Pantai Jikomalamo, pantai indah dengan pesona bawah laut yang eksotik di Ternate - WisataHits
wisatahits

Pantai Jikomalamo, pantai indah dengan pesona bawah laut yang eksotik di Ternate

Pantai Jikomalamo, pantai indah dengan pesona bawah laut yang eksotik di Ternate
Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Sulamadaha, Kec. Ternate Barat, kota Ternate, Maluku Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Saat musim perayaan tiba, berlibur ke pantai memang menjadi hal yang paling menyenangkan. Wisatawan bisa melihat keindahan alam, berenang, bermain pasir atau sekedar bersantai dan berjemur. Salah satu destinasi pantai yang jarang diketahui orang ada di Maluku.

Padahal, Provinsi Maluku memiliki banyak destinasi wisata alam indah yang bisa memukau siapa saja yang melihatnya. Lokasi destinasi wisata ini masih tersembunyi, sehingga hanya sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengetahui berbagai destinasi wisata tersebut.

Salah satu destinasi wisata tepi laut yang menyimpan keindahan surga bawah laut adalah Pantai Jikomalamo di Ternate. Pantai hit ini sedang naik daun di kalangan wisatawan. Penasaran dengan atraksi yang dimilikinya, harga tiket masuk, alamat dan rute menuju ke pantai Ternate ini. Simak ulasan berikut ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Jikomalamo

Tempat Wisata Pantai JikomalamoKredit gambar: Google Maps Wagi No

1. Garis pantai yang sempit menyimpan berjuta keindahan

Pantai indah ini hanya memiliki garis pantai sepanjang 100 meter, namun jangan khawatir dengan garis pantai yang sempit ini, yang justru menjadi kelebihan karena pasir pantai yang terbentang hingga ke teluk ini masih sangat indah. Memilih berjemur seharian di sini tak akan membuat wisatawan bosan.

2. Keindahan bawah laut yang eksotis

Pantai Jikomalamo memang tidak sepopuler tempat wisata di Maluku lainnya. Lokasinya masih sangat sulit dijangkau karena berada di teluk. Meski tergolong destinasi wisata alam baru, setelah mencoba menyelam dan melihat ke dalam, wisatawan akan melihat keindahan eksotisme bawah laut.

3. Air laut yang jernih dari permukaan terlihat oleh semua orang

Daya tarik utama dari pantai baru ini adalah permukaan airnya yang sangat jernih sehingga wisatawan dapat melihat apa yang ada di dalam air dari permukaan. Hal ini jelas menguntungkan bagi wisatawan yang tidak suka diving atau snorkeling karena masih bisa melihat keindahan laut yang disuguhkan.

4. Hamparan pasir putih

Menjaga keindahan bawah laut yang eksotik juga didukung dengan keberadaan pasir putih yang ada. Daya tarik selanjutnya dari pantai cantik ini terletak di antara dua pantai berpasir hitam. Hamparan pasir putih ini membentang sepanjang 100 meter. Warna pasirnya putih bersih dan lembut sehingga cocok untuk bermain.

5. Pantai dengan 1 pintu akses

Lokasi Pantai Jikomalamo terletak tidak jauh dari Teluk Sulamadaha. Untuk menuju ke sana, pengunjung kini bisa menempuh jalur darat. Sejak tahun 2016 telah tersedia jalan aspal menuju lokasi Jikomalamo 1 dan sejak tahun 2017 jalan dari Jikomalamo 1 hingga Jikomalamo 2 juga sudah mulai dibangun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai JikomalamoKredit gambar: Google Maps Andreas Muljadi

Secara administratif, Pantai Jikomalamo berada di Desa Sulamadaha, Kabupaten Pulau Ternate, Maluku. Nama Jikomalamo diambil dari nama desa yang berada di depan teluk pantai ini tepatnya di Pulau Hili. Pantai indah ini terus mengalami perkembangan dari tahun 2015 hingga sekarang.

Rute menuju pantai indah ini, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate atau memakan waktu sekitar 20-30 menit. Jarak pantai ke Pantai Sulamadaha hanya 2 km, sehingga banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk singgah setelah berkunjung ke Pantai Sulamadaha.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar pulau sesampainya di Bandara Sultan Babullah harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 13 kilometer untuk mencapai destinasi wisata tersebut. Rute dari bandara ke utara melewati kunjungan Batu Angus dan juga di tepi pantai Sulamadaha.

Sedangkan bagi wisatawan yang sudah berada di Danau Tolire Besar, jarak tempuh menuju lokasi sekitar 5,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 11 menit. Lebih spesifiknya, pengunjung bisa memanfaatkan fitur Google Maps atau GPS untuk menuju lokasi pantai.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai JikomalamoKredit gambar: Google Maps Abe Wicaksono

Pantai Jikomalamo merupakan pantai baru yang mulai diminati wisatawan yang memiliki berbagai keindahan alam. Namun biaya masuk ke pantai indah ini GRATIS alias gratis, pengunjung hanya perlu membayar sejumlah fasilitas yang disediakan seperti tempat parkir dan sewa peralatan snorkeling dan snorkling.

