Pantai Bandengan Jepara - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Bandengan Jepara – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Bandengan salah satu wisata bahari favorit di Jepang yang menampilkan keindahan alam yang menakjubkan dan banyak spot foto keren.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang pantai di wilayah Jawa Tengah khususnya Jepara, nama Tirto Samudro atau yang sekarang dikenal dengan Pantai Bandengan menjadi salah satu destinasi wisata andalan para wisatawan. Lokasinya yang bisa berhubungan langsung dengan pariwisata Long Island semakin menarik wisatawan.

Begitu Anda memasuki kawasan wisata ini, Anda akan langsung disambut dengan pemandangan indah pepohonan yang menjulang di atas pantai dan udara yang begitu segar. Sebuah pemandangan seperti wisata pantai di pulau Bali, memanjakan wisatawan dengan keindahan dan kenyamanan.

Pantai Bandengan sangat bersih, jarang terlihat sampah. Hal ini tidak terlepas dari kinerja petugas kebersihan yang berhati-hati menegur pengunjung jika ketahuan membuang sampah sembarangan. Agen ini juga rutin membersihkan lokasi pantai dari sampah atau kotoran.

Atraksi Pantai Bandengan

Aktivitas Pantai BandenganKredit gambar: Badry, bos Google Maps

Wisata pantai di Jepara memang tidak setenar Pantai Kartini, khususnya Karimunjawa. Namun, pantai ini sangat populer karena memiliki banyak hal menarik yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke sini. Berikut adalah beberapa objek wisata Pantai Bandengan.

1. Taman yang indah di pantai

Salah satu daya tarik pantai ini yang tidak dapat ditemukan di pantai lain adalah adanya taman yang indah di tepi pantai. Suasana yang segar dan asri membuat Anda semakin rileks saat berada di sini. Anda akan merasa lebih tenang saat bersantai di taman ini.

2. Pesta Tunggal

Pantai ini sering mengadakan festival yang cukup unik. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Festival yang telah diadakan antara lain Festival Lumbon, Festival Layang-layang, Kompetisi Motocross dan pesta perahu.

3. Olahraga air

Salah satu spot favorit Pantai Bandengan untuk mengetahui fasilitasnya olahraga bahari. Bagi Anda yang menyukai olahraga air, pantai ini dilengkapi dengan beberapa olahraga air, antara lain: jetski, jetpack air, banana boat, ikan terbang air dan ombak buatan untuk peselancar. Wahana yang berbeda ini akan menambah keseruan liburan Anda.

4. Belvedere di tepi pantai

Bagi wisatawan yang lelah setelah seharian beraktivitas di pantai, atau tujuan liburan pantai untuk bersantai menyegarkan santai saja, gazebo yang berada di pinggir pantai bisa menjadi alternatif pilihan. Anda bisa menikmati indahnya panorama di sekitar pantai sambil bersantai, merasakan semilir angin yang sejuk dan menggoyang diri di gazebo yang nyaman ini.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Bandengan

Alamat PantaiBandenganKredit gambar: Google Maps Afrina Fajar

Terletak di Desa Bandengan, Kabupaten Jepara, Pantai Bandengan berjarak 7 kilometer dari pusat kota Jepara di Jawa Tengah. Lokasi pantai ini tidak jauh dan berada di sisi timur kota Semarang. Akses jalan menuju menara ini sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan roda dua, roda empat dan juga bus wisata.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan keselamatan, kenyamanan dan keamanan perjalanan menuju lokasi pantai ini. Karena selain kondisi jalan yang bagus, jalan menuju tempat wisata ini sudah tercover oleh aplikasi GPS dan banyak terdapat rambu-rambu jalan.

Rute yang perlu Anda tempuh untuk menuju pantai ini dari pusat kota adalah menuju Jalan Jepara. Hanya dalam 10 menit Anda akan sampai di pertigaan yang mengarah ke gerbang masuk Pantai Bandengan.

Namun, jika Anda memulai dari Semarang, maka percepat kendaraan menuju Jalan Yos Sudarso lalu lanjutkan ke Demak ambil jalur kiri yaitu jalan Kudus-Semarang yang merupakan jalur ramai terutama pada musim liburan.

Ikuti jalan Demak Welahan yang mengarah ke jalan Jepara-Kudus. Dari sana, Anda bisa melihat rambu-rambu jalan yang dipasang di beberapa titik jalan dan tiba di lokasi wisata. Rute dari Semarang ini memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan Jepara

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan JeparaKredit gambar: Google Maps Kang Antok

Untuk bisa mengakses lokasi pantai, tarif yang dikenakan bisa dibilang cukup terjangkau. Harga tiket untuk anak-anak dan dewasa berbeda-beda. Selain itu, harga tiket juga dipengaruhi oleh waktu kunjungan, misalnya Sabtu-Minggu dan Senin-Jumat yang memiliki harga tersendiri.

Biaya masuk untuk anak-anak adalah Rp 2000 pada hari biasa dan Rp 3000 pada hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan untuk dewasa, tiket masuknya Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.000 di akhir pekan.

Harga masuk yang ditawarkan belum termasuk biaya lain seperti sewa wahana, termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua yaitu sekitar Rp 2.000, Rp 4.500 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bus.

Jika ingin menikmati wahana seperti banana boat, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 30.000/orang. Selain itu, ada wahana jetski yang bisa disewa dengan tarif Rp 60.000/15 menit dan Rp 10.000 untuk donat ban. Dengan harga yang masih relatif terjangkau, Anda pasti akan merasa puas bisa mengunjungi pantai ini bukan?

