Menikmati pemandangan Cappadocia Turki dari atas balon udara - WisataHits
wisatahits

Menikmati pemandangan Cappadocia Turki dari atas balon udara

Cappadocia di Turki adalah tujuan wisata global yang menawarkan pemandangan berbatu yang unik dan wahana balon udara yang menakjubkan.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk:
Nomor telepon:
Aktivitas: Berkeliling, naik kuda, berfoto, naik balon udara
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Visa, surat-surat
Larangan: Dilarang
Alamat: Anatolia Timur, Turki, Eropa Kontinental
Fasilitas umum: Hotel Troglodyte, balon udara panas
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Cappadocia di Turki merupakan salah satu tujuan wisata internasional yang banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Ada banyak destinasi yang bisa dipilih di negara ini seperti Cappadocia, Turki.

Dengan mengunjungi objek wisata ini, Anda akan dibawa kembali ke zaman Fred Flinstone serta zaman prasejarah. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat susunan bebatuan yang membentuk formasi yang indah.

Disini tim dolan yok akan memberikan gambaran tentang objek wisata ini. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti ingin pergi ke Turki

Sekilas tentang Kapadokia Turki

Cappadocia terletak di wilayah Anatolia Timur Turki. Daerah ini merupakan daerah pedalaman yang terletak pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.Iklim daerah ini sangat kering dan panas di musim panas tetapi bersalju di musim dingin.

Selain suhu yang kontras, daerah ini sangat terkenal dengan formasi batuannya yang unik dan ikonik. Dengan ngarai dan lembahnya, ini merupakan pemandangan yang sangat menawan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat pemandangan balon udara panas aneka warna memenuhi langit kota. Apalagi kota ini juga memiliki kota bawah tanah yang dulunya merupakan tempat tinggal masyarakat setempat.

Tidak hanya pemandangannya yang indah, kawasan ini juga sangat kental dengan keunikan budayanya. Banyak wisatawan dari seluruh dunia mengunjungi koa ini setiap tahun. Kota ini juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Wisata Warisan Dunia karena keunikan sejarah, geologi, dan budaya kota ini.

Cerita

Dua miliar tahun yang lalu, terjadi letusan gunung berapi yang sangat besar, yang menutupi seluruh wilayah dengan abu vulkanik. Dan lava tebal mengalir hingga ketebalan ratusan meter.

Dengan struktur geografis yang memiliki lembah dan banyak angin kencang yang menerjang dan hujan selama ribuan tahun membentuk dan mengikis bebatuan hingga membentuk seperti sekarang ini.

Pada zaman Herdotus, tempat ini tercatat memiliki luas dari Pegunungan Taurus hingga wilayah Euxine (Laut Hitam). Daerah ini juga menjadi tempat bersejarah karena terdapat kota-kota bawah tanah dan gua-gua yang pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat persembunyian orang Kristen sebelum agama Kristen menjadi agama yang diterima.

Keunikan

Daerah ini adalah satu-satunya di dunia. Ciri khas kawasan ini adalah:

dataran tunggal

Dataran ini terbentuk secara alami akibat letusan batuan vulkanik dan erosi yang disebabkan oleh angin dan hujan yang membentuk batuan berbentuk corong dan disebut “tuff”.

sifat batuan

Karena sifat lembut batu tufa, penduduk pertama yang tinggal di sana mengukir batu itu menjadi rumah, gereja, dan tempat persembunyian. Pada zaman dahulu, tempat ini terkenal dengan kuda-kudanya, itulah sebabnya daerah ini mendapat nama Cappadocia. Diyakini pada saat itu bahwa dia berasal dari daerah pegunungan dengan seekor kuda yang indah. Dan menjadi nama Cappadocia sampai sekarang.

balon udara

Setiap hari, area langit dihiasi dengan ratusan balon udara panas yang terbang. Tidak hanya bisa Anda lihat, tetapi Anda juga bisa menaikinya untuk melihat keseluruhan pemandangan area dari udara.

