Dua kota di Jawa Barat ini masuk dalam daftar kota paling padat di Indonesia, Bandung urutannya seperti apa - WisataHits
Jawa Barat

Dua kota di Jawa Barat ini masuk dalam daftar kota paling padat di Indonesia, Bandung urutannya seperti apa

Dua kota di Jawa Barat ini masuk dalam daftar kota paling padat di Indonesia, Bandung urutannya seperti apa

SurabayaNetwork.id – Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya, termasuk di Jawa Barat.

Kajian tahun 2021 telah menghasilkan temuan dan daftar kota terpadat di Indonesia, dengan dua kota di Jawa Barat masuk dalam daftar lima besar kota terpadat di Indonesia.

Dalam laporan Traffic Scorecard Inrix 2021, Surabaya menempati urutan pertama sebagai kota terpadat di Indonesia.

Baca Juga: 5 Kota Terdingin di Jabar, Tetap Sejuk Meski Musim Panas

Kota terpadat kedua di Indonesia adalah kota metropolis Jakarta.

Sementara itu, dua kota di Jawa Barat yakni Bandung menempati peringkat ketiga dan Bogor merupakan kota terbesar kelima di Indonesia dan ke-821 di dunia dengan total waktu terbuang akibat kemacetan pada jam sibuk di Bogor hingga 7 jam.

Padahal, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk yang besar, sehingga menyebabkan kendaraan yang meluber di jalan raya, terutama saat berkendara menuju dan pulang kerja.

Berikut daftar kota paling padat di Jawa Barat, dua di antaranya adalah kota di Jawa Barat.

1.Zurabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Meski nomor dua, ternyata tingkat kemacetan di kota pahlawan ini bisa melampaui tingkat kemacetan di Jakarta lho.

Ibu kota Jawa Timur ini menempati urutan pertama daftar kota tersibuk di Indonesia dengan tingkat kemacetan mencapai 16 persen.

Faktor ini disebabkan oleh insentif ekonomi seperti industri kecil hingga besar dan sejumlah pengembangan real estate yang tidak dilakukan secara rutin.

2. Jakarta

Jakarta adalah kota terpadat kedua di Indonesia, mengalahkan Surabaya, Jawa Timur, dengan tingkat kemacetan lebih rendah di bawah 16 persen.

Jakarta menjadi kota tersibuk di Indonesia karena Jakarta merupakan kota di Indonesia yang mengalami peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya.

Pada 2020-an, jumlah penduduk Jakarta bahkan sudah mencapai sekitar 10.500 jiwa.

Dengan jumlah penduduk yang begitu besar, tak heran Jakarta menjadi salah satu kota paling padat di Indonesia.

Baca Juga: 6 Mie Aceh Terenak di Bandung, Rasa Aceh Terbaik

3.Bandung

Ibu kota provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia karena kota Bandung, seperti halnya Jakarta, mengalami peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya.

Dikenal sebagai Paris Van Java, kota ini mengalami kemacetan rata-rata 45 jam per tahun.

Hal ini menjadikan Kota Bandung sebagai kota tersibuk di Provinsi Jawa Barat.

4. Kasihan

Kota Malang menyusul di urutan ketiga sebagai kota tersibuk di Indonesia yang kerap membuat pengguna jalan bosan, terutama saat jam kerja.

Kota tetangga Surabaya ini ditetapkan sebagai kota pendidikan di provinsi Jawa Timur, yang menyebabkan kemacetan tinggi di kota yang berpusat pada apel ini.

Kota Malang merupakan kota yang banyak menerima mahasiswa baru setiap tahunnya dan mengalami peningkatan kemacetan di Kota Malang setiap tahunnya.

Rata-rata lama penduduk Kota Malang terjebak kemacetan sama dengan Kota Bandung.

5.Bogor

Kota Jawa Barat berikutnya yang masuk dalam daftar kota paling padat di Indonesia adalah Bogor. Sebelumnya, Bogor juga masuk dalam daftar kota di dunia.

Menurut politikus PAN Bima, salah satu penyebab tingginya kemacetan lalu lintas di Bogor adalah penataan dan reformasi transportasi dan transportasi terpadu.

“Sekarang ke poin kedua, apapun itu, sekarang kita semua sedang berproses menuju transportasi yang ramah lingkungan dan nyaman melalui reformasi transportasi perkotaan. Jadi kami melihat kemajuan dan berharap ini menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang. ya meningkat,” kata Bima.

Pemkot Bogor tidak hanya fokus pada pengurangan angkutan umum yang dianggap sebagai penyebab kemacetan, tetapi juga saat ini tengah menata transportasi menuju transportasi terpadu.

“Kami benar-benar akan fokus tidak hanya mengurangi angkutan umum, tetapi juga membangun sistem transportasi yang terintegrasi dan mengurai kemacetan di pusat kota. Kami belum puas, masih banyak PR yang harus dikerjakan,” tegas Bima.

6. Yogyakarta

Sama seperti Kota Malang, Yogyakarta merupakan kota pendidikan nomor 1 di Indonesia yang menjadikan Kota Yogyakarta sebagai salah satu kota paling padat di Indonesia.

Kota Yogyakarta tidak hanya menjadi kota pendidikan nomor 1 di Indonesia, tetapi juga kota wisata terbesar nomor 2 di Indonesia.

Baca Juga: 6 Bakso Paling Enak di Gresik dengan Kikil dan Tetelan Super Nikmat

Oleh karena itu, kota Yogyakarta mengalami peningkatan kemacetan setiap tahunnya, dan durasi kemacetan rata-rata sebanding dengan Bandung dan Malang.

Inilah daftar kota paling padat di Indonesia, dua di antaranya adalah kota di Jawa Barat. Apakah kota Anda termasuk dalam daftar kota paling padat di Indonesia? Dengarkan dan bersiaplah untuk kemacetan lalu lintas yang panjang dan membosankan.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button