Nikmati kunjungan romantis ke Jembatan Cinta Tarumajaya Bekasi - WisataHits
wisatahits

Nikmati kunjungan romantis ke Jembatan Cinta Tarumajaya Bekasi

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Segarajaya, Kec. Tarumajaya, Kab. Bekasi, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bekasi yang dikenal sebagai pusat industri ternyata memiliki pantai-pantai indah yang bisa menjadi tujuan akhir pekan keluarga. Salah satunya adalah wisata tepi pantai yang berbatasan dengan pantai Marunda. Pemandangan indah dengan bagian samping berupa hutan bakau ditawarkan dari objek wisata alam ini.

Keberadaan jembatan kayu di tempat ini juga menjadi daya tarik dari lokasi wisata Bekasi ini. Orang mengenal jembatan di kawasan wisata hutan mangrove ini sebagai Jembatan Cinta Tarumajaya. Jembatan kayu yang juga berfungsi sebagai tempat pendaratan kapal menjadi salah satu sarana untuk memperlancar kegiatan restorasi hutan mangrove.

Restorasi hutan diperlukan untuk mengembalikan dan mempertahankan fungsi hutan mangrove di kawasan pesisir ini. Pemandangan hutan mangrove yang hijau juga dapat dijadikan sebagai ekowisata mangrove yang menarik banyak pengunjung. Berbagai aktivitas seru bisa dinikmati oleh para wisatawan yang menghabiskan liburannya di objek wisata ini.

Atraksi Jembatan Cinta Tarumajaya

Atraksi Jembatan Cinta TarumajayaKredit gambar: Google Maps arief kas

Kebanyakan orang mungkin mengenal Bekasi sebagai pusat industri. Namun, di ujung utara Bekasi ini masih memiliki pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Objek Wisata Hutan Mangrove dan Jembatan Cinta Tarumaja merupakan ekowisata dengan atraksi sebagai berikut.

1. Kunjungan ke hutan bakau

Hutan mangrove tidak hanya ada untuk melindungi wilayah pesisir dari abrasi. Keberadaan hutan mangrove juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke objek wisata Jembatan Cinta Tarumajaya. Pengunjung dapat menjelajahi hutan mangrove dengan menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

2. Berfoto di Jembatan Cinta

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah jembatan kayu yang lebih sering disebut dengan Jembatan Cinta Tarumajaya. Wisatawan bisa menyusuri jembatan sambil berfoto. Pada akhir pekan atau hari libur, jembatan ini ramai oleh pengunjung yang lewat.

3. Bersantai di gazebo

Tempat wisata ini juga memiliki pesona pemandangan alamnya yang indah, terutama di sore hari. Pengunjung bisa bersantai di gazebo sambil menikmati langit jingga dengan suasana yang jauh dari keramaian kota. Tetapi Anda harus mengantri terutama ketika jumlah pengunjung penting.

4. Lihat satwa liar

Hutan mangrove memiliki banyak fungsi untuk melindungi daerah sekitarnya dan menjadi habitat beberapa satwa. Jika Anda berjalan-jalan di sekitar hutan mangrove, Anda mungkin melihat satwa liar seperti monyet, udang dan kepiting bakau yang menempel di akar bakau.

5. Banyak tempat memancing

Hutan mangrove berperan penting dalam menjaga kualitas ekosistem pesisir. Keunggulan hutan mangrove adalah habitat berbagai jenis ikan. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini juga bisa menghabiskan waktu dengan memancing.

6. Lihatlah lebih dekat ke kolam

Keberadaan hutan mangrove memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar karena semakin banyaknya hasil tangkapan ikan. Kolam milik masyarakat sekitar juga menjadi daya tarik wisatawan. Pengunjung bisa melihat lebih dekat para nelayan yang sedang memancing atau mengelola tambak.

7. Wisata kuliner

Selain menikmati ekowisata di hutan mangrove, pengunjung juga bisa mencoba wisata kuliner di kawasan wisata ini. Banyak penjual makanan menawarkan kepiting goreng, bakwan udang, dll. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena makanan di tempat ini cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di Jembatan Cinta Tarumajaya

Fasilitas Jembatan Cinta TarumajayaKredit gambar: Google Maps Ayu

Objek wisata Jembatan Cinta Tarumajaya dan hutan mangrove bisa menjadi tujuan utama bagi Anda yang ingin bersantai dan menyegarkan pikiran. Fasilitas ekowisata di hutan mangrove ini cukup baik dan lengkap, seperti fasilitas berikut ini.