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Bandengan

Aktivitas Menarik di Pantai BandenganKredit Gambar: Google Maps virra ariez

1. Berenang

Keindahan pantai dengan air yang jernih dan cukup tenang serta pasir putih akan menginspirasi Anda untuk berenang dan bermain di pasir destinasi ini. Berkat kejernihan airnya, Anda bisa melihat ikan berwarna-warni dan bentuk kehidupan laut lainnya saat berenang di Pantai Bandengan.

Penanggung jawab pantai juga menyediakan penyewaan pelampung. Ada dua jenis pelampung yang disewakan, yaitu pelampung ban yang terbuat dari ban dalam bekas dan pelampung bebek. Harga sewanya cukup murah, hanya sepuluh ribu rupiah.

2. Ikuti tur dengan sepeda gunung dan kano

Garis pantai yang cukup panjang dan wilayah yang cukup luas membuat wisata tepi laut ini sangat menarik untuk dijelajahi. Anda bisa berkeliling pantai menggunakan sepeda gunung yang disewakan di sekitar pantai.

Puas mengunjungi kawasan daratan, Anda juga bisa mengelilingi perairan pantai menggunakan sampan yang juga disewakan di pantai ini. Anda bahkan bisa menyeberang ke pulau tak berpenghuni yang sering disebut Pulau Panjang.

3. Berburu Foto

Pantai Bandengan memiliki banyak tempat menarik untuk dijadikan objek atau background foto. Anda dapat menjelajahi keindahan alam seperti saat-saat matahari terbenam melalui jepretan kamera. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar tempat-tempat menarik atau jalan-jalan di pantai ini seperti tempat pengintaian, banana boat, gelombang laut dan lain-lain.

4. Wisata Kuliner

Selain menikmati keindahan pantai, di wisata pantai yang indah ini Anda juga bisa berwisata kuliner laut sepuasnya. Karena di sekitar pantai banyak terdapat warung makan. Harga yang dipatok cukup terjangkau, menu yang disajikan juga enak. Jadi, ketika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda tidak perlu takut kelaparan karena banyak sekali kuliner menarik yang bisa Anda coba.

Penginapan murah dekat Pantai Bandengan

Penginapan murah dekat Pantai BandenganKredit gambar: Google Maps Afrina Fajar

Letak pantai yang tidak terlalu jauh dari pusat kota memungkinkan wisatawan untuk mencari penginapan dengan cukup mudah. Bahkan masih di kawasan pantai juga terdapat beberapa penginapan yang cukup nyaman dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah beberapa hostel di sekitar Pantai Bandengan.

1. Hotel Pantai Bandengan

Hotel ini berada di area pantai. Jaraknya hanya sekitar 408 meter dari pantai, yaitu di Jalan Tirto Samudro, Bandengan. Hotel 3 lantai ini mengusung konsep modern minimalis. Harga yang ditawarkan juga ekonomis, mulai dari Rp 175.000,00/malam.

Lokasi hotel ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya, pusat kota dan PS Alta Resto yang sudah begitu populer. Hotel berbiaya rendah, namun menawarkan banyak fasilitas untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain layanan kamar dan keamanan 24 jam, ruang pertemuan dan lain-lain.

Hotel ini sangat recommended untuk anda yang sedang berlibur backpacker. Tetap nyaman meski dengan harga murah.

2. Season Premier Hotel

Terletak di Jalan Wisata, Jepara, hotel ini hanya berjarak 231 meter dari Pantai Bandengan. Dengan istirahat hotel ini, Anda akan memiliki pemandangan pantai yang indah dari kamar yang Anda sewa.

Hotel yang mengutamakan kenyamanan, kebersihan dan ketertiban ini mematok harga mulai dari Rp 675.000,00/malam. Agak mahal memang, tapi sebanding dengan kenyamanan dan kepuasan yang Anda dapatkan dari menginap di sini.

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh hotel season premier antara lain: spa, fitness center, kolam renang outdoor dan masih banyak lagi. Jika Anda mencari liburan ala sultan, hotel ini mungkin bisa menjadi pilihan.

3. Palm Beach Resort Jepara

Berlokasi di Jalan Tirta Samudra, Jepara, ini bisa menjadi rekomendasi yang layak Anda dapatkan saat berada di Pantai Bandengan. Hotel ini sangat dekat dengan pantai yang hanya berjarak sekitar 100 meter. Menawarkan akses yang mudah dan dekat dengan Alun-Alun Jepara dan beberapa atraksi menarik lainnya di kota ini.

Palm Beach Resort yang megah ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Di sini Anda dapat menikmati fasilitas seperti ruang pertemuan, Wifi gratis, resepsionis, keamanan 24 jam, layanan binatu, kolam renang, biliar dan banyak lagi.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, hotel ini dibandrol mulai dari Rp 472.500,00/malam. Cukup terjangkau untuk sebuah hotel dengan kualitas yang cukup baik.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bandengan Jepara

Fasilitas Pantai Bandengan JeparaKredit gambar: Google Maps Vania Hugeng

Wisata pantai favorit di Jepara ini menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang datang. Adanya fasilitas tersebut selain memberikan kenyamanan tetapi juga kemudahan bagi wisatawan untuk memenuhi segala kebutuhannya selama berlibur di pantai ini.

Bisa dikatakan fasilitas yang tersedia di destinasi wisata ini cukup lengkap. Di sini Anda akan menemukan fasilitas seperti kamar kecil, kamar mandi yang cukup banyak, mushola, persewaan tikar, restoran, penginapan, pusat oleh-oleh, tempat penitipan anak dan lain-lain.

Demikian ulasan mengenai Wisata Pantai Bandengan Jepara. Tempat wisata yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Jawa Tengah khususnya Jepara. Semoga ulasan ini cukup memberikan informasi untuk Anda dan bisa menjadi referensi salah satu destinasi wisata yang Anda kunjungi nanti.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button