Pantai Legendaris Parangtritis Yogyakarta - WisataHits
wisatahits

Pantai Legendaris Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis merupakan ikon kota Yogyakarta yang terkenal dengan mitos-mitosnya yang melegenda.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp 10.000.00
Nomor telepon:
Aktivitas: Bermain air, berfoto, menerbangkan layang-layang, bermain sepeda gunung, melihat pemandangan, melihat sunset, naik kereta kuda
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, air minum, makanan, baju ganti, perlengkapan mandi, sandal
Larangan: Dilarang memakai baju hijau, dilarang berbicara tidak sopan
Alamat: Kretek, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas umum: Toilet, Area Parkir, Ruang Binatu, Masjid, Pos Pengamatan SAR, Akomodasi, Warung makan
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Berbicara tentang kota Yogyakarta, siapa yang tidak mengenal kota yang satu ini? Kota ini terkenal dengan keistimewaannya. Sejak awal, kota ini menjadi magnet bagi para pelajar yang ingin menuntut ilmu di kota Yogyakarta. Untuk kota ini dijuluki sebagai kota pelajar karena banyak sekali pelajar dari luar kota bahkan manca negara yang berduyun-duyun belajar disini.

Selain itu, tahukah Anda bahwa Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang layak Anda kunjungi dan jadikan tujuan wisata Anda. Tempat wisata ini mulai dari pegunungan, pantai, laut, hutan dan masih banyak lagi.

Untuk kesempatan kali ini kami dari tim Dolanyuk akan membahas sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di kota Yogyakarta. Objek wisatanya adalah Pantai Parangtritis.

Sekilas tentang Pantai Parangtritis

Jika Anda berlibur ke Yogyakarata, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi pantai ini. Pantai ini terletak di selatan kota Yogyakarta dan sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat bagus, apalagi jika Anda mengunjunginya pada sore hari. Hamparan pantai yang luas, deburan ombak menambah keindahan pantai ini.

Apalagi pantai ini juga sangat erat kaitannya dengan Legenda Ratu Kidul. Legenda tersebut diyakini oleh sebagian besar masyarakat Yogyakarta. Nyai Roro Kidul dikenal sebagai penguasa pantai selatan.

Alamat

Pantai ini terletak di Kretek, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda kurang puas mengunjungi satu tempat wisata, anda bisa mengunjungi tempat wisata lain di sekitar pantai ini. Tempat wisata tersebut adalah Bukit Parang Endog yang terletak di perbukitan di sebelah timur pantai ini. Dari sana Anda dapat menikmati pemandangan dari ketinggian, dan Anda dapat menikmati matahari terbenam.

Bukit pasir berada di pesisir utara, Anda bisa merasakan sensasi berada di gurun pasir Arab. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, seperti berfoto atau bermain sand boarding. Selain itu, ada juga Pantai Depok. Nah untuk yang satu ini cocok buat kamu yang sedang lapar, karena disini ada pasar ikan hasil tangkapan para nelayan. Ada juga banyak warung makan yang menyajikan makanan laut.

Biaya masuk

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

Untuk biaya parkir kendaraan roda 2 dikenakan biaya sebesar Rp 2000,- dan untuk kendaraan roda 4 dikenakan biaya sebesar Rp 5000.

Jam operasional

Anda bisa mengunjungi pantai ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, namun tidak jarang wisatawan mengunjungi pantai ini pada malam hari.

Daya tarik

Seperti tempat wisata yang ada, pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Matahari terbenam

Jika anda berkunjung pada hari yang cerah, anda dapat menikmati indahnya sunset yaitu matahari terbenam di ufuk barat dengan warna jingga yang sangat indah. Tak heran jika momen ini menjadi momen yang banyak ditunggu oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke sini.

Pengangkutan

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa naik kereta api yang banyak disewakan di sini. Anda bisa menyisir pantai menggunakan kereta kuda, ini pasti akan menambah keseruan liburan Anda.

Bermain layang-layang

Angin pantai yang kencang sangat cocok untuk Anda dan keluarga bermain layang-layang bersama. Anda juga tidak perlu khawatir untuk membawa layang-layang sendiri dari rumah, karena di pinggir pantai banyak terdapat pedagang yang menjual layang-layang.