1. Restorasi

Terdapat beberapa warung untuk memudahkan pengunjung mencari makanan. Harga makanan di kawasan wisata alam populer ini sangat terjangkau. Anda bisa mencoba berbagai menu khas olahan dari tambak seperti udang, kepiting dan lainnya.

2. Sewa perahu

Selain memudahkan proses perbaikan kawasan hutan mangrove, perahu yang ada juga mendukung fasilitas bagi wisatawan. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menikmati pemandangan hutan mangrove bersama rombongan.

3. Jembatan

Pemasangan berupa jembatan kayu ini menjadi sarana bagi wisatawan yang ingin bersantai atau berfoto. Pengunjung bisa lebih puas melihat pemandangan di sekitar kawasan wisata mangrove melalui jembatan yang terbentang cukup panjang di pantai ini.

4. Belvedere

Fasilitas berupa gazebo juga telah disediakan bagi pengunjung yang ingin bersantai, menikmati pemandangan dan makan. Saat pengunjung ramai, Anda harus mengantri dan bergantian menggunakan gazebo.

5. Parkir mobil

Di sekitar kawasan hutan, telah disediakan area parkir yang luas dengan tarif parkir yang cukup murah. Wisatawan dapat dengan aman meninggalkan kendaraan, sepeda motor, dan mobil mereka.

Lokasi, jam buka dan harga tiket Jembatan Cinta Tarumajaya

Lokasi Jembatan Cinta TarumajayaKredit gambar: Twitter najwa

Lokasi Jembatan Cinta Tarumajaya berada di Kawasan Restorasi Mangrove di Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat. Jalan dari pusat kota Bekasi menuju kawasan wisata dapat ditempuh dalam waktu sekitar 54 menit. Wisatawan dapat mengakses objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Objek wisata Jembatan Cinta Tarumajaya dan hutan mangrove buka setiap hari. Jadi Anda bisa datang kapan saja ke objek wisata hutan mangrove di Bekasi ini. Wisatawan bisa berkunjung mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Dengan hanya membayar tiket masuk yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang menghijau.

Tempat wisata hutan mangrove dan Jembatan Cinta Tarumaja menjadi salah satu pilihan wisata yang murah. Pengunjung hanya membayar tiket masuk sekitar 5.000 per orang. Tiket masuk berlaku bagi pengunjung yang membawa sepeda motor. Dengan demikian, tiket masuk tempat wisata sudah termasuk tiket parkir.

Sedangkan wisatawan yang datang menggunakan mobil akan dikenakan biaya masuk sebesar 10.000 per rombongan. Jika ingin mengikuti wisata perahu, harga tiket atau sewa per orang adalah 10.000.

Tips Berkunjung ke Jembatan Cinta Tarumajaya

Tips Jembatan Cinta TarumajayaKredit gambar: Google Maps mohamad riza sapitra

Liburan di Jembatan Cinta Tarumajaya akan lebih maksimal dengan tips wisata berikut ini.

  • Datanglah pada pagi hari antara pukul 8 pagi hingga 10 pagi untuk menghindari cuaca panas.
  • Datanglah dari jam 3 sore bagi anda yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam.
  • Bawalah topi dan kacamata untuk melindungi diri dari terik matahari.
  • Hindari akhir pekan atau masa liburan untuk mengunjungi kawasan ini agar tidak terlalu ramai.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan liburan Anda dengan Jembatan Cinta sebagai salah satu spot wajib.
  • Kenakan pakaian yang nyaman mengingat cuaca di Bekasi yang relatif hangat.
  • Jika perlu, gunakan obat nyamuk, terutama bagi Anda yang berencana menjelajahi kawasan hutan mangrove.
  • Jangan lupa untuk membawa makanan.

Berikut beberapa informasi mengenai tempat wisata hutan mangrove dan Jembatan Cinta Tarumajaya di Bekasi. Pemandangan dan fasilitas yang disediakan cukup baik. Jadi buat liburan akhir pekan nggak perlu jauh-jauh, hutan mangrove di Bekasi ini bisa jadi destinasi liburan bareng orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button