Kuningan Woodland, objek wisata alam dengan panorama hutan pinus yang luar biasa - WisataHits
wisatahits

Kuningan Woodland, objek wisata alam dengan panorama hutan pinus yang luar biasa

Kuningan Woodland, objek wisata alam dengan panorama hutan pinus yang luar biasa
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 09.00-19.00 WIB, Alamat: Jl.Ragasakti No.130, Setianegara, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat tidak bisa dianggap remeh dalam hal pariwisata. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan Anda termasuk Woodland Kuningan. Seperti namanya, tempat wisata ini dibangun di tengah hutan yang berdiri sempurna dengan pohon pinus yang tinggi. Sensasi liburan di tengah hutan langsung terasa sejak Anda menginjakkan kaki di lokasi. Salah satu alasannya adalah mengapa banyak wisatawan mengunjunginya, baik penduduk lokal maupun dari luar daerah.

Tempat wisata ini cocok bagi anda yang membawa rombongan keluarga atau pasangan. Bukan tanpa alasan, banyaknya wahana seru untuk anak-anak salah satunya. Selain itu, berbagai lokasi cantik bisa digunakan untuk mengisi memori perangkat pintar. Belum lagi suasana asri yang jauh dari polusi membuat udara di sekitarnya menjadi lebih segar dan sehat. Sejauh mata memandang, pohon pinus seolah tak pernah berhenti mengikuti arah pandangan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, popularitas Woodland Brass semakin meningkat. pengunjung yang datang ke situs pasti akan mengabadikan momen yang diunggah ke media sosial. Spot foto yang paling populer adalah di bawah air, atau berpose di dalam air. Uniknya, pihak pengelola menyediakan fasilitas untuk menambah keindahan hasil foto. Diantara perlengkapan yang dimaksud adalah sepeda, sepeda motor dan perlengkapan komputer.

Daya tarik yang dimiliki Woodland Brass

Atraksi Hutan KuninganKredit gambar: Google Maps Ade Setiawan

Soal daya tarik, alasan mengunjungi tempat wisata ini memang beragam. Beberapa atraksi tersebut mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah. Mungkin Anda juga berhak mengetahui apa saja objek wisata Woodland Kuningan sebelum Anda ke sana.

1. Panorama hutan pinus yang menakjubkan

Bukan hanya hutan yang berisi kumpulan pohon pinus, tetapi yang telah dirancang untuk tujuan rekreasi. Namun, keindahan hutan tetap terjaga dan dilindungi. Tidak ada perusakan pohon membuat tempat ini lebih alami. Untuk menyediakan fasilitas gaming, pihak pengelola hanya menambah jika diperlukan.

Terlihat jelas dari jauh bahwa hutan rindang adalah rumah bagi semua turis yang datang dari matahari. Di pagi hari, suasana semakin indah dengan kabut yang turun ke permukaan tanah. Fenomena ini langka dan hanya bisa diamati saat cuaca mendukung. Untuk fenomena buatan manusia, ada jembatan kayu panjang yang sangat unik. Jembatan yang memiliki sol bambu ini akan memantulkan cahaya saat disinari lampu.

Demi kenyamanan wisatawan, pihak pengelola telah membangun beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat. Ternyata tidak hanya fungsinya saja, tetapi juga digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati indahnya panorama Woodland Kuningan. Agar keindahannya semakin terasa, usahakan datang dan berkunjung pada sore atau malam hari.

2. Ukuran kolam renang yang berbeda

Untuk menambah daya tarik sekaligus sebagai fasilitas penunjang, pengelola telah membangun kolam renang dengan berbagai ukuran. Bukan hanya satu atau dua, tapi ada empat kolam yang bisa digunakan. Untuk rombongan dengan anak-anak juga terdapat kolam khusus untuk mereka dengan kedalaman yang sangat dangkal.

Menariknya, sumber air kolam ini masih alami, diambil langsung dari mata air pegunungan. Lokasinya yang dibangun di sekitar pohon pinus membuat suasana semakin asri dan betah berlama-lama. Tidak hanya untuk berenang, kolam alami Woodland Kuningan ini juga cocok untuk mandi atau sekedar bermain air.

