Pulau Onrust, rasakan liburan serasa pulau pribadi di Kepulauan Seribu - WisataHits
wisatahits

Pulau Onrust, rasakan liburan serasa pulau pribadi di Kepulauan Seribu

Pulau Onrust, rasakan liburan serasa pulau pribadi di Kepulauan Seribu
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Daerah. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Memilih liburan di destinasi yang unik tentu akan memberikan kesan tersendiri. Jika Anda bosan menghabiskan waktu berlibur dan jalan-jalan di wisata modern, alternatif terbaik adalah mengunjungi pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu. Salah satu pulau yang menyimpan banyak kenangan sejarah adalah Pulau Onrust.

Pulau cantik ini tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, tetapi juga nilai sejarah yang tidak bisa dilupakan. Peristiwa memilukan benar-benar terjadi di wilayah pulau kecil ini. Dengan memilih datang ke pulau indah ini, Anda akan bisa merasakan betapa menderitanya rakyat pada masa penjajahan Belanda.

Paket Wisata Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Kelor

Sejarah Pulau Onrust

Sejarah Pulau OnrustFoto oleh Alfalegro Jalan Jalan di Google Maps

Jika Anda mengulang cerita di kawasan ini, Anda bisa mengetahui bahwa kawasan pulau tersembunyi ini dikuasai oleh Sultan Banten dan digunakan sebagai tempat peristirahatan atau persembunyian. Namun sayang, hal tersebut tidak berlangsung lama karena penguasa Jayakarta saat itu merasa kawasan pulau indah ini masih menjadi miliknya.

Alasan yang mendasari mengapa penguasa Jayakarta merasa percaya diri dengan kekuatan tersebut adalah karena wilayah pulau yang unik ini masih dekat dengan Batavia. Perebutan kekuasaan berakhir tragis karena pulau kecil ini jatuh ke tangan VOC. Segera setelah itu, VOC menggunakan wilayah pulau di tengah laut ini sebagai tempat persinggahan kapal.

Atraksi Pulau Onrust

Atraksi Pulau OnrustFoto oleh Nyoman Metta N. Natih di Google Maps

✦ Liburan serasa di pulau pribadi

Villégiature aux Mille-Îles memang menjadi destinasi pilihan bagi siapa saja yang ingin menikmati sensasi liburan di pulau pribadi. Keseruan tersebut bisa didapatkan saat Anda memutuskan untuk berwisata ke pulau cantik ini. Dengan luas pulau 3,5 kilometer persegi membuat Anda lebih leluasa menikmati sejarah dan juga pemandangan.

Hotel Murah di Kepulauan Seribu

✦ Dikelilingi pemandangan pantai

Melihat kondisi di sekitarnya sebenarnya menawarkan pengunjung kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas menarik. Keindahan pantainya mampu membius pengunjung untuk benar-benar menikmati liburan di pulau cantik ini. Berada jauh dari perkotaan memberikan perasaan yang lebih santai dan menyenangkan.

Setelah puas mengagumi keindahan pulau yang dikelilingi pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas menarik. Mandi atau berenang di kawasan pantai yang cukup terjal ini juga bisa menjadi alternatif terbaik. Jika sudah dipastikan kondisi pantai cukup aman dan tidak ada ombak yang terlalu besar, Anda bisa bermain air sepuasnya.

✦ Dulu digunakan sebagai rumah sakit dan penjara

Bermain air sudah menjadi hal yang lumrah dan hanya memberikan rasa senang. Agar liburan semakin berwarna, Anda bisa berkeliling dan melihat bangunan-bangunan bersejarah yang masih tersisa di kawasan wisata pulau kecil ini. Nama Pulau Onrust tidak pernah keluar di masyarakat karena masih digunakan untuk berbagai kegiatan.

Ini juga yang menjadi alasan kenapa pulau ini diberi nama Onrust. Karena jika diterjemahkan, Onrust berarti “Never Rest” dalam bahasa Belanda. Anda bisa menemukan sisa-sisa bangunan yang dulunya digunakan sebagai penjara dan juga rumah sakit yang disediakan untuk penderita penyakit menular dan pusat karantina bagi jemaah haji.

