Alun-alun Karimunjawa adalah tempat terbaik untuk wisata kuliner malam - WisataHits
wisatahits

Alun-alun Karimunjawa adalah tempat terbaik untuk wisata kuliner malam

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Karimunjawa: Gratis Jam Buka: 18:00 – 23:00No. Telepon: -Alamat: Jalan Pemuda No. 3, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59455

Alun-alun Karimunjawa merupakan tempat wisata kuliner yang terkenal dengan olahannya makanan laut. Padahal, kawasan ini bukanlah obyek wisata. Namun hanya sebuah lapangan yang berisi para pedagang asongan. Dimana sebagian besar pedagang ini menjual souvenir, makanan tradisional dan hewan laut.

Bentuk tanahnya hanya bundaran kecil dengan tanah berumput di bagian bawah. Biasanya tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong, wisata kuliner, dan spot foto. Di sore hari, pengunjung bisa menikmati keindahannya matahari terbenam sekitar alun-alun. Lalu, pada malam hari, pemandangan gemerlap cahaya bintang akan menghiasi langit alun-alun.

Harga Tiket Alun-alun Karimunjawa

Atraksi di Alun-alun Karimunjawa ini dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara secara gratis. Setiap orang bebas masuk dan keluar tanpa membayar biaya.

Harga Tiket Alun-alun Karimunjawa
Tiket masuk Gratis

Baca: Tiket dan Atraksi BUKIT LOVE

Jam Buka Lapangan Karimunjawa

Area alun-alun masih buka setiap hari. Begitu juga pada hari kerja, akhir pekan, bahkan pada hari libur. Alun-alun ini biasanya akan ramai dikunjungi dari sore hingga malam hari

Jam buka
Setiap hari 18.00 – 23.00

Objek Wisata Alun-alun Karimunjawa

Mengunjungi Alun-alun Karimunjawa tidak seluas Alun-alun Jepara. Namun, kawasan ini memiliki hal menarik yang jarang ditemukan di tempat wisata lainnya. Misalnya seperti Night Kitchen, Seafood Market, dan tempat jual pernak-pernik khas Karimunjawa. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat keindahan bintang yang berkelap-kelip di malam hari.

pasar makanan laut

Kios penjual ikan di Karimunjawa Square Seafood Market.Pasar seafood di Alun-alun Karimunjawa menjual berbagai jenis ikan seperti ikan kerapu, bawal batik, teri, ikan kemuning dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Thalia Soetantyo

Daya tarik utama alun-alun Karimunjawa tidak diragukan lagi adalah pasarnya makanan laut. Pasar ini hanya beroperasi sekitar pukul 18.00 atau setelah matahari terbenam. Lokasinya persis di sisi utara alun-alun. Saat itu suasana sudah ramai dengan aktivitas jual beli.

Di sini banyak pedagang yang menjual ikan segar dan hewan laut. Untuk jenis ikan ada teri, pari, bawal batik, baronang, kerapu, kakatua dan kuning. Sedangkan hewan laut, ada kerang, cumi, lobster dan udang. Semuanya ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Biasanya pedagang menjual ikan dan cumi seharga Rp30.000. Untuk lobster besar rata-rata harganya Rp 190.000. Pembeli tidak perlu khawatir tentang kualitas. Karena semua ikan berasal dari perairan Karimunjawa.

Baca: 7 Tempat Wisata TAMAN NASIONAL JAWA KARIMUN

Wisata kuliner

Gerobak pedagang kaki lima di Alun-alun Karimunjawa.Kawasan wisata kuliner malam terbaik Pulau Karimunjawa yang menjual berbagai kuliner khas Indonesia. Foto: Googlemap/Sahrul Ahmed

Alun-alun Karimunjawa tidak hanya terkenal menjual ikan dan hewan laut. Kawasan ini juga menawarkan wisata kuliner yang lezat. Lokasinya berada di sisi timur alun-alun dimana Anda bisa melihat deretan gerobak pedagang. Suasana seperti ini hanya terjadi pada malam hari.

Sebagian besar menu yang dijual merupakan makanan khas Indonesia. Misalnya seperti Nasi Goreng, Pangsit, Mie Ayam, Bakso dan Babat Gongso. Dari semua kuliner tersebut, yang paling menarik perhatian adalah Pindang Serani khas Jepara. Sejenis sup ikan laut yang memiliki perpaduan rasa pedas, manis dan asam.

Untuk harga, sangat terjangkau dan user-friendly. Estimasi harganya antara Rp 5.000 hingga Rp 50.000. Tergantung besar kecilnya porsi makanan yang dipesan. Di sekitar area tersedia tempat duduk berupa tikar dan meja.

Tempat penjualan souvenir

Kios penjual pakaian di Alun-alun Karimunjawa.Banyak sekali pedagang yang menjual souvenir seperti baju, tas, topi, celana, hiasan dinding dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Foto: Googlemap/Thalia Soetantyo

Selama berada di Alun-alun Karimunjawa, tidak akan lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Untungnya di sekitar alun-alun terdapat beberapa pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas Karimunjawa. Lokasinya persis di sisi barat alun-alun. Jam bukanya hampir sama dengan pasar seafood, yakni pukul 18.00 WIB.

Oleh-oleh yang ditawarkan sangat beragam dan mencerminkan kearifan lokal. Sebagian besar benda-benda tersebut merupakan hasil karya para penghuni tempat tersebut. Diantaranya kaos, gelang, topi, ukiran kayu, tas, celana dan gantungan kunci. Namun yang menjadi favorit pengunjung adalah kaos bertuliskan Karimunjawa.

Vendor umumnya menjual souvenir dengan harga murah. Misalnya, harga kaos sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Selama ini untuk barang dagangan harga mulai dari Rp 10.000. Jika dirasa mahal, pengunjung bisa bernegosiasi dengan penjual.

Nikmati kehidupan malam di alun-alun

Selain menikmati kuliner seafood, pengunjung juga bisa bersantai di sekitar alun-alun. Nikmati suasana malam yang dihiasi bintang-bintang yang berkelap-kelip. Keindahannya semakin dipertajam dengan cahaya bulan yang bersinar sangat terang. Suasana gelap gulita tampak redup.

Sepanjang malam di alun-alun akan dianimasikan dengan gembar-gembor. Di mana beberapa orang bersenang-senang mengobrol dengan keluarga dan teman. Ada orang lain yang duduk dan bersantai sambil makan malam. Beberapa pengunjung juga terlihat berswafoto dengan latar langit malam yang indah.

Meredakan

Alun-alun Karimunjawa memiliki berbagai fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari tempat makan, toilet, tempat parkir hingga tempat jual oleh-oleh. Salah satunya adalah Toko Dewandaru yang letaknya tidak jauh dari alun-alun. Beberapa pedagang kaki lima juga menawarkan tempat duduk bersila bagi pengunjung untuk menikmati makanan.

Lokasi Place Karimunjawa

Alun-alun ini terletak di Jalan Pemuda No. 3 Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button