Pantai Anyer, Pantai Indah Kaya Pesona di Banten - WisataHits
wisatahits

Pantai Anyer, Pantai Indah Kaya Pesona di Banten

Pantai Anyer menjadi objek kunjungan yang sangat tepat dimana memamerkan pesona keindahan pantai Banten dan paling banyak dikunjungi wisatawan.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Jl.Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kota Serang, Banten; Kasus: Cek lokasi

Pantai Anyer merupakan kawasan pesisir kota Serang yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan pemandangan lautnya yang indah, destinasi wisata ini dibanjiri wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, Pantai Anyer juga memiliki tempat-tempat menarik seperti olahraga air, berenang, menyelam, menikmati sunset sore hari dan masih banyak lagi. Menariknya, bagi Anda yang hobi snorkeling, Anda bisa mencobanya langsung dengan mengunjungi pantai ini.

Selain itu, fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan sangat cocok untuk liburan keluarga. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke destinasi wisata pantai ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh tentang Pantai Anyer.

1. Tempat wisata Pantai Anyer

Lokasi pantai AnyerKredit gambar: Google Maps adamscover

Pantai Anyer terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Nama Anyer sendiri diambil dari kecamatan wilayah Banten yaitu Anyer. Sebagian wilayah kecamatan Anyer merupakan wilayah pesisir. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang berhimpitan dengan jalan raya (searah Jakarta).

Oleh karena itu Anyer bukan hanya nama pantai saja, tetapi seluruh pantai di tempat ini disebut pantai Anyer. Untuk menuju lokasi ini, Anda akan menemukan sebuah gapura bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Anyer”.

Setelah melewati gerbang, Anda akan menemukan kawasan pasar Anyer yang termasuk pantai. Namun sebelum melihat pantai, Anda harus melangkah lebih jauh untuk melihat pantai Anyer. Dan ketika setelah melewati pasar, Anda akan menyadari bahwa Anda telah tiba di pantai.

Anda bisa menikmati Jalan Raya Anyer Scenic hingga ke perbatasan Pantai Carita. Jadi ini adalah batas akhir dari kecamatan Anyer, jika anda melanjutkan perjalanan anda akan menuju ke pantai Carita.

2. Harga tiket masuk dan jam buka Pantai Anyer

Harga tiket Pantai AnyerKredit gambar: Google Maps Lukáš Hybner

Untuk menuju kawasan Pantai Anyer, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rs 5.000. Namun, jika Anda ingin mengikuti setiap tur, Anda akan dikenakan biaya lagi sesuai dengan kawasan wisata yang ingin Anda kunjungi.

Dan bagi pengunjung yang membawa kendaraan sendiri, biasanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor. Selain itu, berbagai pantai di kawasan pantai Anyer biasanya buka 24 jam sehari. Namun untuk wahana air, biasanya hanya buka pada siang hari hingga sore hari.

3. Fasilitas yang tersedia di Pantai Anyer Pantai

Fasilitas pantai AnyerKredit gambar: Google Maps Nabilah

Pantai Cantik Anyer menawarkan berbagai fasilitas yang siap menemani liburan Anda. Selain itu, fasilitas yang disediakan sangat lengkap, mulai dari ruang ganti, toilet, mushola dan akses jalan menuju pantai ini yang sudah diperbaiki.

Nah, buat kamu yang masih kurang puas dan masih ingin mengunjungi berbagai pantai di Anyer. Ada juga fasilitas berbayar seperti akomodasi, hotel, homestay atau lainnya. Untuk akomodasinya sendiri, tersedia dari budget hingga chic.

Dan tentunya setiap asrama memiliki kelebihan dan fasilitasnya masing-masing. Namun, beberapa hostel di pantai Anyer menawarkan fasilitas seperti kamar full AC, kolam renang dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa bermalam dengan nyaman sambil menikmati fasilitas yang tersedia untuk Anda.

Ada juga beberapa fasilitas lain seperti water sport, jet ski, banana fight dan mountain biking. Selain itu, untuk mengisi perut yang kosong, Anda bisa singgah sejenak di beberapa restoran atau tempat makan yang tersedia di sepanjang pantai.

4. Jalan Menuju Kawasan Pantai Anyer

Jalan pantai AnyerKredit gambar: Google Maps Philbert Gillian

Untuk menuju lokasi Pantai Anyer, Anda bisa melewati dua cara. Rute pertama adalah keluar dari tol Cilegon menuju kota Ciwandan. Setelah itu, Anda akan melewati pasar baru untuk melanjutkan ke pantai ini.