Besarnya biaya yang harus dikeluarkan pada akhirnya berbeda dengan tahun 2015 ketika pantai belum memiliki akses darat, sehingga pengunjung yang ingin datang ke pantai harus menyewa speedboat dengan biaya sewa sekitar Rp 250.000. Sekarang biaya sangat terjangkau dan akses menuju lokasi menjadi lebih mudah.

Nah, untuk masuk gratis, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir untuk mengamankan kendaraannya. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp5.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya Rp10.000. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan yang akan terlihat.

Pengunjung juga harus membayar biaya lain jika ingin membeli makanan atau minuman dari warung-warung yang ada di sekitar pantai. Pengunjung yang tidak membawa peralatan scuba atau snorkeling juga bisa menyewa peralatan yang disediakan oleh manajemen La Cona.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Jikomalamo

Aktivitas Wisata di Pantai JikomalamoKredit gambar: Google Maps Muhammad Ikhsan Setyadi

1. Jelajahi keindahan bawah laut

Wisatawan yang datang ke pantai dengan keindahan alam bawah laut ini tentunya tidak boleh melewatkan aktivitas diving atau snorkeling. Wisatawan bisa membawa perlengkapan diving atau snorkeling dari rumah atau bisa juga menyewanya di lokasi wisata. Kegiatan ini menjadi favorit wisatawan yang berkunjung.

2. Berenang juga menyenangkan

Berlibur di pantai memang yang paling menyenangkan adalah bisa bermain air sepuasnya. Wisatawan bisa bermain air dan berenang di Pantai Jikomalamo. Permainan air sangat baik dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terlalu terik atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas agar kulit tetap nyaman. Selalu gunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

3. Permainan pasir

Pasir putihnya menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Ternate ini. Pasir di pantai ini putih bersih dan halus. Pengunjung dapat mengukir nama, membangun istana pasir, mengubur diri di dalam pasir, dan lainnya. Meski terbilang sederhana, kegiatan ini cukup menyenangkan dilakukan bersama keluarga tercinta.

4. Berjemur sambil menikmati panorama yang ada

Berjemur memang bisa dilakukan di pantai cantik ini. Cuaca yang tidak terlalu panas dipadukan dengan semilir angin sepoi-sepoi akan membuat berjemur menjadi lebih menyenangkan. Negeri Pantai Jikomalamo masih sepi pengunjung, sehingga aktivitas berjemur sepi.

5. Gambar Keren

Kegiatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah berfoto. banyak spot foto bagus yang bisa digunakan yaitu gapura dua batu karang, tulisan “Selat Ternate” di tengah pantai, sedikit ke kanan ada spot foto bertuliskan “LOVE”, dan di atas depan La Cona ada teras dengan monumen kecil patung penyelam.

6. Naik banana boat dan kano

Bagi pengunjung yang ingin mencoba bermain di air yang cukup menantang adrenalin ini bisa menyewa banana boat yang akan membawa rombongan menjelajahi pantai.

Sedangkan pengunjung yang ingin lebih bersantai di atas air bisa menyewa kano. Ombak di pantai cantik ini cukup tenang, sehingga aman digunakan untuk bermain kano.

7. Menikmati sunset yang indah

Momen sunset atau matahari terbenam merupakan keindahan wisata pantai yang tidak boleh dilewatkan. Sunset di Pantai Jikomalamo juga sangat dinantikan oleh para wisatawan. Pemandangan Pulau Hiri akan semakin menakjubkan saat matahari mulai terbenam. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan jepretan kamera.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Wisata Pantai JikomalamoKredit gambar: Google Maps Totok Orisa

Berbagai fasilitas terus dikembangkan oleh pengelola Pantai Jikomalamo sejak tahun 2015 hingga saat ini. Fasilitas tersedia untuk menunjang aktivitas liburan para wisatawan. Fasilitas yang ada antara lain tempat parkir untuk memarkir kendaraan agar anda bisa menikmati suasana pantai. Ada juga fasilitas umum berupa toilet untuk mandi dan ganti baju.

Lokasi toilet ada di setiap warung makan. Ada juga warung makan untuk memanjakan perut pengunjung yang lapar setelah bermain. Fasilitas kedua yang tak kalah pentingnya adalah adanya tempat persewaan alat.

Tempat persewaan alat ini berada di sisi utara kawasan wisata. Lokasi persewaan menawarkan berbagai peralatan untuk menyelam dan snorkeling. Selain bisa disewa di sini, ada juga agen berpengalaman yang bisa memandu pengunjung untuk diving atau snorkeling. Petugas akan melakukan pengawasan untuk menjaga keselamatan para penyelam.

Saran untuk berkunjung ke pantai Jikomalamo adalah membawa kamera anti air agar kegiatan yang berlangsung disana dapat terekam dengan baik. Pengunjung sebaiknya membawa perlengkapan yang diperlukan terutama tabir surya agar kulit tidak terbakar langsung akibat sinar matahari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button