3. Spot foto bernuansa alam

Daya tarik lain yang juga sangat penting sebagai tolak ukur kepuasan pengunjung adalah banyaknya spot foto yang disediakan. Pengunjung bebas memilih tempat yang diinginkan, misalnya di jembatan kayu atau gazebo yang dibangun seperti rumah pohon tanpa atap. Spot utama yang disebutkan di atas adalah bidikan bawah air yang sangat unik.

Tak hanya lampu sorot buatan yang sengaja didesain untuk mendukung instalasi Woodland Kuningan, Anda juga bisa memanfaatkan nuansa alam panorama hutan pinus yang asri. Kali ini, tidak diperlukan keahlian khusus dalam hal fotografi. Meski masih pemula, sudah pasti pukulannya tidak kalah dengan yang sudah profesional. Ini karena pada dasarnya latar belakang yang menguntungkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Woodland KuninganKredit gambar: Google Maps Kahaji Kanda Muwahidin Firdaus

Meski berada di tengah hutan pinus, namun lokasinya mudah ditemukan. Alamat lengkap Woodland Kuningan ada di Jl Ragasakti No 130 Setianegara Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Kuningan sekitar 27 km dengan waktu tempuh 40 menit dengan kendaraan bermotor.

Akses jalan cukup baik dengan kondisi beraspal sempurna. Tidak hanya mobil yang bisa menjangkau lokasi, bus pariwisata juga sangat memungkinkan. Silakan gunakan petunjuk arah dari Google Map jika Anda masih ragu dengan arah di sekitar lokasi. Akan lebih baik untuk bertanya kepada penduduk setempat yang dikenal ramah turis.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Hutan KuninganKredit gambar: Google Maps Indah Utami

Sesampainya di tempat parkir, harap siapkan sejumlah uang untuk membeli tiket masuk. Tidak terlalu mahal untuk nuansa dan pengalaman liburan yang akan didapatkan di Woodland Kuningan. Terbagi menjadi dua bagian, untuk hari aktif dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000, sedangkan akhir pekan atau hari libur dikenakan biaya sebesar Rp15.000.

Harga diatas belum termasuk biaya parkir yang harus dibayar 3.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil. Selain itu, masih ada dana yang harus disiapkan jika ingin menikmati wahana yang ada disana. Dari sekian banyak wahana atau permainan yang ada, harganya selalu berkisar antara 20.000 hingga 30.000 rupiah.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di hutan

Kegiatan Hutan KuninganKredit gambar: Google Maps Anugrah Nabila

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan, layaknya Anda mengunjungi objek wisata lainnya. Kegiatan yang dilakukan tentunya positif dan bermanfaat, selain untuk mengisi waktu luang tentunya. Berpiknik bersama keluarga atau rombongan adalah inti dari semua aktivitas menarik yang dilakukan di Woodland Kuningan.

1. Berenang dan bermain air

Ketersediaan kolam dengan ukuran berbeda tidak hanya untuk dekorasi. Anda bisa melakukan aktivitas seru sambil mandi atau berenang. Airnya yang jernih dan alami membuat suasana semakin menyegarkan. Desain kolamnya juga cantik, ada yang berbentuk lingkaran yang di tengahnya ada pohon sungguhan yang ditanam di petak minim. Namun, pohon tersebut masih bisa bertahan dan menjadi pemandangan yang indah.

Dari semua keindahan kolam renang tersebut, jernihnya air menjadi salah satu daya tarik yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berbasah-basahan. Diambil dari aliran atau mata air Kangoraan, kesegaran dan kejernihannya selalu dipertahankan. Apalagi jika beberapa kolam dikelilingi tanaman rindang agar selalu terlindung dari sinar matahari langsung.

2. Berkuda

Woodland Kuningan juga menawarkan menunggang kuda yang bisa dinikmati pengunjung. Nyatanya, tidak hanya anak-anak yang bisa menunggang kuda, tapi juga orang dewasa. Menunggang kuda dengan santai tentu memberikan perasaan yang berharga, terutama bagi anak-anak.

