Pantai Ngiroboyo Pacitan, pantai eksotis yang menyatu dengan pesona Sungai Maron - WisataHits
wisatahits

Pantai Ngiroboyo Pacitan, pantai eksotis yang menyatu dengan pesona Sungai Maron

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Ngirobyo salah satu tempat wisata yang indah di Pantai Pacitan di Jawa Timur. Pantai yang berada di ujung sungai Maron ini memiliki pasir hitam dan menawarkan pemandangan yang indah.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Wilayah Jawa Timur memiliki potensi wisata yang tak ada habisnya untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Ngiroboyo, pantai yang didominasi pasir hitam yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Pacitan. Wisatawan yang datang tidak hanya tertarik dengan keindahan pantai yang dikelilingi tebing kapur. Namun juga karena suasana pantai yang relatif lebih sepi dibandingkan pantai-pantai lain di Jawa Timur.

Bagi Anda yang merencanakan liburan di pantai ini, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Selain itu, lokasinya yang mudah ditemukan akan memudahkan pengunjung untuk menemukan tempat wisata ini. Demikian informasi mengenai wisata pantai.

Daya Tarik Pantai Ngiroboyo

Aktivitas di Pantai NgiroboyoKredit gambar: Google Maps Nur Hardianto

1. Panorama Khas Pantai Selatan

Di sepanjang Pulau Jawa bagian selatan ini banyak terdapat deretan objek wisata pantai yang memiliki pasir hitam. Pantai Ngiroboyo yang juga merupakan salah satu pantai di Jawa Selatan memiliki kekhasan ini.

Pada siang hari, saat matahari sedang terik, pancaran sinarnya menyebabkan butiran-butiran pasir berkilauan. Bahkan tak jarang wisatawan yang datang ke pantai ini mengatakan pasirnya terlihat seperti mutiara hitam yang berkilauan.

Pemandangan lain yang akan menemani kedatangan Anda di pantai ini adalah deretan tebing kapur di sebelah barat. Rerumputan yang tumbuh di tebing membuat pemandangan lebih hijau dan indah.

2. Pos Pengamatan Bukit Ngirobyo

Terdapat pos pengamatan di kawasan pantai Ngiroboyo yang terletak di atas bukit kapur yang menjulang tinggi. Ada sebuah bangunan mirip pendopo khas Yogyakarta, yang terletak di tepi tebing sisi selatan.

Wisatawan bisa melihat pesona pantai di bawah ini dengan perspektif yang berbeda. Pantai pasir hitam yang landai akan semakin mempesona saat ombak laut menyapu bibir pantai.

Di atas ketinggian ini, Anda bisa berfoto sebagai pemandangan pantai atau laut lepas. Anda dapat mengambil latar belakang langit yang cerah, dengan lautan luas yang mengarah langsung ke Samudera Hindia.

3. Pesona Sungai Maron

Keindahan Ngiroboyo tidak terlepas dari Sungai Maron, karena letaknya yang berada di ujung sungai yang terkenal ini. Sungai ini memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi primadona saat musim kemarau, karena pada musim ini air sungai maron tampak lebih jernih dan bersih.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Pantai Ngiroboyo

Alamat Pantai NgirobyoKredit gambar: Google Maps Woro Ayu Anggraeni

Pantai ini terletak di Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dengan banyaknya rute perjalanan yang bisa Anda pilih, mulai dari rute pantai Watu Karung hingga rute wisata Goa Gong.

Namun jalur yang sering ditempuh wisatawan adalah jalur wisata Goa Gong, dengan kondisi jalan yang cukup baik. Mulai dari pusat kota yang berjarak 32 km dengan waktu tempuh satu jam perjalanan Anda akan menempuh jalan menanjak dan berkelok-kelok.

Setelah bertemu jalur Sungai Maron, Anda akan melanjutkan perjalanan menyusuri jalan tepi sungai. Kemudian Anda akan menemukan jalan yang memiliki tikungan tajam dan setelah itu Anda akan memasuki Jalan Pantai Ngiroboyo.

Pintu masuk ke pantai akan terlihat setelah melintasi bukit hijau dengan beberapa bangunan yang bisa dilihat di sana. Sangat disarankan jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, karena kondisi jalan di beberapa tempat kurang baik.

Tiket masuk ke pantai ini memiliki harga referensi yang murah, dimana hanya dengan Rp 5.000 kamu sudah bisa memasuki kawasan wisata cantik ini. Harganya yang murah membuat pantai ini wajib masuk dalam daftar destinasi yang akan Anda kunjungi di Pacitan.

Destinasi murah ini tentu tidak akan menguras kantong Anda. Selain itu, lokasinya dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Ngiroboyo

Aktivitas Seru di Pantai NgiroboyoKredit gambar: Google Maps Herlin Utami

1. Memancing

Kegiatan yang membutuhkan kesabaran ini bisa menjadi bagian dari kegiatan mengisi waktu luang selama liburan. Apalagi jika Anda mengunjungi salah satu pantai di Pacitan, Anda akan menemukan banyak spot memancing.

Karena dekat dengan sungai, ada dua tempat sekaligus yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat memancing. Jika Anda memilih pantai dengan ikan air asin, pancing yang disiapkan harus berukuran lebih besar. Selain menggunakan udang atau umpan ikan kecil lainnya.

