Sandiaga: Henky Manurung banyak meninggalkan "warisan" di Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif - WisataHits
Jawa Timur

Sandiaga: Henky Manurung banyak meninggalkan “warisan” di Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif

Saya menyaksikan beliau memiliki semangat tinggi yang selalu membuka ruang kerjasama dengan semua pihak, terutama dengan industri kreatif, perbankan swasta dan antar kementerian/lembaga.

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Henky Hotma Parlindungan Manurung, Deputi MP Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), meninggalkan banyak warisan.

“MS. Flora (istri Henky) dan kedua putra kesayangannya, Evan (anak pertama) dan Gareth (anak kedua), semoga diberikan kekuatan dan penghiburan untuk menghadapi cobaan ini. Mari kita biarkan dia pergi dan menemani kepergiannya dengan ikhlas,” katanya secara virtual dari London, Inggris, dalam upacara pelepasan resmi kematian Henky Manurung yang dipantau ketat. on lineJakarta Senin.

Sandiaga menyampaikan, Henky telah banyak berjasa untuk memajukan bangsa, khususnya melalui sektor pariwisata dan industri kreatif (parekraf).

Pertama, Henky adalah penggagas menggambar Pengajuan Perorangan Online (OSS) sebagai sarana yang memudahkan pelaku usaha, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan investor untuk berinvestasi di Indonesia. Banyak pelaku usaha dan masyarakat telah terbantu dengan alat ini karena mereka tidak lagi kesulitan mengelola usaha dan menciptakan lapangan kerja.

Kedua, lanjut Menparekraf, Henky merupakan pelaksana dalam penggabungan dan mensukseskan program pembiayaan pariwisata pemerintah untuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pelaku ekonomi dan masyarakat mendapat manfaat langsung dari keberlanjutan program KUR.

Saat pandemi COVID-19 merebak, Henky juga menjabat sebagai ketua tim pelaksana vaksinasi COVID-19 untuk lingkungan pariwisata kreatif. Saat itu berita tentang vaksinasi masih terbatas, dan Henky membujuk Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif untuk mendorong vaksinasi pariwisata dan bisnis kreatif dengan harapan bisnis mereka bisa berjalan kembali.

“Faktanya, Pak Henky terkenal dan banyak yang memanggilnya ‘teknisi vaksin keliling’. Ya, dia ‘teknisi vaksin bergerak’ Indonesia dan atas komitmennya dia menghubungkan banyak pihak untuk membuat pusat vaksin di destinasi wisata dan industri kreatif,” katanya.

Kemudian Henky juga menjadi orang di balik layar rencana stimulus Made in Indonesia (BBI) yang sedang berjalan untuk membantu 20 juta UMKM melalui gerakan nasional BBI. Selain itu, Henky berjasa menginisiasi kegiatan business matching bagi pelaku UMKM untuk menarik investor dan mengawal pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bagi industri kreatif, dan masih banyak program unggulan yang membawa warisan Henky di Kementerian Pariwisata dan Pariwisata. Ekonomi Kreatif adalah ekonomi.

“Saya menyaksikan beliau memiliki semangat tinggi yang selalu membuka ruang kerjasama dengan semua pihak terutama dengan industri kreatif dan kreatif, private banking dan antar kementerian/lembaga,” kata Sandiaga.

Sabtu (29/10) Menparekraf menceritakan kunjungan kerja terakhirnya ke Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur bersama Wakil Henky. Saat itu Henky dikabarkan sedang sakit.

Dia telah mengingatkan Henky untuk beristirahat. Namun berkat dedikasinya, Henky ingin tetap hadir dan memastikan program Kemenparekraf berjalan.

Pada pertemuan interaksi fisik terakhir, Henky bertemu Sandiaga Uno untuk pamit karena harus berangkat ke Malang Jawa Timur untuk memastikan arahan Menparekraf di KEK Singhasari dan pilot project Program Unggulan Pendanaan Peraturan Pemerintah (PP) No . 24 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Industri Kreatif.

Tidak lelah Ki (untuk bekerja di Malang)? Dia berkata, ‘Itu pekerjaan saya.’ Mengutip hadits Khoisunnas anfauhum linnas (sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat), Pak Henky termasuk menawarkan manfaat terbaik kepada orang lain. Mengandalkan Tri Hirta Karana yang kita miliki, Pak Henky juga menjalin hubungan baik dengan Sang Pencipta maupun dengan sesama, serta memberikan kontribusi positif bagi lingkungan,” ujarnya.

Sandiaga bersaksi bahwa Henky adalah seorang pekerja yang tak kenal lelah, seorang suami dan ayah yang sangat mencintai keluarganya, seorang mentor yang pengasih yang memberikan teladan dalam tindakannya, dan seorang rekan kerja yang sangat dicintai dan dihargai. Setiap orang yang berurusan dengan Henky menegaskan bahwa Henky adalah pekerja yang memberikan dedikasi dan kontribusi terbesar untuk bangsa dan negara.

Anggota Perindustrian dan Investasi Henky Manurung meninggal dunia pada Sabtu 5 November 2022 sekitar pukul 20.30 WIB di Rumah Sakit Mitra Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat. Ia lahir di Jakarta pada 2 Juni 1975 dan meninggal pada usia 47 tahun.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, dan sejumlah pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Menparekraf Pamerkan Produk Industri Kreatif Halal di KTT G20
Baca Juga: Kemenparekraf Targetkan 4,4 Juta Tenaga Kerja Baru di Sektor Pariwisata
Baca Juga: Kemenparekraf Gandeng Tokopedia dalam Upaya Adaptasi Digital

Wartawan: M. Baqir Idrus Alatas
Penerbit: Biqwanto Situmorang
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button