Pantai Jungwok Gunung Kidul, pantai eksotis dengan pesona pulau karang - WisataHits
wisatahits

Pantai Jungwok Gunung Kidul, pantai eksotis dengan pesona pulau karang

Atraksi, Aktivitas, Lokasi, dan Harga Tiket – Pantai Jungwok merupakan salah satu objek wisata bahari yang ada di Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai berpasir berpadu dengan pesona pulau-pulau karang di dekat pantai dan pemandangan alam yang indah diselimuti misteri.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Gunung Kidul memang merupakan daerah yang kaya akan wisata tepi laut. Inilah mengapa banyak yang menyebutnya sebagai pantai surganya Yogyakarta. Bukan hanya tempat-tempat terkenal seperti Parangtritis atau Indrayati. Beberapa pantai baru bermunculan seiring dengan berkembangnya kawasan tersebut, salah satunya adalah Pantai Jungwok.

Ciri yang paling menonjol dari tempat ini adalah bentuknya yang melengkung dan areanya yang bebas dari berbagai kotoran karena belum banyak diketahui orang. Karena bentuknya, nama pantai ini disebut Jungwok. Ombaknya tidak terlalu tinggi di sini, jadi aman bagi siapa saja yang berkunjung.

Wisatawan juga bisa melakukan berbagai hal yang bisa membuat liburan semakin seru dan menyenangkan. Bahkan, beberapa orang sudah mendirikan tenda untuk berkemah di sana. Hal inilah yang membuat objek wisata ini sangat diminati. Untuk mencapainya juga tidak terlalu sulit karena aksesnya cukup mudah.

Atraksi Pantai Jungwok

Atraksi Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Thiyan

1. Bentuk pantai yang unik

Pantai Jungwok memiliki garis pantai yang berbentuk unik dan membuat tampilan keseluruhannya indah. Bagaimana bisa? Tempat ini melengkung hampir seperti bulan sabit. Dengan formulir ini, pengunjung dapat melihat seluruh area dari sisi ke sisi.

Itu juga membuat ombak dari pantai menghantam tempat dengan baik. Wisatawan juga akan melihat setiap detik fenomena unik ini disertai hembusan angin. Suasana di sini juga sepi karena belum banyak orang yang menjelajahi kawasan Gunung Kidul hingga pantai ini.

Yang membuat pantai ini semakin menarik adalah aliran air tawar di pinggir pantai. Setidaknya ada tiga aliran air tawar yang seolah memisahkannya menjadi 3 bagian yang rapi. Tak jauh dari situ juga terdapat tebing-tebing bebatuan yang menjulang tinggi mengelilingi kawasan tersebut.

Aliran air yang mengalir ke arah pantai tampaknya merupakan sumber air payau karena telah menyatu dengan air asin dari lautan. Inilah keunikan pantai ini karena menghadirkan area baru bagi pengunjung untuk menjelajah lebih jauh. Rekreasi di tempat menjadi lebih seru dan menyegarkan tubuh dan pikiran.

2. Batu karang di dekat pantai

Seperti kebanyakan pantai di Gunung Kidul, tempat wisata ini juga memiliki banyak bebatuan yang menghiasinya. Deretan bebatuan ini tampak seperti benteng melawan deburan ombak pantai. Wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai alas untuk sekadar menikmati udara atau berfoto.

Namun, keberadaan karang yang menghiasi bibir pantai juga menjadi perhatian khusus karena dapat menyebabkan cedera serius jika tidak hati-hati. Pengunjung Pantai Jungwok disarankan untuk memakai sepatu agar tidak terkena batu karang yang sering tajam di tepinya.

Di puncaknya terdapat karang besar yang sedikit menjorok ke laut sehingga untuk menuju ke sana harus berenang sebentar atau melewati karang-karang kecil yang muncul saat air surut. Pulau ini terlihat seperti batu besar yang ditumbuhi vegetasi yang rimbun.

