16 Taman Terbaik & Asyik di Jakarta untuk Liburan Keluarga! - WisataHits
wisatahits

16 Taman Terbaik & Asyik di Jakarta untuk Liburan Keluarga!

16 Taman Terbaik & Asyik di Jakarta untuk Liburan Keluarga!

Parkir di Jakarta – Jakarta sepertinya semakin padat dan padat. Tidak jarang keinginan untuk melepaskan diri dari rutinitas yang melelahkan dan menikmati tekanan alam secara alami melanda hampir semua orang di sana.

Tapi apakah masih ada tempat seperti ini di tengah kerasnya kota metropolitan? So…jangan khawatir, sebenarnya sejak tahun 2015 Pemprov DKI Jakarta mulai memperhatikan keberadaan taman-taman di Jakarta yang memenuhi syarat sebagai paru-paru kota.

Bahkan, tidak hanya merevitalisasi fungsi ruang terbuka hijau, pemerintah provinsi dan kota juga menambah berbagai fasilitas pada taman-taman tersebut, seperti gym luar ruangan, jalur joging, amphitheater, jalur refleksi, danau buatan, aula resepsi, hingga taman sepeda Dan Taman skate.

Ikon ibu kota JakartaMonas – Ikon ibu kota Jakarta

Daftar taman di Jakarta yang patut Anda kunjungi

Jadi tunggu apa lagi? Daripada menghabiskan waktu luang Anda di mal dengan perilaku konsumtif, alangkah baiknya bersantai gratis di taman-taman sekitar Anda.

Ingin tahu apa saja nama taman yang ada di Jakarta? Simak ulasan berikut ini, ya!

1. Taman Kalijodo

Lokasi: Jl Pramuka II, Penjaringan, Jakarta Utara

Bersenang-senang di Taman KalijodoBersenang-senang di Taman Kalijodo

Taman yang terletak di Jl Kepanduan II, Penjaringan ini memiliki banyak fasilitas salah satunya adalah kawasan Taman skate yang ternyata menjadi salah satu wilayah terbesar di Asia Tenggara. Selain sebagai ruang terbuka hijau, taman ini juga berfungsi sebagai ruang publik terpadu yang cocok untuk anak-anak. Tak heran jika kawasan yang luasnya mencapai lebih dari 1,4 ha ini digemari pengunjung karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

2. Taman Tabebuya

Lokasi: Jl. Mohammad Kafi No.1, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Taman TabebuyaTaman Tabebuya melalui Internet

Taman ini terletak di Jl Mohammad Kafi di kawasan Jagakarsa tepatnya di Jakarta Selatan. Taman Tabebuya sangat populer di kalangan pengunjung karena terdapat kolam yang dipenuhi bunga teratai. Selain itu, tambak dihuni oleh sejumlah besar ikan dan dapat diberi makan. Ada juga beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

3. Taman Cattleya

Lokasi: Jl. Slipi, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat (Setelah lampu lalu lintas Tomang)

Taman Cattleya Jakarta Barat via IyaaTaman Cattleya Jakarta Barat via Iyaa

Taman yang terletak di Slipi, kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat ini memiliki banyak fasilitas dan atraksi. Kebun seluas lebih dari 3 ha ini ditanami berbagai tanaman, bunga dan pohon yang sering digunakan untuk foto sebelum menikah.

Selain itu, di Cattleya Anda juga bisa jogging, bermain sepeda atau sekedar duduk menikmati alam sambil berfoto selfie bersama pasangan. Jangan lewatkan danau di tengah taman. Nikmati waktu liburan Anda tanpa diganggu pengemis, pedagang asongan, dan pengamen.

Lihat lebih banyak: Bersenang-senang nongkrong di Taman Tomang Cattleya, Jakarta Barat

4. Taman Spathodea

Lokasi: Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Taman SpathodeaTaman Spathodea melalui Inet

Taman di Kebagusan Raya, Jakarta Selatan ini tak jauh dari Tabebuya. Taman baru ini sering digunakan untuk olahraga. Selain itu, ada juga danau kecil yang sangat menarik untuk disinggahi. Untuk fasilitas, di Spathodea ada trek joging, gimnasium luar ruanganke kolam ikan besar.