Dahulu jalur ini sedikit rusak, namun kini telah diperbaiki untuk memudahkan kenyamanan pengendara sepeda. Anda bisa mengakses jalur kedua melalui tol Serang Timur menuju Jakarta. Setelah itu, Anda akan melewati kabupaten Serang, Banten.

Jika datang dari pusat kota, Anda bisa mengambil jalur menuju Kantor Gubernur lalu belok kanan. Saat mencapai 50 meter, Anda harus belok kiri dan menuju Jalan Mayor Safei. Setelah itu, di lampu lalu lintas pertama, belok kiri untuk sampai ke perempatan Brimob.

Ambil jalur yang benar untuk sampai ke taktakan, jika sudah bisa melalui Gunung Sari dan akhirnya sampai di pasar Anyer. Dengan cara ini, Anda hanya perlu langsung menuju pantai Anyer. Selain itu, perjalanan dari Jakarta ke pantai ini biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam.

5. Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Anyer

Aktivitas pantai AnyerKredit gambar: Google Maps Supyan Syauri

Menghabiskan liburan di Pantai Anyer memang kurang lengkap jika belum mencoba beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Apalagi jika Anda bepergian bersama teman atau keluarga, Anda pasti bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Mulai dari surfing, snorkeling, diving, ATV driving dan masih banyak aktivitas seru lainnya. Namun bagi Anda yang tidak berselancar, tidak perlu sedih karena ombak masih bisa Anda rasakan melalui bodysurfing. Dengan bodysurfing, Anda bisa merasakan nuansa ombak tanpa memperhatikan keseimbangan.

Untuk bodysurfing, Anda bisa menyewa papan selancar yang telah disediakan di sekitar pantai. Selain itu, ada aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan, yaitu menikmati matahari terbenam. Matahari keemasan yang menghiasi ombak akan sangat indah.

Tak hanya itu, ada aktivitas lain yang patut Anda coba, yaitu menikmati pemandangan Pantai Anyer dari Mercusuar Cikoneng. Mercusuar dengan ketinggian 75 meter ini sedikit menarik wisatawan untuk berbondong-bondong menuju puncak mercusuar. Sebelum itu, Anda harus menaiki anak tangga yang terdiri dari sekitar 16 lantai.

Namun, begitu sampai di puncak mercusuar, rasa lelah Anda akan terbayar saat melihat panorama pantai ini dan deburan ombak yang memesona. Dan jangan lupa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto-foto agar bisa dijadikan kenang-kenangan.

6. Keunggulan Pantai Anyer dibandingkan pantai lainnya

Keunggulan Pantai AnyerKredit Gambar: Google Maps Poetical Me

Pantai Anyer telah menjadi favorit di kalangan masyarakat. Selain murah, lokasi pantai ini dekat dengan ibu kota Jakarta dan sangat mudah diakses. Selain itu, pantai ini menjadi daya tarik tersendiri di mata masyarakat. Apalagi dengan banyaknya spot keren yang bisa memanjakan mata begitu sampai di tempat ini.

Apalagi Pantai Anyer terdiri dari berbagai objek wisata pantai yang bisa Anda jelajahi. Seperti Pantai Marbella, Pantai Coral Bolong, Pantai Guava, Pantai Marina dan masih banyak lagi. Menariknya, Anda bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut sekaligus.

7. Makanan khas dan oleh-oleh dari Pantai Anyer

Kuliner Pantai AnyerKredit gambar: Google Maps syahidin –

Saat mengunjungi destinasi wisata Pantai Canti ini, rasanya masih kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh dan belum mencicipi kuliner khas pantai Anyer yang berbeda. Berbagai souvenir bisa Anda dapatkan mulai dari kaos monarki, makanan, hingga kain batik. Batik Badui adalah salah satu oleh-oleh yang paling populer.

Selain memiliki motif yang unik, batik Badui biasanya hanya memiliki 2 warna yaitu biru dan hitam. Hidangan lain yang sangat populer di wilayah ini adalah sate bandeng. Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi tanpa menggunakan bumbu sate biasa. Cita rasanya yang khas, selalu mengingatkan pada kearifan daerah Banten.

Terakhir, ada baju moncong, salah satu suvenir paling populer. T-shirt ini bertemakan Indonesia dengan kearifan, filosofi dan angka Banten. Kaos Monarchy menawarkan berbagai pilihan desain yang menarik. Selain itu, kaos ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Sehingga banyak wisatawan yang mencari oleh-oleh yang satu ini.

Itulah beberapa ulasan tentang Pantai Anyer di Pantai Banten. Masih banyak keindahan lain yang wajib Anda lihat dengan berkunjung langsung. Dan jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaik Anda untuk mengingat Anda mengunjungi pantai ini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata pantai yang unik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button