Pada Agustus 2022, BKSDA Jawa Barat melepas sepasang surili di kawasan wisata Air Terjun Cijalu - WisataHits
Jawa Barat

Pada Agustus 2022, BKSDA Jawa Barat melepas sepasang surili di kawasan wisata Air Terjun Cijalu

FOKUS ATU.ID – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat menemukan sepasang primata Surili (Presbyti_comata) di objek wisata Curug Cijalu Resort, Pengelolaan Hutan (RPH) Wanayasa, Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Cisalak, Rabu (03/03), Utara Kesatuan Pengelolaan Hutan Bandung, Dirilis. 08/2022).

Pelepasan kedua primata tersebut langsung dilakukan oleh Kepala BBKSDA Jabar yang diwakili Hilmawan didampingi Aspinal dan didampingi Asisten Perhutani (Asper) Cisalak Suhartondo dan Kapolres Hutan Resor (KRPH) Wanayasa, Usep Hermawan.

Hilmawan mengatakan keberadaan Surili saat ini semakin berkurang, populasinya di ambang kepunahan. Populasi Surili di kawasan BBKSDA Jawa Barat saat ini berada di ambang kepunahan, masing-masing kelompok terdiri dari enam hingga delapan individu, dan jumlah keseluruhan Surili yang hidup saat ini sekitar 2.500 individu.

Baca juga: Pelaku dan Penjual Konten Video Seru di Media Sosial Ditangkap Polisi

Pelepasan surili ini merupakan salah satu bentuk pelestarian populasi satwa primata, dan keberadaan surili harus tetap dipertahankan, kata Hilmawan.

Hilmawan menambahkan, surili merupakan hewan endemik Jawa Barat. Hewan ini adalah herbivora dan memakan daun dan buah muda. Sisa-sisa biji buah yang dimakannya bisa menjadi bibit pohon baru. Dengan gaya hidup Surili seperti ini, alam tentu menjadi lebih lestari.

Sementara itu, Asper Cisalak Suhartondo mengucapkan terima kasih kepada BKSDA Jabar yang telah memilih wisata Curug Cijalu sebagai titik pelepasliaran kedua primata tersebut.

Baca Juga: Kabar Gembira, Perusahaan BUMN Buka Loker untuk Lulusan SMA, SMK, MA dan Sederajat

“Selain itu, keindahan kawasan hutan Curug Cijalu tetap terjaga. Sehingga bisa membuat kedua primata ini nyaman dan aman,” ujarnya.

Source: www.fokussatu.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button