Kehadiran pulau membuat tempat ini semakin mempesona. Pengunjung bisa menggunakannya untuk background foto yang diambil sehingga menjadi kenangan setelah berlibur.

3. Membersihkan pantai pasir putih

Atraksi di Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Adi Gembul

Pantai Jungwok memiliki pasir yang terlihat bersih dan berwarna cerah, seolah memantulkan cahaya saat matahari bersinar. Area berpasir yang cukup luas bagi pengunjung untuk berlatih segala macam kegiatan yang dapat membuat kunjungan semakin menyenangkan. Jarak dari tepi laut ke tepi daratan cukup panjang.

Hal inilah yang membuat kawasan berpasir sangat ramai. Namun karena masih cukup jarang orang yang datang, tempat ini terasa sangat luas jika dikunjungi. Tempat ini seperti pantai pribadi yang dimiliki oleh segelintir orang yang pergi ke sana.

Daerah berpasir ini juga menjadikannya salah satu tempat untuk mendirikan tenda. Namun, ini harus dilakukan saat fase bulan tidak penuh. berhati-hatilah agar tidak terpengaruh oleh kenaikan permukaan laut karena air pasang. Namun, tempat ini memang cukup luas untuk dijadikan kawasan wisata bersama teman atau keluarga.

4. Tempat indah yang diselimuti misteri

Faktanya, tidak ada sejarah atau legenda tertentu tentang pantai Jungwok ini. Namun karena tempat wisata ini masih tergolong sepi dan belum banyak dibangun fasilitas yang memadai untuk menunjang aktivitas manusia terutama pada malam hari yang membuatnya cukup menegangkan. Ya, tidak banyak lampu dan fasilitas lain di sana.

Hal itulah yang membuat tempat ini cukup menyeramkan, apalagi saat gelap. Ditambah dengan kondisi jalan setapak di sekitarnya yang banyak terdapat bebatuan terjal yang membuat suasana semakin seram.

Beberapa wisatawan yang bermalam camping juga mengaku mengalami kondisi yang di luar nalar. Tak jarang mereka juga mengaku pernah mendengar suara gonggongan anjing.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Jungwok.

Alamat Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Gracia Natya

Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di kawasan Jepitu Girisubo. Terletak di Dusun Pendowo, lokasinya tidak jauh dari obyek lain seperti pantai Nglambor yang terkenal dengan wisata snorkelingnya, pantai Wediombo dan pantai Greweng. Mendapatkan di sana tidak harus sulit.

Pengunjung hanya perlu pergi ke lingkungan yang memiliki banyak pantai. Lewati Jalan Pantai Selatan dan ikuti rambu Jalan Wediombo. Jika mengambil jalur ini, pengunjung hanya perlu berjalan menuruni bukit menuju kawasan Pantai Jungwok.

Tidak terlalu banyak angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju tempat wisata. Inilah sebabnya mengapa disarankan untuk menggunakan kendaraan Anda sendiri untuk sampai ke sana. Ada area yang cukup luas di dekat pantai yang bisa digunakan untuk memarkir kendaraan.

Jika ingin menjelajahi tempat ini cukup membeli tiket masuk seharga 5.000 saja. Harganya sangat murah karena sudah termasuk akses untuk mengunjungi pantai Wediombo yang bersebelahan. Keduanya tidak jauh dari satu sama lain sehingga Anda dapat menikmatinya pada waktu yang sama.

Selain itu, pengunjung yang menggunakan kendaraan sendiri harus membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua cukup merogoh kocek sebesar 3.000. Sedangkan wisatawan yang membawa mobil perlu membayar biaya nominal sebesar harga tiket masuk.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Pantai Jungwok

Aktivitas Seru di Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Dewi Lestari

1. Berkemah di dekat pantai

Berikut adalah berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung paling unik. Berkemah di tepi laut memang sesuatu yang berbeda. Liburan pun akan semakin menyenangkan. Lokasi Pantai Jungwok memang kondusif untuk mendirikan beberapa tenda untuk camping.