Kota bawah tanah

Anda juga dapat mengunjungi kota bawah tanah yang sangat indah ini. Di mana Anda dapat menemukan arah yang terukir di setiap dinding bangunan.

Gereja Goan

Tempat ini juga memiliki gereja yang unik yaitu gereja yang dibangun di dalam gua, karena tempat ini berfungsi sebagai tempat persembunyian pada waktu itu, tidak menutup kemungkinan juga masyarakat pada waktu itu juga membangun tempat peribadatan di dalam gua tersebut.

hotel gua

Anda juga bisa merasakan sensasi bermalam dan menginap di hotel yang dindingnya terbuat dari batu asli dan masih menyatu dengan bukit.

Alamat

Kappadocia terletak di Anatolia Timur, Turki, Benua Eropa, tepatnya di negara Turki.

Atraksi Terdekat

Kota Cappadocia memiliki pemandangan eksotis yang unik dengan beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Biasanya, jika Anda bepergian menggunakan agen perjalanan, Anda akan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti:

Taman Nasional Gerome

Julukan Cappadocia adalah Negeri Cerobong Peri. Julukan tersebut diberikan karena kawasan ini merupakan kawasan berbatu yang bentuknya mirip cerobong asap, banyak yang berbentuk seperti piramida datar.

Bebatuan tersebut juga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat tinggal. Pemandangan ini bisa Anda temukan di areal penanaman nasional ini.

Museum Terbuka GĂ©rĂ´me

Jika Anda mengunjungi Taman Nasional GĂ©rĂ´me, pastikan untuk mengunjungi Museum Terbuka GĂ©rĂ´me. Kawasan ini merupakan kawasan gereja dan biara kuno yang dibangun pada abad ketiga dan keempat.

Ada sebelas gereja tua yang memiliki arsitektur khas GĂ©rĂ´me dengan ukiran batu putih. Di dalam gereja tua ini Anda akan menemukan banyak lukisan dengan warna-warna alami.

pasbag

Daerah ini sering dijuluki Fairy Chimney yang artinya peri cerobong asap. Masyarakat setempat percaya bahwa daerah ini pernah dihuni oleh peri yang berada di bawah tanah.

lembah cinta

Daerah ini berupa lembah yang gersang karena curah hujannya sangat jarang. Hanya di kawasan ini kita akan melihat bebatuan berupa pilar-pilar yang menjulang tinggi. Batuan ini terbentuk akibat letusan gunung api purba.

Kota Derinkuyu

Kawasan ini sangat unik karena memiliki bentang alam yang menyerupai permukaan bulan. Ini adalah salah satu kota bawah tanah terbesar di Cappadocia. Kota ini juga mampu menampung 20.000 orang dan ternaknya.

hotel gua

Jika Anda pergi ke Cappadocia, Anda harus mencoba bermalam di hotel gua tradisional.

balon udara

Tamasya paling terkenal di Cappadocia adalah naik balon udara. Dari atas balon ini, Anda bisa melihat pemandangan unik Cappadocia dari atas.

Kastil Uschsiar

Kastil Uschsiar adalah kastil batu yang terletak di Cappadocia. Daerah ini merupakan wilayah dominan Cappadocia.

Museum Guray

Museum ini berada di Avanos di Turki yang memiliki gedung super spektakuler. Kamar ini kuno tetapi memiliki keramik yang sangat modern.

Nah, jika Anda ke Cappadocia, belum lengkap liburan Anda jika tidak mengunjungi tempat-tempat wisata di atas. Rencanakan liburan Anda ke semua atraksi spektakuler ini.

Estimasi Biaya Liburan

Untuk membantu Anda memperkirakan biaya, Anda perlu mengetahui apakah Anda menggunakan mata uang TL (Lira Turki) di sana. Nilainya jika 1 TL sama dengan Rp 3.397,-. Nah, Anda hanya perlu memperbanyak apa yang Anda butuhkan di sana.

Hal terpenting sebelum berangkat ke Turki adalah mempersiapkan VISA. Biaya visa resmi Turki adalah 25 USD, setara dengan 345.000 rupee untuk sekali masuk, dan harga ini belum termasuk biaya layanan.

