secara rutin pada bulan Muharram setiap tahunnya. Tidak hanya ramai dengan penduduk lokal, tetapi juga ramai dengan turis manca negara dan manca negara.

Selama acara, Anda akan melihat berbagai tarian eksotis dengan iringan dua tumpeng besar. Tumpeng berisi nasi, pelengkap, serta beberapa produk tambahan. Selain itu, dua kerucut akan dibuang atau dicuci ke laut sebagai persembahan kepada Penjaga Pantai.

3. Bermain air

Meskipun Anda bisa bermain air di pantai, Anda hanya sebatas bermain di pantai. Tidak ada permainan air yang biasa Anda temukan di pantai umum, seperti banana boat atau kayo. Memang pantai Tambakrejo memiliki garis pantai yang curam.

Ombak di tengah cukup deras, sehingga wisatawan tidak diperbolehkan berenang terlalu jauh ke arah tengah. Memang letak pantainya dekat dengan Laut Selatan, dan konturnya mirip, sehingga dikhawatirkan akan terjadi pasang surut yang akan menarik wisatawan menjauh.

4. Beli ikan langsung dari pemancing

Jika ingin mencicipi ikan segar dan segar, jangan ragu untuk mampir ke pasar ikan di Kampung Nelayan. Berbagai jenis ikan bisa Anda temukan di sana dengan harga yang cukup terjangkau, karena Anda membelinya langsung dari para nelayan yang memancing.

Anda dapat membawa pulang ikan ini sebagai oleh-oleh, atau Anda juga dapat menggunakannya untuk barbekyu di pantai bersama teman-teman. Jika Anda ingin barbekyu, Anda dapat membeli peralatan dan bumbu di sana secara bersamaan.

Penginapan murah di sekitar pantai Tambakrejo

Penginapan murah di sekitar pantai TambakrejoKredit Gambar: Google Maps E Hartono

Jika Anda ingin bermalam setelah puas bermain di pantai ini, ada beberapa rekomendasi tempat menginap yang bisa Anda pertimbangkan. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

1. Keluarga angkat Mbah Suyut

Hostel ini terjangkau dan cocok untuk Anda yang ingin tidur nyaman dengan budget terbatas. Mendapatkan banyak review positif dari pengguna, homestay ini terletak tidak jauh dari pantai Tambakrejo.

2. Wisma Mitra Bahari

Jika Anda mencari akomodasi di dekat pantai, ini adalah tempat yang paling direkomendasikan. Harga terjangkau, kamar dan pelayanan bagus, dan lokasi tidak jauh dari pantai.

3. Villa Puncak Pantai Tambakrejo

Bagi Anda yang lebih menyukai tempat yang tenang untuk beristirahat dan menginap, Anda dapat mempertimbangkan Villa Puncak. Review yang ditinggalkan oleh pelanggan sebelumnya cukup memuaskan, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan pelayanan yang diberikan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tambakrejo Blitar

Fasilitas Pantai Tambakrejo BlitarKredit gambar: Google Maps Kukuh Ari Pambudi

Fasilitas yang disediakan di pantai ini cukup lengkap, untuk memudahkan Anda mengenalinya, berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan dengan mudah di pantai ini, khususnya:

Tenda dan peneduh sederhana di dekat pantai, jadi Anda bisa berteduh jika berkunjung di siang hari dan cuaca terlalu panas.

Parkir luas dan aman, baik untuk motor, mobil maupun bus. Perahu nelayan yang bisa Anda sewa untuk membawa Anda ke laut, food court yang menjual aneka olahan seafood, mushola, dan juga kamar mandi untuk umum.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang apa yang dapat Anda lakukan di Pantai Tambakrejo dan beberapa informasi tambahan. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, ada baiknya anda datang pada pagi hingga sore hari jika menggunakan kendaraan umum, karena setelah gelap, angkutan umum berhenti bekerja.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button