5. Taman Suropati

Lokasi: Jl Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat

Merpati di Taman Suropati via UlinulinMerpati di Taman Suropati via Ulinulin

Taman yang terletak di Jl Pangeran Diponegoro, kawasan Menteng ini tak jauh dari Masjid Sunda Kelapa. Anak muda sangat menyukai tempat ini karena banyaknya spot wifi disana.

Selain itu, pohon Suropati juga sering dihinggapi burung-burung yang sangat cantik. Terletak di pusat kota dan tempat berkumpulnya para seniman, taman ini sering menjadi tuan rumah pertunjukan musik bahkan lukisan.

Ada juga pusat kuliner karena banyaknya penjual makanan yang mendirikan toko di sekitar taman. Keistimewaannya semakin terlihat karena Suropati merupakan tempat penerimaan patung-patung yang mewakili negara-negara ASEAN.

Taman yang dulu bernama Burgemeester Bisschoppplein dibangun pada tahun 1920 sangat dekat dengan pusat-pusat penting Jakarta.

Periksa juga: 41 Tempat Kuliner di Jakarta yang Wajib Dicoba

6. Taman Menteng

Lokasi: Jl Moh. Yamin dan Jl HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat

Taman MenengTaman Meneng

Taman yang terletak di antara Jl Moh. Yamin dan Jl HOS Cokroaminoto di kawasan Menteng, buka mulai pukul 05.00 hingga 22.00. Selain gratis, daya tarik utama taman ini adalah adanya fasilitas penunjang seperti trek jogingwifi, area bermain anak dan lapangan basket, voli dan futsal.

Wah lengkap banget ya? Suasana sejuk dan kedekatannya dengan taman lain juga membuat Menteng sangat strategis untuk dikunjungi. Sebelumnya, taman ini merupakan Stadion Menteng lama hingga akhirnya disulap menjadi a Tengara Jakarta sering disebut taman pusat Jakarta.

Buat kamu yang hobi masak, Taman Menteng menyediakannya lho. Ada banyak penjual makanan dengan harga bersahabat. Mulai dari dim sum, nasi goreng, mie ayam, sate padang, penyetan.

Lihat lebih banyak: Liburan Seru di Taman Menteng, Jakarta

7. Taman Situ Lembang

Lokasi: Jl Lembang, Menteng, Jakarta Pusat

Air Mancur di Taman Situ LembangAir Mancur di Taman Situ Lembang via Tribunnews

Taman yang berlokasi di Jl Lembang, kawasan Menteng ini juga dekat dengan taman Suropati dan Menteng. Anda bisa sampai ke taman satu per satu melalui Jl Padalarang dan gerbang rumit di sana. Daya tarik taman ini adalah adanya danau buatan di tengahnya.

Danau ini dipenuhi dengan bunga teratai dan dilengkapi dengan air mancur yang sangat indah. Taman populer berkat langganan film Warkop DKI ini sering dikunjungi wisatawan yang ingin berkeliling danau atau sekedar piknik bersama keluarga.

8. Taman Ayodhya

Lokasi: Jl Mahakam II, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman Ayodya melalui @JohanfernandiTaman Ayodya melalui @Johanfernandi

Taman yang terletak di Jl Mahakam II, kawasan Kebayoran Baru, kawasan Jakarta Selatan ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Terminal Blok M. Taman yang menjadi favorit pengunjung saat liburan ini memiliki dekorasi seperti panggung teater terbuka.

Ada juga gazebo yang berguna untuk bersantai dan bersantai. Sayangnya, seringkali ada pengemis, penjaja, dan pengamen yang sedikit “mengganggu” kenyamanan pengunjung yang tidak diinginkan.