Namun, jika Anda memilih sungai sebagai tempat memancing, cukup umpan dengan cacing atau lumut hijau untuk menangkap ikan. Anda bisa menggunakan semua jenis pancing, bahkan yang sederhana seperti bambu tipis.

2. Menyusuri sungai dekat pantai

Lokasi Pantai Ngiroboyo yang berdekatan dengan salah satu sungai terpanjang di Jawa Timur, membuat banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan. River tubing adalah kegiatan favorit bagi wisatawan pantai dan sungai.

Menggunakan ban karet dan perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan helm, Anda akan diajak berjalan menyusuri sungai yang berujung di pantai. Keseruan akan bertambah jika arus sungai lebih kuat, ban karet Anda bisa mengenai tepi sungai saat melewati tikungan.

Jangan panik jika ini terjadi, karena sebagian besar tepi sungai adalah tanah, bukan batu keras yang tajam. Karena dengan melakukan aktivitas ini Anda juga bisa mengenal wisatawan lain yang datang dari berbagai kota.

Ban karet dan segala kebutuhan perlengkapan lainnya disediakan oleh manajemen. Cukup dengan harga sewa Rp 10.000 per jam, Anda sudah bisa melakukan aktivitas seru ini.

3. Perkemahan

Jika Anda memiliki jiwa petualang, Anda harus mencoba aktivitas di pantai Ngiroboyo ini. Tempat yang disediakan untuk pemasangan tenda terletak di bagian utara pantai, tepatnya di area camping.

Pada malam hari di kawasan tersebut, udara yang dingin akan membuat tubuh menjadi lemas ketika datang pada malam hari. Angin laut akan bertiup lebih kencang saat tengah malam. Jadi persiapkan pakaian atau jaket hangat terlebih dahulu untuk melindungi diri dari hipotermia.

Selain kebutuhan pakaian dan tenda untuk camping, penting juga untuk menyiapkan asupan makanan. Anda bisa memilih makanan dan minuman instan sebagai bekal saat berkemah, karena cara menyiapkannya sederhana dan tidak membutuhkan bahan lain.

Saat Anda bangun di pagi hari, sinar matahari yang hangat akan menyambut awal hari Anda. Agar tubuh lebih segar saat bangun tidur, berjemur di bawah sinar matahari sangat baik untuk kesehatan kulit Anda.

Penginapan murah terdekat dari lokasi pantai Ngiroboyo

Penginapan murah terdekat dari lokasi pantai NgiroboyoKredit gambar: Google Maps Tunjung Sekarwangi

1. Villa Roemah K

Hostel pertama yang tidak jauh dari Pantai Ngiroboyo adalah Roemah K Villa. Mengusung tema tradisional Jawa, hostel ini dibangun menyerupai bangunan joglo dengan desain di dalamnya.

Nuansa Jawa akan Anda rasakan saat memasuki ruang utama hostel ini. Dimana meja dan kursi sederhana digunakan untuk menyambut tamu, dengan televisi model lama dipajang di satu sisi.

Harga sewa tiap kamar cukup murah, dengan ukuran tiap kamar luas. Tempatnya nyaman dan bersih, tidak jarang hostel ini sering digunakan para pengendara sepeda kota untuk istirahat.

2. Hotel Sekar Wangi

Hotel ini terletak di dekat Sungai Maron yang mengalir langsung ke pantai. Area parkir kendaraan cukup luas, bahkan mobil tamu bisa diparkir langsung di depan hotel.

Fasilitas di setiap kamar lengkap, mulai dari penyejuk udara, televisi hingga kamar mandi bersih. Pemandangan di luar ruangan yang diberikan tentu saja Sungai Maron. Di pagi hari, hangatnya sinar matahari akan masuk melalui jendela kamar tidur Anda.

3. Keluarga Pembawa Selancar Pacitan

Berjarak 12 km dari pantai Ngiroboyo, dari hostel ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi wisata. Homestay ini menjadi langganan wisatawan dari luar daerah, karena jalan menuju hostel ini mudah diakses.

Memiliki dua tingkat di ruang utama, para tamu homestay dapat melihat pemandangan laut dari lantai paling atas. Apalagi halaman depan hostel ini juga luas, sehingga kendaraan sekelas travel bus bisa diparkir disini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngiroboyo Pacitan

Fasilitas Pantai Ngiroboyo PacitanKredit gambar: Google Maps Sholeh Kurniawan

Beberapa fasilitas telah disediakan pengelola untuk wisatawan pantai, antara lain kamar mandi yang bisa digunakan dengan suplai air bersih. Tak hanya itu, gazebo bambu pun bertebaran di sepanjang pantai.

Gazebo yang nyaman ini bisa Anda gunakan untuk bersantai, sekedar menikmati sejuknya angin laut. Tempat ibadah seperti mushola juga terletak di bagian depan, tepatnya di dekat tempat parkir kendaraan.

Inilah informasi pantai yang namanya kini mulai dikenal wisatawan dari luar daerah. Suasana tenang dan pemandangan yang ditawarkan Pantai Ngiroboyo akan membuat semua orang betah berada di tempat wisata ini. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button