Kemudian Anda bisa melanjutkan penerbangan dari Indonesia ke Turki, Anda bisa langsung memilih untuk mendarat di Istanbul. Untuk penerbangan dari Indonesia ke Turki/Istanbul mulai 8,8 juta. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan maskapai.

Setibanya di Istanbul, Anda bisa naik bus dengan biaya sekitar 80 TL dan memakan waktu 12-13 jam. Anda juga bisa memilih menggunakan pesawat seperti Kayser atau Nevsehir dengan biaya sekitar 500.000, sedikit berbeda dengan ongkos bus. Jika Anda menggunakan pesawat, Anda dapat menghemat lebih banyak waktu.

Di sana Anda juga mencoba menggunakan transportasi bus jika ingin mengunjungi tempat lain. Hanya dengan biaya sekitar 2 TL dari jauh atau dekat.

Dan untuk makanannya hampir sama dengan di Indonesia. Hanya saja jika memilih makan di ibukota, harganya memang lebih mahal dibanding tempat yang jauh, kalau butuh biayanya sekitar 6-10 TL kalau mau makan di ibukota.

Paket Wisata Balon Udara

Jika ingin naik balon udara bisa menggunakan jasa tour yang biayanya juga bervariasi sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh jasa tour tersebut. Harganya berkisar antara 200 hingga 250 USD atau sekitar 2,8 juta hingga 3,5 juta per orang yang diisi 16 hingga 20 orang.

Anda juga bisa memilih paket private tour dimana 1 balon hanya bisa menampung 1-2 orang. Tentu saja harga yang ditawarkan lebih mahal. Bagi sebagian wisatawan, harga yang ditawarkan mungkin terkesan mahal, namun dengan harga yang ditawarkan, seseorang sudah memiliki jaminan keamanan di udara.

Pilot yang menerbangkan balon juga memiliki sertifikat penerbangan.

Tips Perjalanan

Jika Anda ingin liburan yang menyenangkan, Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Anda harus bangun pagi, karena balon hanya lepas landas sebelum matahari terbit.
  • Datanglah selama musim panas, antara November dan Mei karena cuaca di daerah ini sangat dingin. Jika Anda tidak datang tepat waktu, Anda pasti akan mengubur impian Anda untuk naik balon udara panas.
  • Bermalam sangat disarankan, karena jika Anda tidak pergi balon udara hari ini, Anda dapat mencobanya keesokan paginya.
  • Hormati semua aturan yang disampaikan oleh pemandu karena keselamatan adalah yang utama.
  • Anda harus pintar-pintar dalam memilih operator balon udara. Anda harus dapat memilih harga yang tepat, udara yang aman, dan jam terbang pilot.

Dan jangan lupa untuk belajar bahasa Turki sehingga Anda dapat menegosiasikan berbagai kebutuhan Anda selama Anda tinggal.

Akomodasi

Jika Anda bepergian sendiri atau tidak mengikuti perjalanan yang terorganisir, ingin beristirahat, Anda dapat memilih salah satu akomodasi di daerah tersebut. Akomodasi ini termasuk Gmaresu Cave Hotel, Grand Cappadocia Hotel, Artemis Cave Suites, semuanya terletak di area Göreme.

Berkunjung ke suatu negara tidak lengkap tanpa menikmati masakan khas negara tersebut, seperti Turki dengan masakan khasnya. Pilihan restoran termasuk Cappadocia Steak House, Art Rock Restaurant, dan Cancan Cafe Restaurant.

Kesimpulan

Demikian beberapa informasi tentang liburan di Cappadocia Turki. Sebelum pergi, sebaiknya perhatikan semua hal, bahkan hal-hal kecil.

Hal ini dimaksudkan agar liburan Anda terencana, aman dan lancar. Jangan merusak liburan Anda dengan tidak memperhatikan hal-hal mulai dari keberangkatan, penerbangan, akomodasi, dan destinasi. Karena perjalanan ini merupakan perjalanan mahal dan mewah yang akan tetap berkesan dalam hidup Anda.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button