9. Taman Langsat

Lokasi: Jalan Langsat Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Bersantai di Taman Langsat via @korneliapramestiBersantai di Taman Langsat via @korneliapramesti

Taman di belakang Pasar Burung Barito ini dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta akan berolahraga di tempat yang nyaman jauh dari kebisingan.

Ada fasilitas joging trek yang memungkinkan Anda untuk berlari mengelilingi taman ditemani kicauan burung sambil menikmati aliran sungai kecil yang mengelilinginya. Taman seluas 3,6 hektar ini juga merupakan kebun pembibitan sebelum berubah fungsi menjadi taman.

Sayangnya, letaknya yang tersembunyi membuat taman ini kurang dimanfaatkan oleh pengunjung dan akhirnya terbengkalai. Apalagi ada cerita mistis yang beredar dari mulut ke mulut penduduk setempat. Tentu saja, kehadiran hantu di sana menambah suasana mencekam sehingga dibuatlah film layar lebar.

Bagaimana tidak seram, karena pohon-pohon di sana tergolong tua dan tinggi dengan akar yang lengket dan semak belukar yang lebat.

10. Taman Registrasi

Lokasi: Jalan Tanah Abang No.1, Jakarta Pusat

Taman RegistrasiPendaftaran taman melalui Inet

Masuk ke taman ini tidak gratis seperti taman lainnya. Taman ini merupakan tempat pemakaman orang asing yang pernah tinggal di Batavia (Jakarta) pada masa kolonial.

Biaya masuknya adalah Rp 2000 per orang. Keunikan tempat ini adalah terdapat nisan-nisan berukuran besar seperti kuburan di luar negeri. Berwisata ke taman ini bisa membawa Anda melihat kilas balik sejarah yang terjadi pada zaman Belanda.

11. Taman Honda

Lokasi: Jl Tebet Timur Raya, Jakarta Selatan

Armada HondaHonda Park via Kompasiana

Berada di pinggiran Jakarta nyatanya tak membuat taman ini kehilangan penggemarnya. Bahkan, suasananya yang damai dan asri membuat pengunjung semakin ingin mengunjunginya.

Taman Honda adalah tempat yang tepat untuk hang out atau menikmati malam. Lokasinya ada di Jl Tebet Timur Raya kawasan Jakarta Selatan.

Yang membuat taman ini istimewa adalah lokasinya yang dekat dengan pemukiman penduduk, sehingga sering dijadikan tempat berkumpulnya komunitas di Jakarta. Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti toilet, Pusat olahraga, Dan JoeGtrek ging.

Artikel terkait: 18 Tempat Makan Enak di Tebet Jakarta Selatan

12. Taman Waduk Pluit

Lokasi: Jl. Tim Pluit. Raya No.12, Penjaringan, Kota Jakarta Utara

Taman Waduk PluitTaman Waduk Pluit

Taman yang berada di kawasan Pluit ini sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat menikmati udara segar di sore hari. Jangan heran jika Anda menemukan warga atau pengunjung memasang tikar hanya untuk bersantai dan menikmati matahari terbenam di sekitar waduk.

Selain itu, taman ini bisa dikunjungi secara gratis. Waduk Pluit juga memiliki sarana dan prasarana yang memadai layaknya taman-taman terbaik di Jakarta. Diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2013, di Waduk Pluit terdapat area relaksasi, ampiteaterlapangan basket dan lapangan lainnya.

13. Kebun Kelapa

Lokasi: Lokasi: Jl.Palem Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur

Kebun Kelapa via CasaindonesiaKebun Kelapa via Casaindonesia

14. Taman Tribeca

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.28, Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Taman TribecaTaman Tribeca melalui Inet

15. Taman Mataram

Lokasi: Jl.Mataram No.1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman MataramTaman Mataram melalui Internet

16. Taman Hiburan Rio

Lokasi: Jalan Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Jakarta Timur

Taman Rio RiaTaman Rio Ria

*****

Demikian ulasan taman-taman di Jakarta yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin piknik bersama keluarga atau orang tersayang di akhir pekan atau hari libur.

Kunjungi juga: Taman Air dan Kolam Renang Terbaik di Jakarta

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button