Peralatan keamanan selalu menjadi perhatian utama, jadi Anda tidak perlu khawatir. Apalagi jika dalam sebuah perjalanan ada pemandu yang juga ahli kuda. Seperti tempat wisata lainnya, menunggang kuda juga tidak gratis. Dengan kata lain, Anda harus membayar sesuai dengan ketentuan harga yang berlaku saat itu.

3. Tingkatkan adrenalin dengan Flying Fox

Bagaimana rasanya meluncur dari ketinggian ke bumi dengan kecepatan penuh? Itulah yang Anda rasakan saat mengelilingi rubah. Game ini bisa memacu adrenalin bagi siapa saja yang mencobanya. Jangan khawatir tentang keamanan karena helm dan bantalan siku dan lutut tersedia sebelum Anda meluncur. Layaknya menunggang kuda, permainan ini juga tidak termasuk dalam paket masuk.

4. Jalan-jalan bersama keluarga

Kegiatan Hutan KuninganKredit gambar: Google Maps Akhmad Sutrisno

Aktivitas menarik lainnya yang wajib dilakukan saat berada di Woodland Kuningan adalah jalan-jalan. Lokasinya sangat luas sehingga bisa dijadikan arena keluar. Ada juga jembatan gantung, ayunan dan permainan kelompok lainnya. Kegiatan ini sangat positif bagi anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat utama yang bisa diperoleh adalah pengenalan alam sehingga ada kesadaran untuk menjaga kelestarian alam.

Selain sebagai permainan, outbond juga bisa dilakukan sambil camping atau berkemah. Tidak sedikit pengunjung yang datang untuk kegiatan ini, terutama yang datang dengan rombongan. Anda bisa menyewa tenda dan perlengkapan lainnya dari pengelola. Begitu pula jika Anda tidak membawa peralatan sendiri dari rumah.

5. Cari spot foto yang indah

Ini adalah kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi Woodland Kuningan. Tujuan utama sebagian besar wisatawan adalah untuk mencari tempat-tempat yang indah dan unik. Sebut saja jembatan gantung dengan lampu berwarna menghiasinya. Tentu pemandangan ini akan lebih cantik jika Anda datang pada malam hari.

Jangan lupakan tempat-tempat unik foto bawah air yang dijelaskan sebelumnya. Tidak banyak objek wisata lain yang memberikan rasa unik ini. Oleh karena itu, manfaatkan saat Anda berada di sana. Masih banyak spot foto lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai background foto. Misalnya rumah pohon, pos pengamatan, suasana alam hutan pinus, dan masih banyak lagi.

6. Wisata Kuliner Lezat

Lelah dan lapar setelah menjelajahi Woodland Kuningan? Apalagi kalau bukan berburu kuliner untuk kegiatan yang paling tepat dilakukan. Ada Resto Woodland yang menawarkan berbagai hidangan lezat. Tempatnya juga lumayan besar jadi nyaman walaupun banyak pengunjung yang datang dengan tujuan yang sama. Harganya terjangkau, masih standar harga makanan di beberapa tempat wisata alam yang indah pada umumnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan kayu kuninganKredit gambar: Google Maps Anadi Sakina

Tempat wisata yang indah ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung yang datang. Selain yang sudah disebutkan di atas yang juga merupakan permainan atau kolam renang, ada juga beberapa fasilitas lainnya. Parkir aman juga merupakan fasilitas yang Anda dapatkan. Ada juga mushola sebagai tempat ibadah, dan toilet untuk membersihkan diri atau berganti pakaian.

Pengunjung yang lelah selama perjalanan atau menikmati wahana yang ditawarkan bisa beristirahat di gazebo. Banyak titik menyediakan gazebo yang dibangun khusus untuk keperluan tersebut. Fasilitas lainnya adalah adanya rumah makan atau rumah makan yang telah disebutkan di atas.

Demikian informasi berharga mengenai tempat wisata yang sedang populer saat ini yaitu Woodland Kuningan. Semoga informasi ini dapat menambah referensi objek wisata anda, atau juga meyakinkan anda untuk segera datang dan mengunjungi lokasi tersebut. Ingatlah untuk menjaga kebersihan di lokasi wisata, demi kenyamanan bersama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button