Pantai Parangtritis, pantai eksotis di Bantul, Yogyakarta yang diselimuti misteri - WisataHits
wisatahits

Pantai Parangtritis, pantai eksotis di Bantul, Yogyakarta yang diselimuti misteri

Pantai Parangtritis salah satu pantai eksotis yang indah di Bantul, Yogyakarta. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tempat untuk menikmati matahari terbenam dan penuh dengan cerita misterius.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai Yogyakarta yang paling dikenal oleh para wisatawan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, baik domestik maupun mancanegara. Sebelum pantai-pantai lain muncul, pantai ini adalah pionir dan bahkan menjadi ikon pantai Bantul, Yogyakarta.

Semua orang pasti mengenal pantai ini walaupun hanya mendengar nama pantainya saja karena popularitasnya yang sudah lama meledak. Pantai pasir hitam ini hanya berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Wisatawan berduyun-duyun ke pantai ini untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Pantai ini sering dijadikan lokasi pemotretan prewedding karena pemandangannya yang menakjubkan. Tempat yang biasa dijadikan lokasi pemotretan prewedding ini berada di ujung timur pantai Parangtritis karena terdapat gugusan karang yang begitu indah. Biasanya prewedding dilakukan saat senja karena perpaduan langit senja dengan air laut yang terlihat keemasan sangat sempurna.

Atraksi Pantai Parangtritis

Aktivitas Pantai ParangtritisKredit Gambar: Google Maps Wisata Jogja

Banyak yang menyebut pantai ini dengan nama pantai selatan. Sebutan pantai selatan melekat pada pantai ini karena terletak di selatan kota Yogyakarta dan berada di tepi Samudera Hindia. Pantai ini juga terkenal dengan legenda dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat luas. Tak heran jika kawasan pantai ini paling banyak menerima kunjungan wisatawan saat musim liburan.

1. Pantai Legendaris

Pantai Parangtritis sangat populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara dengan sejarahnya yang legendaris. Konon akan ada kerajaan tak kasat mata di sekitar pantai ini yang diperintah oleh seorang penguasa laut selatan bernama Nyi Roro Kidul.

Orang yang percaya pada legenda mengatakan bahwa kereta Nyi Roro Kidul sering muncul di tengah laut, kereta itu naik di atas permukaan laut dan ditunggangi oleh Nyi Roro Kidul, ratu pantai selatan. Terlihat lemah dan kecil jika dilihat dari pantai.

Orang-orang yang percaya pada legenda juga mengatakan bahwa kereta tiba-tiba menghilang, dan mereka percaya bahwa kerajaan penguasa laut selatan berada di tengah laut dalam.

2. Memiliki mitos yang beredar luas di kalangan wisatawan

Berkaitan dengan legenda pantai ini, ada juga mitos yang banyak disebarkan oleh wisatawan. Mitosnya, wisatawan tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau karena bisa tersapu ombak laut.

Ternyata, jika ada wisatawan berbaju hijau dan tersapu ombak, berarti wisatawan tersebut tersapu ke laut oleh Nyi Roro Kidul.

3. Memiliki gundukan pasir yang bagus

Pantai ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan ombak besar dan sunset yang indah, tetapi juga menyuguhkan pemandangan unik yang berbeda dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta. Di sekitar pantai ini terdapat banyak gunung pasir yang biasa disebut dengan gumuk pasir.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai ParangtritisKredit Gambar: Ahmad Shobyrin Instagram Instagram

Pantai dengan nuansa sunset yang romantis ini terletak di desa Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, sehingga akses menuju lokasi sangat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau empat.

Ada dua jalur yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke pantai ini. Rute pertama adalah dari kota Yogyakarta melalui Jl. Parangtrite menuju Kretek. Rute kedua adalah dari kota Yogyakarta melalui Imogiri.

Jika Anda melewati Kretek, Anda akan melintasi jalan raya yang ramai di sepanjang jalan. Sedangkan jika Anda melewati Imogiri, jalan yang akan Anda lalui lebih sepi dan tidak terlalu ramai.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai ParangtritisKredit gambar: Facebook Septy Rizky Ayu Wahyuni

Anda yang ingin berlibur di pantai pasir hitam ini tidak perlu khawatir karena harga tiket wisata ke pantai ini cukup terjangkau. Objek wisata tepi laut ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Namun, pintu masuk hanya dijaga petugas dari pukul 07:00-20:00 WIB. Harga tiket masuk untuk wisatawan adalah Rp 10.000 per orang.

Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, Anda hanya membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika Anda ingin menyewa ATV untuk berkeliling pantai, Anda akan dikenakan biaya Rp100.000 selama 30 menit. Jika Anda ingin merasakan sensasi mengendarai gerobak di pantai, Anda akan dikenakan biaya Rp 20.000 per perjalanan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis

Aktivitas di Pantai ParangtritisKredit Gambar: Foto Instagram Twilight

1. Bermain air di pantai

Wisatawan tidak pernah absen untuk bermain air di pantai saat mengunjungi objek wisata ini. Wisatawan, dewasa maupun anak-anak, terlihat sangat senang ketika ombak datang membasuh tubuh mereka. Ada juga wisatawan lain yang menghabiskan waktunya di sini bermain pasir pantai.

Namun, karena pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar, Anda harus berhati-hati agar tidak terbawa ombak, terutama anak-anak yang harus Anda perhatikan dengan seksama. Anda juga harus mewaspadai ubur-ubur yang terkadang berhenti di pinggir pantai agar tidak tersengat. Jika Anda digigit, Anda bisa menggunakan minyak untuk meredakan panasnya gigitan.

