Green Canyon, obyek wisata alam yang kaya pesona di Lahat - WisataHits
wisatahits

Green Canyon, obyek wisata alam yang kaya pesona di Lahat

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Pulau Penang, Kec. Pulau Penang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Green Canyon Lahat sepertinya wajib menemani waktu luang Anda berlibur. Ini adalah salah satu tempat wisata utama di Lahat, dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap hari. Tidak hanya warga lokal, tapi juga warga di luar lokasi. Alasan kedatangan mereka tentu saja penasaran dengan keindahannya, begitu mempesona tentunya.

Seperti yang Anda tahu, Green Canyon adalah sebuah tempat di Amerika Serikat, tepatnya di Colorado. Tempat ini bisa dibilang sebagai tujuan wisata utama yang tidak pernah membosankan. Formasi batuan alami yang terbentuk selama jutaan tahun merupakan pemandangan unik tersendiri. Belum lagi adanya sungai dengan air biru jernih.

Tentu butuh biaya yang tidak sedikit untuk terbang ke negeri Paman Sam, bahkan ada yang tidak sempat datang ke sana. Sebagai alternatif, Anda bisa mengunjungi Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan untuk sekadar memenuhi rasa penasaran akan keindahannya.

Daya tarik yang dimiliki Green Canyon

Atraksi Green CanyonKredit gambar: Google Maps Bowo Ho

Memang secara teknis Green Canyon di Lahat tidak bisa dibandingkan dengan Green Canyon di Amerika. Namun bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi, tempat ini begitu indah dengan segala pesona yang dimilikinya.

1. Susunan batu eksotik

Daya tarik pertama yang tak pernah luput dari pandangan mata adalah bebatuan yang tersusun rapi di sepanjang aliran sungai. Batuan ini memanjang sekitar 200 hingga 250 meter. Seolah melindungi aliran sungai, batu ini berdiri kokoh sehingga terlihat begitu eksotik. Warna coklat dengan tekstur tidak beraturan membuatnya semakin cantik.

Banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai spot foto dengan cara berdiri di atasnya. Ada yang menggunakannya sebagai tumpuan saat ingin terjun ke sungai, terutama remaja dan anak-anak. Meski tidak terlalu tinggi, namun harus hati-hati saat melakukannya karena terdapat beberapa bebatuan yang licin.

2. Air biru jernih

Green Canyon merupakan aliran yang masih menjadi bagian dari Sungai Ayek Lim. Warna airnya jernih, terlihat sangat kebiruan jika tidak ada yang beraktivitas di sana. Pengunjung memanfaatkan aliran air ini untuk berenang dan bermain air karena cukup aman. Kedalamannya sekitar 60cm, tetapi beberapa titik lebih dalam.

Jarak antara bebatuan dengan sisi lainnya tidak terlalu lebar, tidak lebih dari 6 meter. Pada kondisi tersebut, arus sungai cukup deras sehingga harus berhati-hati saat melakukan aktivitas air. Jika menelusuri aliran sungai hingga ke muaranya, Anda akan menemukan Curup Panjang yang juga merupakan objek wisata di Lahat.

3. Pemandangan yang indah dan hijau

Lokasi Green Canyon berada di dalam hutan yang belum banyak dijamah tangan manusia. Itulah mengapa banyak keindahan yang bisa Anda lihat selain sungai yang mengalir dan bebatuan yang eksotis. Pepohonan hijau yang berjejer sempurna membuat pemandangan alam terlihat begitu asri dan terlihat sangat hijau.

Selama perjalanan dari tempat parkir menuju lokasi, Anda juga akan melihat perkebunan kopi dan durian milik warga. Meski cukup jauh dan medannya cukup sulit karena sudut kemiringannya, dijamin tidak akan menguras tenaga. Selain itu, udaranya segar seperti saat berada di pegunungan.

4. Jembatan Gantung Ikonik

Berikutnya adalah jembatan gantung ikonik yang menjadi daya tarik utama Green Canyon Lahat. Jembatan ini sebenarnya merupakan penghubung antara perkebunan penduduk yang dipisahkan oleh sungai. Namun karena bentuknya yang unik dan unik di kawasan tersebut, banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto.

