Prakiraan cuaca BMKG: Hujan, Topan Tropis 95S, gelombang 6 meter - WisataHits
Jawa Timur

Prakiraan cuaca BMKG: Hujan, Topan Tropis 95S, gelombang 6 meter

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca pada Kamis, 28 Juli 2022, dengan sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan dan gelombang setinggi 6 meter.

Ibukota provinsi yang diperkirakan akan diterjang badai pada Kamis adalah Banda Aceh, Gorontalo, Jambi, Pangkal Pinang, dan Manado. Hujan sedang mungkin terjadi di Ambon dan Mamuju.

Hujan ringan berpeluang terjadi di Bengkulu, Bandung, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, dan Medan.

BMKG memantau keberadaan Siklon Tropis 95S di Samudera Hindia barat daya Sumatera membentuk daerah pertemuan dan memperlambat kecepatan angin (konvergensi) di Samudera Hindia barat daya Bengkulu-Lamp dan menunjukkan peningkatan kecepatan angin >25 knot (low- level jet ) di barat daya Samudera Hindia Banten.

Sirkulasi siklonik diamati di Sulawesi bagian tengah membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Sulawesi bagian tengah dan dari Gorontalo ke Sulawesi Tengah.

Daerah konvergensi lainnya terpantau membentang di Aceh, dari Sumatera Utara sampai Selat Malaka, dari Bangka Belitung sampai Kepulauan Riau, di Kalimantan Selatan, di Sulawesi Utara, di Maluku Utara, di Papua Barat dan Papua.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi.

Suhu udara berkisar antara 17-33°C dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi terjadi di Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Makassar, dan Medan.

Alarm gelombang tinggi

Pola angin di Indonesia bagian utara dominan tenggara ke selatan dengan kecepatan angin antara 5 hingga 20 knot. Di Indonesia bagian selatan, pergerakan yang terjadi adalah timur-tenggara dengan kecepatan angin antara 5 sampai 25 knot. Kecepatan angin tertinggi diamati di perairan utara Sabang, perairan selatan Jawa, Laut Sawu, Laut Jawa, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Perairan dengan gelombang sangat tinggi (4,0-6,0 m) di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, perairan selatan pulau Jawa-Sumbawa dan Samudera Hindia selatan Jawa-NTB.

Beberapa provinsi di Indonesia masuk dalam kategori “Awas” untuk bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dll) akibat kemungkinan hujan lebat, yaitu Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Membaca:
Prakiraan Cuaca BMKG: Badai Tropis 95S Benih, hujan di beberapa wilayah

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button