Pangandaran memenangkan Kawistara Prize 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Pangandaran memenangkan Kawistara Prize 2022

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Kabupaten Pangandaran meraih Kawistara Award 2022 kategori Bahasa: Pemerintah Daerah. Penghargaan Pusat Bahasa Provinsi Jawa Barat diterima langsung dari Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata pada Kegiatan Anugerah Kawistara 2022 di Hotel Horison Kota Bandung, Senin (17/10).

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Prof. HE Aminudi Aziz MA Phd yang diterima oleh Kepala Pusat Bahasa Provinsi Jawa Barat, Dr. Syarifuddin M.Hum, didampingi. Pilkada Kabupaten Pangandaran mengalahkan dua calon lainnya yakni Kabupaten Ciamis dan Kota Cirebon.

Kegiatan Anugerah Kawistara 2022 merupakan salah satu rangkaian perayaan Bulan Bahasa dan Sastra 2022. Perayaan Bulan Bahasa dan Sastra dilaksanakan secara rutin setiap bulan Oktober. Kegiatan ini merupakan bentuk perayaan pencanangan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Sebelumnya, bahasa Indonesia diikrarkan pada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Tujuannya adalah untuk melestarikan semangat persatuan yang diprakarsai oleh kaum muda. Dinamisme tersebut juga turut memperkuat sikap positif masyarakat terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan meningkatkan peran masyarakat luas dalam berbagai kegiatan kebahasaan dan sastra.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata mengucapkan terima kasih kepada Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat atas apresiasinya pada acara Kawistara 2022. Ia mengakui bahwa Kabupaten Pangandaran penting bagi pelestarian budaya, termasuk bahasa.

Menurutnya, penghargaan ini menjadi pendorong bagi Kabupaten Pangandaran untuk lebih menjaga dan melestarikan bahasa dan daerah asalnya. “Sebagai daerah tujuan wisata, budaya dan bahasa menjadi sarana penting,” ujarnya.

Source: repjabar.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button