5 Ide Wisata Alam untuk Menghabiskan Natal dan Tahun Baru - WisataHits
Jawa Barat

5 Ide Wisata Alam untuk Menghabiskan Natal dan Tahun Baru

TEMPO.CO, jakarta – Saat liburan akhir tahun, orang-orang menyukai hal-hal yang heboh seperti kembang api atau kelap-kelip lampu. Namun, jika Anda menyukai sesuatu yang sedikit lebih santai, liburan Natal dan Tahun Baru bisa Anda habiskan di destinasi wisata alam.

Wisata alam selalu bisa menjadi pelarian yang menarik dan menenangkan. Berikut beberapa inspirasi wisata alam akhir tahun versi indonesia.travel:

1. Menjelajah alam bawah laut Kepulauan Seribu

Letaknya tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta, sehingga mudah dijangkau. Namun, kabupaten kepulauan ini memiliki pesona wisata bahari yang tak kalah memukau.

Beberapa pulau di sini terkenal dengan keindahan pantai dan ekosistem bawah lautnya, seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Macan. Wisatawan yang datang di penghujung tahun bisa merayakan malam tahun baru di pantai dan snorkeling keesokan paginya.

Ada banyak spot snorkeling terbaik di Kepulauan Seribu. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang berbeda yang ditawarkan di sana.

2. Menikmati alam bebas sambil glamping di Bandung

Bandung dikenal sebagai daerah tujuan wisata dengan banyak peluang wisata alam yang menarik. Salah satu hal yang bisa dilakukan di akhir tahun adalah glamping.

Salah satu rekomendasi tempat glamping di Bandung adalah perkemahan Lodge Maribaya. Tenda berbentuk labu ini juga sangat nyaman untuk ditiduri, karena masing-masing dilengkapi dengan tempat tidur single atau queen, listrik, lampu, stopkontak, dan kipas angin.

Menghabiskan tahun baru dan bersantai mewah di tengah hutan asri bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ini juga bisa menjadi cara untuk bersantai dari hiruk pikuk kota.

3. Menyambut sunrise tahun baru di Dieng

Di luar musim liburan, dataran tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 2.200 mdpl ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tak heran, karena tempat ini menawarkan suasana pegunungan yang tenang dan sejuk.

Menunggu matahari di Puncak Sikunir

Di sana, wisatawan bisa menikmati pesona Gunung Sumbing dari puncak Prau atau menikmati keindahan Desa Wisata Dieng Kulon. Hal yang spesial saat momen pergantian tahun adalah mengejar sunrise di Puncak Sikunir.

Wisatawan bisa menginap di rumah penduduk setempat jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Dieng. Saat pulang jangan lupa membawa oleh-oleh khas dieng seperti purwaceng, carica, kacang dieng dan dendeng gepuk.

4. Bertemu Komodo dan Pari Manta di Labuan Bajo

Labuan Bajo memiliki banyak tempat wisata. Tidak hanya alam, tetapi juga keanekaragaman hayati.

Wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata terkenal seperti Pulau Padar dan Pantai Merah untuk merayakan malam tahun baru. Tidak hanya akan terkagum-kagum dengan keindahan alamnya, wisatawan pun bisa semakin takjub saat melihat komodo di Taman Nasional Komodo.

Yang tak kalah seru adalah berenang di Manta Point dan bertemu pari manta, ikan pari terbesar di dunia. Wisatawan juga bisa sekaligus menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

5. Menikmati keindahan alam Pulau Derawan

Pulau ini telah diakui secara internasional sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di Indonesia dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan. Ini adalah rumah bagi penyu hijau, lumba-lumba, dan hiu paus.

Ada puluhan pulau indah untuk dijelajahi jika Anda mau. Menghabiskan liburan akhir tahun sambil bersantai di pantai pasir putih dengan air biru jernih bisa menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Baca juga: Simak langkah-langkah persiapan liburan akhir tahun agar nyaman dan hemat

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button