Selamat, Wonderful Indonesia memenangkan penghargaan di IBF 2022! - WisataHits
wisatahits

Selamat, Wonderful Indonesia memenangkan penghargaan di IBF 2022!

Wonderful Indonesia sebagai Tourism Brand dan Ekonomi Kreatif Indonesia meraih penghargaan “Best Government Collaboration for National Branding” di Indonesia Brand Forum (IBF) Awarding 2022.

“Wonderful Indonesia dinilai telah menunjukkan kapabilitas yang sangat baik dalam hal kolaborasi untuk branding nasional,”

ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno yang hadir secara online pada acara penganugerahan yang digelar secara hybrid dari Aula Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Selasa (20/09/2022).

Selamat, Wonderful Indonesia memenangkan penghargaan di IBF 2022Wonderful Indonesia, foto: portonews

Menparekraf mengapresiasi inisiatif Indonesia Brand Forum sebagai wadah untuk memberdayakan merek lokal menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

“Saya melihat bahwa salah satu cara kita yang paling efektif untuk keluar dari pandemi ini adalah beradaptasi dan berkolaborasi.

Berkat kerjasama ini, kami akan semakin sukses di masa depan”,

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Saat ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menjalin kerjasama dengan 70 brand partner co-branding “Wonderful Indonesia” yang bersinergi membangun pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Mitra co-branding berasal dari industri pariwisata dan non-pariwisata, seperti hotel, restoran, agen perjalanan online, makanan dan minuman, manufaktur, dan FMCG (Fast Moving Consumer Goods).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak bisa bekerja sendiri untuk menjadikan brand Wonderful Indonesia sebagai brand pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang kuat.

Perlu sinergi dan integrasi yang dicapai melalui kolaborasi dan kolaborasi di bawah program co-branding Wonderful Indonesia.

“Dan Alhamdulillah, saat ini daya saing pariwisata Indonesia naik 12 peringkat ke 32 dunia, mengalahkan negara-negara seperti Thailand, Malaysia dan Vietnam. Semoga kedepannya bisa terus ditingkatkan,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Saat ini ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dengan nilai kontribusi sebesar 7,8%.

Jumlah ini ditopang oleh tiga subsektor utama, yaitu makanan, fesyen, dan kerajinan.

Angka ini juga menempatkan Indonesia dalam tiga besar dunia dalam hal kontribusi terhadap PDB nasional, di belakang Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-Pop.

Saat ini, kata Sandiaga, hingga 88,8% konsumen Indonesia mengaku lebih dominan menggunakan dan mengonsumsi produk nasional atau bermerek.

“Makanya saya ingin ke depan, objek wisata dikaitkan dengan produk-produk dari ekonomi kreatif sehingga pada akhirnya produk kita bergerak dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya.

Saya ingin mengajak kita untuk terus bersinergi, berkolaborasi, dengan platform 3G yaitu peredaran cepat (gercep), peredaran bersama (geber), dan menggarap semua potensi digital dan online (gaspol) yang diharapkan. untuk membuka 1,1 juta pekerjaan tahun ini dan 4,4 juta pekerjaan baru pada 2024,”

kata Sandiaga.

Program Director Indonesia Brand Forum (IBF) Yuswohady mengatakan program Wonderful Indonesia merupakan salah satu pemenang dari 13 pemenang IBF Awarding 2022 lainnya yang diseleksi dan dikuratori secara ketat.

IBF percaya bahwa Wonderful Indonesia telah berhasil menyatukan solidaritas, sinergi dan kolaborasi dari seluruh elemen bangsa, terutama dengan brand dan usaha besar, menengah dan kecil di seluruh tanah air untuk melakukan co-partnership.-branding untuk kemajuan pariwisata Indonesia .

“Pada saat yang sama, menciptakan citra merek nasional yang kuat dan dihormati di panggung dunia”,

kata Yuswohady.

IBF 2022 bertemakan “Brand Collab Champion – Winning Through Coopetition Not Competition”.

IBF 2022 menyoroti bahwa dalam kondisi terkini, semakin terlihat bahwa dunia usaha semakin bertujuan untuk memperkuat ekosistem di masing-masing industri.

“Dengan kondisi tersebut, strategi yang paling efektif untuk menguasai pasar bukan lagi kompetisi, tetapi “coopetition”, yaitu kolaborasi. Karena dengan kolaborasi, masing-masing pihak bisa bersinergi untuk mengintegrasikan ekosistem fisik dan digital. Kolaborasi ini akan menghasilkan win-win solution bagi semua pihak,”

kata Yuswohady.

Penganugerahan IBF Awarding 2022 merupakan salah satu acara utama Indonesia Brand Forum 2022.

Melalui acara ini, Yuswohady berharap brand-brand Indonesia dapat terus menunjukkan kinerja yang baik sehingga dapat berkembang secara berkelanjutan.

“Bahkan tidak hanya bisa sukses di pasar lokal, tapi juga di pasar global”,

kata Yuswohady.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button