Berdiri di atas jembatan untuk berfoto, Anda tidak hanya akan menikmati keindahan aliran sungai, tetapi juga perkebunan hijau. Di sisi lain, pemandangan hijau hutan belantara yang melindungi wisata alam Lahat juga cukup jelas. Meski cukup sederhana karena terbuat dari kayu dan tali, keamanannya terjamin selama Anda melintas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Green CanyonKredit gambar: Google Maps Bowo Ho

Untuk merasakan semua keindahan Green Canyon, silahkan berwisata ke Pulau Pinang, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Dari Palembang sangat jauh, perlu menempuh jarak lebih dari 215 kilometer. Namun, jika saat ini Anda berada di pusat kota Lahat, Anda hanya perlu menempuh jarak 55 kilometer saja.

Secara umum, jarak ini dapat ditempuh dalam 1 jam 45 dengan kecepatan kendaraan rata-rata. Rute terbaik untuk diikuti adalah melalui Jalan Lintas Sumatera. Gunakan GPS atau peta digital jika Anda belum pernah melewati rute yang dimaksud. Saat Anda tiba di jalan sempit, silakan berjalan menyusuri jalan sambil melihat rambu-rambu.

Beberapa titik jalan tidak memadai, namun masih bisa dilalui kendaraan roda empat. Sebaiknya berhati-hati, karena tidak jarang dijumpai jalan terjal dengan jurang di kiri dan kanannya. Sesampainya di tempat parkir mobil, silahkan melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Harga Tiket Masuk Green Canyon

Harga Tiket Masuk Green CanyonKredit gambar: Google Maps Bowo Ho

Green Canyon terbuka untuk umum, artinya siapa saja boleh berkunjung. Namun tentunya tidak gratis, anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tidak terlalu mahal tentunya karena hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk satu orang. Diminta tambahan yaitu tempat parkir kendaraan bermotor.

Bagi yang membawa mobil, siapkan dana tambahan sebesar Rp 10.000. Sedangkan jika membawa sepeda motor, tarif parkir saat ini adalah Rp 5.000. Jika tidak ingin lelah berjalan menyusuri jalan setapak menuju lokasi, silahkan gunakan jasa ojek dengan tarif yang telah ditentukan.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Green Canyon

Kegiatan menarik di Green CanyonKredit gambar: Google Maps Bowo Ho

Berkunjung ke objek wisata tidak hanya soal daya tarik, perlu juga diperhatikan kegiatan apa saja yang menarik untuk dilakukan diving di lokasi. Jika dilihat dari ulasan Green Canyon di atas, aktivitas yang bisa dilakukan tidak jauh dari saat Anda mengunjungi air terjun.

1. Pelacakan yang mengasyikkan ke lokasi

Disebutkan di atas bahwa Anda harus melanjutkan perjalanan setelah sampai di tempat parkir. Memang bisa ditempuh dengan ojek, tapi sepertinya lebih seru jalan kaki. Pasalnya, ada banyak keindahan alam yang bisa Anda temukan selama perjalanan. Sebut saja perkebunan kopi dan durian milik warga, tentunya juga kerapatan hutannya.

2. Berenang dan bermain air

Perjalanan tidak terlalu melelahkan begitu Anda sampai di sana. Tidak akan ada yang tahan melihat sejuknya air Sungai Green Canyon. Kegiatan yang menarik dalam hal ini tentu saja berenang dan bermain air. Jika perlu, Anda bisa lompat tebing dari bebatuan di tepi sungai, asalkan berhati-hati tentunya.

3. Cari spot foto yang indah

Segala keindahan alam yang dimiliki oleh tempat wisata di Sumatera Selatan ini tentu sayang jika hanya dilihat oleh mata saja. Sebaiknya siapkan kamera terbaik dengan kapasitas memori kosong. Pasalnya, banyak spot yang bisa dijadikan background foto. Membuat konten video juga boleh, asalkan Anda bisa memotret dengan sudut yang tepat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Green CanyonKredit gambar: Google Maps M. Okta

Dari segi fasilitas, Green Canyon dinilai cukup memadai. Di sini Anda bisa menemukan area parkir yang masih menggunakan ladang dan perkebunan milik warga. Di tempat ini Anda juga akan menemukan sejumlah toilet yang biasa digunakan pengunjung setelah mandi dan berenang. Fasilitas lainnya adalah warung yang menjual makanan ringan dan aneka minuman.

Ini bisa dikatakan salah satu tempat wisata paling populer di Lahat. Sangat penting untuk mendengarkan apa yang dimiliki tempat wisata sebelum mengunjunginya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Green Canyon Lahat layak dijadikan alternatif tujuan wisata bagi keluarga yang berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button