Beberapa titik di pantai ini bisa dijadikan sebagai tempat camping. Di dalam rerimbunan tanaman atau pepohonan terdapat beberapa ladang yang cocok untuk berkemah. Selain itu, area pasir juga bisa digunakan, tetapi hanya saat bulan tidak purnama. saat bulan purnama, air laut akan naik cukup tinggi dari biasanya dan tidak terlalu aman untuk malam hari.

2. Nikmati sejuknya suasana pantai

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menikmati pemandangan alam sepuasnya. Arah pandangan pengunjung memungkinkan untuk melihat luasnya lautan di depan vegetasi hijau yang mengelilinginya. Rasanya pas untuk dijadikan tempat peristirahatan sejenak untuk menyegarkan pikiran dan tubuh dari penat.

3. Jalan-jalan di pantai

Aktivitas Seru di Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Ibzi Afra

Pasirnya yang lembut akan terasa begitu Anda tiba di Pantai Jungwok. Ini sempurna untuk menelusuri dari satu ujung ke ujung lainnya. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi pepohonan yang indah di tepi pantai. Menikmati hijaunya vegetasi di dekat pantai memang merupakan aktivitas yang berbeda namun sangat mengesankan.

Selain itu, deretan bebatuan karang di sebelahnya juga layak untuk dijelajahi. Sangat menyenangkan untuk menjelajahi tempat yang indah ini dan itu akan membawa kebahagiaan batin yang tak terlupakan. Berenang atau sekedar bermain air di pinggiran kota juga bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

4. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Tidak lengkap rasanya jika datang ke tempat tersebut namun tidak melakukan aktivitas fotografi walaupun hanya sekedar selfie. Banyak objek yang bisa dijadikan latar belakang yang sangat bagus untuk foto yang diambil. Alam sekitar yang menakjubkan membuat hasil foto semakin indah dan mengesankan.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai

Penginapan murah terdekat dengan pantaiKredit gambar: Google Maps asma muthiah

1. Pondok Lembah Bukit

Hostel ini tidak jauh dari lokasi pantai Jungwok. Terletak di Kecamatan Pracimantoro, Kecamatan Wediombo. Hostel ini menawarkan biaya sewa per malam yang sangat terjangkau untuk berbagai rombongan. Kamarnya berbentuk seperti cottage, sehingga cukup unik.

Beberapa fasilitas juga bisa diapresiasi pengunjung, antara lain kasur berupa single bed, kamar mandi, dan kipas angin. Meski sangat sederhana, pelanggan yang datang ke sana akan selalu merasa nyaman.

2. Pondok & Restoran Joglo Wediombo

Tempat ini sebenarnya dekat dengan objek wisata samping yaitu pantai Wediombo. Namun, karena sangat dekat, pengunjung tidak akan terlalu jauh untuk sampai ke sana. Dengan harga yang masih sangat terjangkau, pelanggan yang datang akan sangat nyaman dengan berbagai fasilitas yang tergolong kelas menengah ke atas.

3. Asrama Putra Darma

Dengan tarif sewa yang tidak terlalu mahal, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk bermalam saat ingin ke pantai. Beberapa fasilitas juga bisa dinikmati seperti parkir dan juga restoran di dalamnya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Jungwok Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Agus Tjipto Djati

Tidak terlalu banyak fasilitas yang bisa dinikmati di tempat ini. Hanya ada beberapa kios mandi untuk pengunjung. Namun, jika Anda lapar, jangan khawatir. Ada beberapa warung makan yang menawarkan menu berbeda untuk disantap sendiri atau bersama-sama. Selebihnya, pengunjung harus membawa perlengkapan sendiri, termasuk jika ingin berkemah.

Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan. Di antara banyak tempat wisata khususnya di Gunung Kidul, Pantai Jungwok bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk berlibur bersama kerabat atau sendiri untuk relaksasi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button