2. Bersantai di pantai sambil menikmati pemandangan

Anda yang tidak ingin bermain air tetap bisa menikmati pemandangan dengan duduk-duduk di bawah rindang di tepi pantai. Di pinggir pantai terdapat persewaan tikar dengan payung besar warna-warni bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan.

3. Berkendara Delman sambil menikmati keindahan pantai

Salah satu hal yang menarik dari objek wisata ini adalah adanya gerobak yang berjalan di sepanjang pantai yang bisa disewa oleh wisatawan. Anda bisa menikmati keindahan pantai selatan ini dari ujung ke ujung sambil duduk di atas gerobak.

Tak perlu takut kepanasan karena gerbong ini dilengkapi dengan atap. Anda hanya perlu memakai kacamata jika tidak ingin terkena sinar matahari.

4. Latih adrenalin dengan menunggang kuda

Selain gerobak, Anda juga bisa mencoba memacu adrenalin dengan menunggangi kuda. Jangan takut karena ada pemandu utama kuda yang akan setia menemani Anda di samping selama perjalanan Anda. Anda dapat menikmati angin sepoi-sepoi sambil berjalan-jalan di pantai dengan menunggang kuda di tepi laut tanpa merasa lelah.

5. Bermain sepeda gunung di pantai

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah bermain sepeda gunung di sepanjang kawasan pantai Parangtritis. Anda bisa menyewa sepeda gunung ini di tempat persewaan di sekitar pantai. Wahana ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan. Angin pantai yang sejuk akan menantang Anda saat bermain sepeda gunung di sepanjang pantai. ATV ini hanya bisa dikendarai oleh dua orang.

6. Berendam di Pemandian Parangwedang

Karena ombak di pantai yang indah ini besar, wisatawan disarankan untuk tidak berenang di sekitar pantai. Pengelola wisata menyiapkan pemandian umum yang nyaman dan aman.

Pemandian Parangwedang dikenal wisatawan karena air belerangnya. Konon air mandinya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

7. Merangsang adrenalin dengan bermain paralayang

Anda yang ingin menantang diri dengan memacu adrenalin bisa mencoba wahana ini. Jalan ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang memiliki kondisi fisik yang baik dan tidak takut ketinggian. Perjalanan paralayang ini akan membuat Anda melayang di udara dan Anda dapat melihat pemandangan laut biru dari atas dengan semilir angin yang sejuk.

8. Bermain layang-layang di pantai

Anda yang suka menerbangkan layang-layang juga bisa melatih hobi Anda di sini. Angin di Pantai Parangtritis cukup kencang, sehingga bisa digunakan untuk menerbangkan layang-layang. Kegiatan menarik ini biasanya dilakukan oleh orang dewasa dan anak-anak. Di kawasan pesisir, banyak pedagang yang menjual layang-layang dengan berbagai bentuk.

9. Nikmati indahnya matahari terbenam

Setelah melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan dan menarik, Anda bisa mengisi sore hari dengan menunggu matahari terbenam. Pantai ini terkenal dengan sunsetnya yang romantis, jadi jangan sampai ketinggalan. Abadikan momen Anda dengan mengambil foto saat senja bersama keluarga atau pasangan.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di Pantai ParangtritisKredit Gambar: Google Maps Dhie esti

1. Resor Ratu Selatan

Hotel mewah bintang 4 ini sangat populer di kalangan wisatawan. Terletak tepat di tepi pantai Parangtritis dan memiliki kapel serbaguna berbentuk segitiga putih yang indah. Kapel umumnya digunakan untuk pemberkatan pernikahan. Fasilitas hotelnya sangat lengkap. Ada kolam renang, serta restoran yang langsung menghadap pemandangan laut biru.

2. Penginapan Wisata Parangtritis

Hotel bintang 1 ini sangat sederhana namun nyaman untuk dipilih sebagai tempat menginap. Dengan harga sewa kamar mulai Rp 89.000 per malam, Anda sudah mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap. Karena sangat dekat dengan pantai, dari hotel ini Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar jika ingin mengunjungi pantai.

3. Hotel dan Vila Pantai Adinda

Jika Anda ingin menginap di hotel dengan pemandangan laut lepas dari atas, hotel bintang 2 ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan budget mulai dari Rp 388.275, kamu bisa menginap di hotel yang memiliki pemandangan menakjubkan ini. Fasilitasnya cukup lengkap. Saat Anda membuka jendela kamar tidur, Anda akan langsung melihat lautan biru yang menenangkan.

4. Villa Alcheringa

Anda bisa memilih villa mewah ini sebagai tempat menginap untuk Anda dan keluarga atau pasangan Anda. Suasana romantis akan Anda rasakan di villa ini karena suasananya yang tenang dan view langsung ke laut lepas. Fasilitas villa ini cukup lengkap.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Parangtritis Jogja

Fasilitas Pantai ParangtritisKredit Gambar: Google Maps Imam Mutaqin

Pengelola pantai ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap yang dapat digunakan oleh wisatawan. Fasilitas seperti persewaan sepeda gunung, kuda, gerobak, spot foto, paralayang, kios pantai, tikar dan payung tersedia di sini. Fasilitas umum seperti warung makan, pemandian belerang, WC umum, mushola dan akomodasi/hotel juga lengkap di sekitar lokasi wisata.

Objek wisata pantai Parangtritis selalu ramai dikunjungi pengunjung karena pemandangannya yang indah, terutama saat matahari terbenam. Anda yang ingin menikmati suasana senja dengan suara deburan ombak yang menenangkan bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata untuk Anda dan keluarga atau pasangan. Jangan lupa membawa kamera untuk berfoto di sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button