Pantai Koka, pesona pantai yang indah dengan sejuta pesona di Flores - WisataHits
wisatahits

Pantai Koka, pesona pantai yang indah dengan sejuta pesona di Flores

Pantai Koka, pesona pantai yang indah dengan sejuta pesona di Flores
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-18.00 WITA, Alamat: Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Apakah Anda sedang merencanakan liburan di Indonesia bagian timur? ternyata keindahan alam disana mampu memikat hati para turis lokal maupun mancanegara juga lho. Wisata alam yang ada memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota Flores adalah Pantai Koka.

Banyak wisatawan menyebut pantai ini dengan julukan hidden beach Maumere. Pantai dengan pemandangan alam yang indah ini masih terjaga kemurnian dan keasliannya karena jarang dikunjungi orang. Bagi wisatawan yang mencari pantai pribadi, pantai cantik ini bisa jadi pilihan.

Lokasi pantai yang masih tersembunyi membuatnya terasa sunyi dan damai. Semakin penasaran dengan keindahan Pantai Koka, jangan beranjak dulu karena kita akan membahas objek wisata pantai, alamat dan rute, harga tiket masuk, fasilitas dan aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di pantai.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Koka

Obyek wisata Pantai KokaKredit gambar: Google Maps Arianky Eldavi

1. Diapit oleh dua bukit

Pantai Koka digambarkan sebagai pantai yang masih tersembunyi selain lokasinya yang belum begitu terkenal, secara alami pantai ini memang tersembunyi dengan adanya dua buah bukit di kanan dan kiri yang mengapitnya. Ada dua bukit kecil di kedua sisinya, yaitu Bukit Rodja dan Bukit Ndata Sare.

2. Pantai pasir putih

Pantai cantik ini memiliki pemandangan yang luar biasa, berpadu dengan pasir putih di tepiannya. Birunya air laut dan eksotiknya terumbu karang yang bisa dilihat langsung dari permukaan air menambah kesan WOW pantai ini. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, suara ombaknya akan menyatu dengan keindahan yang ada.

3. Pantainya melengkung membentuk angka 3

Daya tarik selanjutnya dari pantai indah ini adalah bentuknya yang melengkung, dilihat dari ketinggian atau menggunakan drone akan membentuk seperti angka 3. Bentuk melengkung dari pantai ini memberikan pemandangan tidak hanya pantai yang luas tetapi juga pada area hijau. dari perbukitan.

4. Ombak pantai mencapai ketinggian 1,5 meter

Bagi wisatawan yang gemar berselancar atau surfing, kegiatan tersebut bisa dilakukan di Pantai Koka, karena ombak di pantai cantik ini cukup besar bahkan bisa mencapai ketinggian 1,5 meter. Hembusan ombak ini dipercantik dengan adanya tebing bebatuan di pinggir pantai yang akan membuat wisatawan semakin semangat untuk berselancar.

5. Keindahan terumbu karang bawah laut yang mempesona

Jernihnya air pantai memungkinkan wisatawan untuk melihat secara langsung terumbu karang dan biota laut yang terdapat di sana hanya dari permukaan air. Untuk bisa mengeksplorasi warna-warni keindahan bawah laut secara lebih detail, wisatawan bisa melakukan snorkeling di pantai eksotis ini.

6. Gua Batu di Bukit Rodja

Selain bermain air di Pantai Koka, wisatawan juga bisa berpetualang di Gua Bukit Rodja. Nama goa batu ini adalah Lia Wio yang memiliki kedalaman sekitar 500 meter. Di dalam gua di langit-langitnya terdapat bebatuan yang sangat indah. Gua ini bisa dijelajahi saat air laut surut.

7. Gudang Tentara Jepang

Tempat menarik berikutnya di kawasan pantai ini adalah sebuah bangku di kaki Bukit Ndate Sare. Bangkar ini merupakan peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Bangka memiliki kedalaman sekitar 50 meter yang menyimpan senjata dan tank.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai KokaKredit gambar: Google Maps Virgile Genoud

Seperti namanya, Pantai Koka terletak di Kota Maumere, Flores. Pantai yang terkenal dengan keindahannya ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai alami di Nusa Tenggara Timur. Di akhir pekan, banyak warga lokal Kecamatan Paga dan Kabupaten Sikka yang menjadikan pantai ini sebagai tujuan berlibur.

Lokasi pantai ini berjarak sekitar 2 kilometer dari jalan raya Trans Flores. Jika Anda mengikuti jalan Trans Flores arah Maumere menuju Ende di sisi kiri jalan, Anda akan menemukan papan penunjuk keberadaan Pantai Koka. Dari Maumere sendiri, pantai indah ini berjarak sekitar 35 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil.

