Pantai Kutang, pantai menawan dengan suasana sejuk dan asri di Lamongan - WisataHits
wisatahits

Pantai Kutang, pantai menawan dengan suasana sejuk dan asri di Lamongan

Pantai Kutang, pantai menawan dengan suasana sejuk dan asri di Lamongan

Dengan mengetahui dimana alamat lengkap Pantai Kutang Lamongan, wisatawan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau lokasi tersebut.

Harga tiket: Rp4.000 Jam operasional: 07.00-17.30 WIB, Alamat: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Namanya yang unik membuat orang penasaran dengan wisata pantai bernama Pantai Kutang ini. Ya, BH dalam bahasa Jawa bisa diartikan sebagai pakaian dalam wanita (BH), jadi orang ingin tahu kenapa baju pantai ini diberi nama demikian. Wisata bahari ini memiliki sejarah tersendiri terkait dengan namanya.

Pantai cantik ini awalnya diberi nama Bra, karena masyarakat yang tinggal di sana sering melihat bra yang terbengkalai. Bahkan, ada yang sengaja diletakkan di atas pohon bakau yang ditanam di kawasan pantai. Oleh karena itu, wisata pantai ini akhirnya mendapat nama unik seperti itu.

Selain memiliki pesona namanya, wisata alam ini juga memiliki beragam atraksi lain yang tak kalah menakjubkan. Beragam atraksinya selalu berhasil menarik perhatian banyak wisatawan. Maka dari itu tak heran jika pantai menawan ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Kutang

Daya Tarik Pantai KutangFoto: Google Maps/Wahyudi Dwy Purwanto

Salah satu tempat wisata alam di daerah Lamongan yang memiliki beragam daya tarik yang menakjubkan adalah Pantai Kutang. Daya tarik pantai yang indah ini diketahui banyak orang, terutama warga lokal yang tinggal di sekitar kawasan tersebut. Namun kemungkinan masih ada yang belum tahu, dan panggilannya adalah:

✦ Suasana yang menyenangkan

Sama seperti wisata pantai lainnya di Indonesia, suasana alam di sini selalu sangat asri. Hal ini terjadi karena di sekitar pantai terdapat beberapa pohon bakau yang membuatnya semakin rindang. Tidak hanya itu, udara di sini juga sangat segar.

Karenanya, sebagian orang sengaja menghabiskan waktu luangnya di sini untuk menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Hanya dengan bersantai di kursi pantai atau di atas hamparan pasir putih yang terbentang ke pantai barulah pikiran menjadi jernih dan tenang kembali.

✦ Tempat foto terbaik

Saat ini sebagian orang lebih menyukai wisata alam yang telah dilengkapi dengan beberapa spot foto yang menarik. Sedangkan kunjungan ke pantai ini sendiri didukung oleh beberapa spot foto yang sangat bagus. Dengan demikian, pengunjung tidak hanya bisa berfoto dengan latar pemandangan alam.

Untuk menghasilkan foto yang bagus, wisatawan bisa mencari pohon dengan batang besar dan posisi agak miring. Foto dengan background pohon seperti ini mungkin lebih cocok untuk diunggah ke akun media sosial seperti Instagram. Oleh karena itu, spot foto seperti ini selalu menjadi pilihan terbaik bagi anak muda.

✦ Pemandangan langit malam yang indah

Wisatawan yang datang pada sore hari bisa menikmati indahnya pemandangan langit sore di sini. Meski wisata pantai ini berlangsung di bagian utara, pengunjung tetap bisa menyaksikan indahnya sunset.

Daya tarik Pantai Kutang menjadi alasan mengapa lebih banyak orang yang memilih untuk mengunjunginya pada sore hari. Karena pandangan matahari terbenam tentunya hanya bisa dinikmati saat matahari terbenam. Selain itu, suasana pantai di sore hari juga lebih sejuk.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai KutangFoto: Google Maps/Reza Gundulshow

Sebelum mengunjungi wisata pantai populer di Lamongan ini, wisatawan harus mengetahui terlebih dahulu dimana alamat lengkapnya. Dengan cara ini mereka dapat lebih mudah menemukan dan mencapai lokasi mereka. Kawasan Pantai Kutang mudah ditemukan terutama di Dusun Kentong, Labuhan, Brondong, Lamongan, Jawa Timur.

