Pelajari tentang sejarah kota Bandung, surga pariwisata di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Pelajari tentang sejarah kota Bandung, surga pariwisata di Jawa Barat

Tahukah kamu kalau kota Bandung pertama kali dibangun pada zaman Belanda, yuk simak penjelasannya Ma

Bandung adalah kota terbesar keempat di Indonesia menurut jumlah penduduk. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, kota ini memiliki luas sekitar 167,3 kilometer persegi.

Salah satu ikon kota Bandung yang paling populer adalah Gedung Sate. Fungsi utama gedung ini adalah Kantor Pusat Gubernur Jawa Barat. Selain itu, Gedung Sate juga digunakan sebagai tempat tujuan wisata.

Kepopuleran kota Bandung bukan karena menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat, namun sebenarnya banyak hal menarik dari kota ini. Popmama.com memberikan penjelasan sejarah kota bandung sebagai surga wisata di Jawa Barat.

Sejarah Bandung

Sejarah kota bandungInstagram.com/jejakala

Awalnya, kota Bandung tidak sengaja ditemukan oleh penjajah pada masa penjajahan Belanda. Padahal, “kota tak bertuan” ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram sekitar abad ke-17 Masehi.

Bupati pertama Bandung saat itu adalah Tumenggung Wiraangunangun atau Ki Astamanggala. Kota Bandung awalnya terletak di Krapyak, yang sekarang menjadi daerah Dayeuhkolot.

Kekuasaan Mataram di negeri Parahyangan ini hanya berlangsung sampai tahun 1677. Kemudian diserahkan ke tangan pemerintah Hindia Belanda yaitu Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Perkembangan kota Bandung dimulai di bawah kekuasaan Belanda.

Hal itu bertepatan dengan pembangunan proyek tol Anyer-Panarukan Pos oleh Daendels. Saat Daendels sedang mengontrol pembangunan jalan, dia sampai di Jembatan Sungai Cikapundung (dekat Gedung Merdeka).

Kemudian Daendels menyeberangi jembatan yang diselesaikan oleh penduduk asli untuk sampai ke lokasi. Berada tepat di seberang Hotel Savoy Homann di Jalan Asia-Afrika.

Pada saat itu Daendels menancapkan tongkatnya dan berkata: “Jangan khawatir tentang itu ketika saya datang ke sini, sebuah kota dibangun“(Pastikan ketika aku kembali ada kota yang dibangun di tempat ini).

Untuk mengenangnya, didirikanlah tugu nol kilometer di kota Bandung sebagai cikal bakal berdirinya kota Bandung. Monumen ini resmi didirikan pada tahun 2004. Pada titik ini juga ada mesin penggilingan tua (paus badai) serta prasasti batu bersejarah

Favorit Editor

Asal usul nama kota bandung

Asal usul nama kota bandungtempatwisatadibandung.info

Nama “Bandung” berasal dari kata “Bending” yang berarti bendungan. Hal ini sesuai dengan jejak sejarah kota Bandung. Daerah ini terbentuk akibat letusan gunung berapi yang mengeluarkan material lava yang menghalangi aliran Sungai Citarum.

Ada juga yang mengatakan bahwa nama “Bandung” diambil dari nama dua perahu yang dikemudikan oleh Bupati Bandung RA Wiranatakusumah II. Perahu ini digunakan untuk mencari tempat baru sebagai ibu kota kuno di Dayeuhkolot.

Apa Nama Panggilan Kota Bandung?

Apa Nama Panggilan Kota Bandung?Freepik/mulai08

Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri yang membuat kota ini mendapat julukan tersebut. Setidaknya Kota Bandung memiliki tiga sapaan yang populer di masyarakat Indonesia.

Pertama adalah kota bunga. Nama ini diberikan karena dulunya Bandung terkenal sebagai daerah dengan banyak pepohonan rindang, bunga tumbuh dimana-mana dan taman-taman tersebar di seluruh penjuru kota.

Kedua, Paris van Java. Julukan ini pertama kali diucapkan pada zaman Hindia Belanda dan menjadi terkenal sejak tahun 1920-an. “Bandoeng Parijs van Java” adalah istilah yang mengacu pada arsitektur bangunan bergaya Eropa.

Namun, istilah “Paris of Java” saat ini lebih mengacu pada kota Bandung sebagai pusat mode di Pulau Jawa. Seperti Paris, pusat mode di Eropa.

Yang ketiga adalah Bandung Lautan Api. Julukan ini merujuk pada kota Bandung sebagai tempat perjuangan pribumi melawan penjajah Belanda. Penduduk asli membakar kota ini dalam lautan api agar tidak diduduki oleh penjajah

Wisata apa saja yang tersedia di kota Bandung?

Apa saja wisata di Kota BandungInstagram.com/ilhm.prasetyo

Bandung adalah tujuan wisata populer di Jawa Barat bersama dengan Puncak dan Bogor. Setiap musim liburan dan akhir pekan, kota kembang ini kerap dipadati wisatawan dari berbagai daerah, terutama dari Jabodetabek.

Kota kembang ini menawarkan berbagai wisata untuk Anda dan keluarga nikmati. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam. Anda dan keluarga juga bisa sekedar jalan-jalan santai dan selfie di sepanjang Jalan Braga.

Peristiwa penting yang terjadi di Bandung

Peristiwa penting terjadi di kota BandungInstagram.com/si_fano

Kota kembang ini juga tercatat sebagai lokasi pergerakan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah. Salah satu peristiwa terpenting adalah Bandung Lautan Api.

Di mana sekitar 200.000 penduduk asli setuju untuk membakar kota ini agar tidak diduduki oleh Belanda. Akibatnya kota Bandung menjadi seperti lautan api. Tugu Peringatan Lautan Api Bandung didirikan untuk memperingati peristiwa tersebut.

Selain itu, Bandung juga dijadikan sebagai lokasi Konferensi Asia Afrika (KAA) yang diselenggarakan pada 18-25 April 1955. KAA berlangsung di gedung Merdeka. Arti KAA bahkan diabadikan sebagai nama jalan di Bandung yaitu Jalan Asia Afrika. Jalan ini dulu disebut Jalan Raja Timur.

Itu menggambarkan Popmama.com sejarah kota bandung yang dapat Anda perkenalkan kepada anak Anda. Dengan ragam sejarah dan daya tariknya, Bandung mampu menggoda wisatawan untuk singgah di kota kembang ini.

Baca juga:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button