Paket Wisata Pulau Pramuka 2H1M, Kepulauan Seribu

Alamat, lokasi rute, dan biaya tur

Alamat Pulau OnrustFoto oleh Alfalegro Jalan Jalan di Google Maps

Jika melihat Google Maps, pulau indah ini bisa Anda kunjungi dengan menuju Desa Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Rute yang ditempuh pun menjanjikan sangat mudah bahkan Anda bisa memanfaatkan angkutan umum untuk berkeliling mulai dari kawasan Muara Angke.

Salah satu alat transportasi yang wajib digunakan untuk menuju kawasan pulau bersejarah ini adalah perahu motor. Namun, jika ingin mendapatkan sarana transportasi yang lebih cepat, Anda bisa memilih menggunakan speedboat di Dermaga Marina, Ancol. Jika ingin perjalanan lebih santai, pilihlah perahu kayu dari Pelabuhan Tanjung Pasir.

Tiket masuk untuk bisa mengunjungi kawasan pulau cantik ini sebenarnya sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 per orang. Hal menarik yang bisa ditemui adalah jika Anda datang dengan rombongan, akan ada potongan harga khusus Rp 3.500 per orang. Namun syaratnya adalah Anda harus mengundang minimal 30 orang dalam satu grup.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di Pulau OnrustFoto oleh Nyoman Metta N. Natih di Google Maps

1. Masuk ke area museum Taman Purbakala Onrust dan alun-alun museum

Demi menjaga kondisi dan nilai sejarah Pulau Onrust, pemerintah berinisiatif membangun Plaza Museum sebagai tempat menyimpan berbagai koleksi peninggalan unik. Selain Museum Plaza, Anda juga bisa menjumpai Museum Taman Purbakala Onrust yang sengaja dibuat untuk menceritakan kisah zaman penjajahan Belanda.

2. Mendaki Menara Keker di Pulau Onrust

Pemandangan pertama yang bisa dilihat saat tiba di Pulau Onrust adalah disambut oleh menara tinggi di dekat dermaga. Keunikannya akan membuat siapa saja yang melihatnya tidak akan bisa lepas dari pandangannya dan ingin segera naik ke puncak menara. Hal luar biasa yang akan dilihat dari atas menara adalah seperti menyaksikan kapal datang dan pergi.

3. Ambil foto dengan background yang unik

Karena pernah dijadikan sebagai penjara dan rumah sakit, tentunya banyak tempat unik yang bisa ditemukan. Bepergian tanpa berfoto tentu akan terasa hambar. Ada banyak spot foto favorit yang sering dipilih wisatawan, seperti kincir angin bertanda Onrust, menara keamanan, sisa-sisa rumah sakit dan penjara di benteng tua.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Pulau OnrustFoto oleh Nyoman Metta N. Natih di Google Maps

Perlu Anda ketahui bahwa kawasan wisata pulau di Kepulauan Seribu ini telah ditetapkan sebagai salah satu daftar warisan dunia yang harus dijaga dan dilestarikan. Oleh karena itu, agar tetap tampil unik dan menarik, kawasan wisata ini mulai dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk menarik minat dan kenyamanan setiap wisatawan.

Fasilitas pertama yang tentunya tidak boleh dilewatkan adalah akomodasi untuk datang ke wisata sukses ini. Dermaga pulau mempesona ini masih sangat kuat dan kokoh. Jika Anda lapar, Anda dapat memilih untuk berhenti di restoran terdekat. Tidak hanya masakan khas Indonesia, Anda juga bisa menemukan masakan Jepang, Cina, dan Barat.

Banyak hal yang bisa dimulai di kawasan Pulau Onrust, seperti menelusuri sejarah yang terjadi pada masa penjajahan Belanda dan menikmati suasana yang asri. Kamar mandi dan toilet juga dapat ditemukan dengan mudah di sini. Bahkan keberadaan spot foto yang unik juga bisa digolongkan sebagai fasilitas tambahan yang disediakan oleh kawasan wisata.

Sejak ditemukan, kawasan pulau ini telah beberapa kali berganti fungsi. Meski jauh di Kepulauan Seribu, semua orang pasti akan merasa tertarik untuk mengunjunginya. Salah satu keistimewaan pulau ini adalah terdapat benteng besar yang dijadikan lokasi peluncuran senjata oleh VOC.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button