Untuk menuju pantai eksotis ini, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena akses transportasi umum belum tersedia. Jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil atau motor yang tersedia di Kota Maumere.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai KokaKredit gambar: Google Maps Ti Ma

Wisatawan harus membayar biaya dua kali lipat untuk masuk ke Pantai Koka. Kedua biaya ini sesuai dengan biaya masuk dan biaya parkir. Di gerbang paling bawah atau disebut juga welcome gate, terdapat tarif masuk sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Setelah sampai di pantai, wisatawan harus membayar biaya parkir. Biaya parkir adalah Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat. Ada baiknya wisatawan menyiapkan budget yang lebih besar untuk bisa berkunjung ke pantai sebagai budget kehati-hatian.

Biaya tiket masuk yang dikeluarkan masih terjangkau untuk lokasi tempat wisata yang super keren ini. Manajemen terus berupaya memberikan kemudahan akses dan meningkatkan fasilitas agar pengunjung semakin betah berada di lokasi ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Koka

Aktivitas Wisata di Pantai KokaKredit gambar: Google Maps Modellapa. seni

1. Main renang air di pantai

Saat musim liburan, banyak warga lokal maupun wisatawan yang memanfaatkan Pantai Koka untuk liburan keluarga. Di pantai ini, muda dan tua bisa berenang di air laut.

Bermain air sepuasnya tanpa takut tersapu ombak karena pantai ini memiliki ombak di bibir pantai yang tidak terlalu tinggi, anak-anak tetap harus diawasi oleh orang tuanya.

2. Menikmati panorama Pantai Koka

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan liburannya dengan santai, duduk diam di pinggir pantai sambil menikmati panorama bisa menjadi hal yang mengasyikkan. Banyak kursi gratis telah disediakan di tenda-tenda toko. Duduk santai ditemani kopi panas, jagung bakar yang nikmat bisa jadi pilihan.

3. Bersenang-senang dengan selfie

Kegiatan liburan merupakan peristiwa yang tidak bisa terjadi sewaktu-waktu, apalagi bisa mengunjungi pantai eksotik ini. Abadikan setiap momen liburan pantai Anda dengan foto dan selfie. Jangan lewatkan momen berharga. Latar belakang pemandangan pantai yang indah bisa menjadi latar belakang foto yang indah.

4. Mendaki

Layaknya kegiatan petualangan, saat berkunjung ke Pantai Koka, pengunjung juga bisa merasakan sensasi mendaki bukit. Ada dua bukit di kanan dan kiri pantai yang bisa dipilih pengunjung. Bukit Rodja yang menawarkan keindahan alam dan Bukit Ndate Sare yang menawarkan misteri perjalanan sejarah.

5. Petualangan Gua

Dua bukit yang mengapit pantai memiliki gua. Kedua gua ini belum lama terekspos sebelum seorang turis Belanda mencoba memasuki gua Bukit Rodja pada tahun 1992 namun hanya berhasil mencapai kedalaman 50m.

6. Berjemur di pantai

Perbedaan pantai Flores dengan pantai lainnya adalah intensitas sinar matahari. Seperti yang kita tahu, berjemur adalah kegiatan pantai yang umum bagi wisatawan yang mencari kulit eksotis dan cantik. Duduk berjemur di pantai ini akan membuat Anda serasa memiliki pantai pribadi, lho.

7. Olahraga pantai

Wisatawan yang datang berombongan bisa menikmati liburan pantai dengan berolahraga. Ada berbagai olahraga pantai yang bisa Anda nikmati seperti voli pantai, sepak bola pantai, lari dan lain-lain. Tentunya untuk bisa berolahraga di pantai ini pengunjung harus membawa peralatan sendiri.

8. Snorkling

Melihat keindahan bawah laut merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Pantai Koka. Terumbu karang, ikan dan biota laut yang berwarna-warni dapat ditemukan di lautnya.Keindahan alam bawah laut pantai yang indah ini masih terjaga dengan sangat baik.

9. Berselancar atau surfing

Wisatawan yang menyukai aktivitas pemacu adrenalin di pantai bisa memilih surfing atau selancar. Ombak di tengah pantainya cukup tinggi, mencapai 1,5 meter, cukup kuat untuk dihantam papan selancar tentunya.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Sarana Wisata Pantai KokaKredit gambar: Google Maps Ti Ma

Sejumlah fasilitas disediakan seperti tempat parkir, sejumlah gazebo sederhana, warung makan pinggir pantai dan juga homestay di sini. Untuk fasilitas MCK, Anda bisa menggunakan fasilitas MCK yang tersedia di boks warga.

Pantai Koka juga menawarkan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap di kawasan pantai. Biasanya yang menggunakan homestay warga adalah wisatawan mancanegara yang ingin berlama-lama di dekat pantai.

Meski warung makan yang tersedia tidak semewah restoran, pengunjung sudah bisa menikmati makanan dan minuman keren dari tempat ini. Ada kelapa muda yang buahnya dipetik langsung dari pohonnya dan minuman ringan.

Pesona pantai tersembunyi Maumere Flores memang cocok untuk pantai Koka ini. Keindahan alam dan kecantikan yang masih terjaga akan memikat hati siapa saja yang melihatnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button