Meski lokasinya cukup jauh, namun jalan menuju ke sana cukup mudah. Jarak antara pantai menawan ini dengan kota Tuban sekitar 20 km, sehingga masyarakat Tuban bisa mengunjunginya dengan mudah. Mulailah perjalanan dari Alun-Alun Tuban menuju Jalan Pantai Utara.

Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah timur hingga sampai di Cakaran Junction. Sesampai di sana, ambil jalan ke kiri untuk sampai ke Dusun Kentong. Tak lama kemudian, gerbang masuk ke Pantai Kutang sudah terlihat. Jika dihitung secara sederhana, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perjalanan dari Tuban ini adalah 30 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Harga tiket masuk ke Pantai Kutang Lamongan cukup terjangkau yaitu Rp 4.000 per orang. Namun bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 6.000 untuk mobil. Tarif parkir ini tidak berlaku untuk kendaraan besar seperti bus.

Biaya parkir bus adalah Rp 10.000 pada hari kerja dan hari libur nasional. Nantinya, ada juga beberapa biaya tambahan lain yang perlu dibayarkan jika wisatawan menyewa jasa tersebut, yaitu biaya foto sebelum menikah, sewa ban untuk berenang, dll. Jika biaya foto sebelum menikah adalah Rp 100.000 sedangkan biaya sewa ban renang Rp 15.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai KutangFoto: Google Maps/Kartika Dewi

Kegiatan seperti bermain air, berenang, dan bermain pasir adalah berbagai jenis kegiatan yang dapat dinikmati di beberapa wisata pantai, tidak terkecuali Pantai Kutang Lamongan. Selain itu, masih ada berbagai jenis aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai cantik ini. Berikut adalah berbagai jenis kegiatan yang dimaksud:

1. Bersantai di Pantai Kutang

Hanya dengan duduk manis di pinggir pantai sambil memandangi keindahan lautan di depan mata, orang bisa menenangkan pikirannya sejenak. Hal ini terjadi karena udara di wisata alam ini masih segar dan bebas dari segala macam polusi. Selain itu, warna hijau yang berasal dari pepohonan sekitar juga dapat menenangkan pikiran.

2. Berenang

Ombak di Pantai Kutang cenderung tidak terlalu besar, sehingga pengunjung bisa memanfaatkannya untuk berenang bersama keluarga dan teman. Di sebelah pantai ada yang menyewakan ban untuk pengunjung yang tidak bisa berenang dengan baik.

3. Permainan pasir

Pasir pantai memiliki tekstur yang halus namun mudah dibentuk. Oleh karena itu pasir jenis ini sering digunakan sebagai bahan mainan untuk membuat berbagai macam bentuk yang menarik. Umumnya, orang tua mengajak anaknya bermain pasir saat menunjukkan tanda-tanda bosan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai KutangFoto: Google Maps/Khoirul Abidin

Wisata bahari ini tidak hanya memiliki berbagai jenis atraksi yang harus diketahui oleh sebanyak mungkin orang, tetapi juga berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Berikut adalah daftar fasilitas yang disediakan pihak pengelola pantai indah ini:

  • Belvedere
  • Kamar mandi
  • Warung penduduk setempat
  • Kamar bilas
  • tempat foto
  • Area parkir
  • jembatan Pelangi
  • hutan mangrove

Umumnya orang akan lebih tertarik untuk berkunjung ke sini setelah mengetahui daya tariknya. Selain itu, di Pantai Kutang juga banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menambah keseruan liburan. Jadi Anda tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk menghabiskan liburan Anda di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button