7 Gunung Aktif Mempesona di Jawa Timur nomor 3 ini menjadi tujuan wisata yang terkenal - WisataHits
Jawa Timur

7 Gunung Aktif Mempesona di Jawa Timur nomor 3 ini menjadi tujuan wisata yang terkenal

7 Gunung Aktif Mempesona di Jawa Timur nomor 3 ini menjadi tujuan wisata yang terkenal

SURABAYA, iNews.id – Di tengah ancaman lahar dan awan panas, gunung berapi aktif di Jawa Timur (Jawa Timur) ini memiliki pesona dan keindahan yang luar biasa. Padang savana yang hijau, danau di perbukitan, satwa liar membuat gunung aktif di Jawa Timur tidak pernah sepi untuk dikunjungi.

Selain itu, pemandangan alam yang mempesona dari puncak gunung menarik para pecinta alam dan pendaki untuk datang dan menaklukkannya. Hampir setiap akhir pekan dan hari libur, pendaki dari seluruh penjuru tanah air bahkan dari luar negeri datang menyambutnya.

Berdasarkan catatan website ESDM, ada delapan gunung api aktif di Jawa Timur yang sering dikunjungi. Kecuali ada aktivitas vulkanik yang berarti dan berbahaya tentunya.

1. Gunung Semeru

Penampakan lava pijar yang dikeluarkan dari Gunung Semeru, Minggu (1/8/2023).  (Spesial).Penampakan lava pijar yang dikeluarkan dari Gunung Semeru, Minggu (1/8/2023). (Spesial).

Gunung Semeru adalah salah satu dari delapan gunung berapi aktif terpopuler di Jawa Timur. Gunung Semeru tidak hanya tertinggi (3.676) di atas permukaan laut, tetapi juga dikenal sebagai yang paling eksotis.

Selain puncak Mahameru, Gunung Semeru juga memiliki sebuah danau yang indah yaitu Ranu Kumbolo. Danau di tengah jalan setapak ini sering disebut sebagai surganya Gunung Semeru.

Oleh karena itu, para pendaki Gunung Semeru selalu singgah di danau ini untuk beristirahat dan mendirikan tenda. Menyaksikan matahari terbit di antara dua bukit yang mengelilingi danau adalah momen yang paling ditunggu.

Sayangnya hingga saat ini Gunung Semeru masih ditutup untuk didaki. Aktivitas vulkanik yang tinggi sejak letusan 2021 untuk sementara menghambat pendakian Gunung Semeru.

Penerbit : Ihya Ulumuddin

Ikuti iNewsJava News di Google News

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button