Tak jarang pantai ini juga dijadikan sebagai ajang kompetisi atau festival layang-layang yang diikuti oleh para pecinta layang-layang dari dalam dan luar negeri. Jika Anda datang ke sini saat festival layang-layang, Anda akan melihat berbagai jenis layang-layang dari yang terkecil hingga yang terbesar di udara menghiasi langit biru pantai ini.

Eksplorasi pantai menggunakan ATV

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mengendarai ATV, Anda bisa menyewa ATV untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai. Hembusan angin dan cipratan air pasti akan menambah keseruan Anda saat mengendarai ATV.

permainan air

Seperti di pantai lainnya, Anda juga bisa bermain air di pantai. Namun, karena ombaknya yang dikenal ganas dan memakan banyak korban, sangat disarankan untuk tidak berenang di pantai.

Baca juga: Pantai Sadranan

Legenda

Memang banyak yang percaya bahwa pantai ini adalah pintu gerbang kerajaan sakti Ratu Kidul. Wilayah Ratu Kidul yang menguasai ombak Samudera Hindia. Dan memiliki istana yang sangat megah di jantung lautan. Kisah ini semakin diperkuat dengan ganasnya ombak pantai ini yang bisa mencapai 7 meter. Gelombang tidak mengambil beberapa nyawa.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, Ratu Kidul adalah pasangan spiritual raja-raja Mataram atau Yogyakarta yang memiliki hubungan khusus. Seperti Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang mengaku pernah bertemu dengannya.

Pantai ini juga termasuk dalam satuan Trimurti Daerah Istimewa Yogyakarta. Trimurti terdiri dari Gunung Merapi yang berada di utara kota Yogyakarta, Keraton yang berada di jantung kota dan Parangtritis yang berada di selatan kota Yogyakarta. Yang ketiga adalah sisi mistis kota Yogyakarta.

Mitos

Terkait juga dengan cerita di atas, banyak orang yang percaya bahwa pantai ini adalah pintu gerbang kerajaan magis yang diperintah oleh Ratu Kidul. Mitos yang beredar di masyarakat adalah Nyai Roro Kidul sangat menyukai hal-hal yang hijau. Menurut kesaksian orang yang memiliki penglihatan gaib, ia juga mengenakan ansambel kebaya berwarna hijau.

Percaya atau tidak, pengunjung yang memakai baju hijau akan mengalami nasib sial atau bahkan kehilangan nyawa. Konon ceritanya digambar oleh Nyai Roro Kidul dan menjadi abdi di alam gaib Ratu Kidul.

Terlepas dari semua mitos di atas, setiap orang harus berhati-hati saat mengunjungi pantai ini. Dan selalu membaca doa-doa sesuai keyakinan masing-masing sebelum bepergian atau melakukan aktivitas apapun. Dan selalu jaga sopan santun dimanapun kalian berada.

Meredakan

Wisata tepi laut ini juga memiliki fasilitas yang dapat Anda gunakan dan menambah kenyamanan Anda selama berkunjung ke sini, seperti:

  • Toilet
  • tempat parkir
  • ruang bilas
  • ruang sholat
  • pos pengamatan SAR
  • Akomodasi
  • warung makan

Bagi Anda yang ingin menginap dan melanjutkan liburan di sini, Anda tidak perlu khawatir, karena di sini tersedia banyak hostel yang bisa Anda pilih. Ada juga hostel yang lebih besar seperti Queen of The South Resort, 2,5 km, Adinda Beach Villas, 2,7 km, atau Hotel Parangtritis, 2,6 km.

Jika Anda lapar dan ingin membeli makanan, jangan khawatir, karena ada banyak restoran di sekitar yang bisa Anda kunjungi. Restoran-restoran tersebut antara lain Bakmi Djawa Dua Jaman yang terletak di sepanjang pantai, Bebek Goreng Pak Koes yang berjarak 0,3 km, atau ViaVia Resto & Bakery yang berjarak 0,6 km.

QnA

Berikut daftar pertanyaan terkait pantai paling mistis di Yogyakarta:

Kesimpulan

Pantai Parangtritis adalah tempat wisata yang sangat ikonik ke Yogyakarta. Dengan keindahan pemandangan alam yang diselimuti cerita mistis masyarakat sekitar, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button