Mont Kelud Kediri: Harga Tiket, Wahana, Rute Pendakian, Atraksi, dan Lainnya - WisataHits
wisatahits

Mont Kelud Kediri: Harga Tiket, Wahana, Rute Pendakian, Atraksi, dan Lainnya

wisata gunung kelud – Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, gunung ini setidaknya telah meletus beberapa kali sejak tahun 1000 Masehi. Gunung Kelud meletus tidak kurang dari 30 kali sejak tahun 1000. Wow banyak sekali, dan rekor terakhir meletus pada tahun 2014, dan letusannya sangat dahsyat.

Sekali lagi, bagi orang yang percaya ini tentu menjadi pelajaran bagi kita, bahwa kita tidak memiliki kuasa atas dunia ini. Hei, mengapa kamu bahkan berbicara? eh eh. Nah, kembali ke pokok bahasan yaitu wisata Gunung Kelud.

informasi Umum

Alamat: Ringinrejo, Karangrejo, Garum, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, –
Harga Tiket Masuk Gunung Kelud : Rp 10.000-Rp 40.000
Jam buka: 08.00 – 16.30
Nomor telepon:-

Gunung Kelud sendiri terletak di 3 kabupaten administratif Jawa Timur yaitu di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, sekitar 27 km sebelah timur dari pusat kota Kediri.

Kunjungi juga: 27 tempat wisata di Kediri

Gunung Kelud KediriGunung Kelud Kediri

Gunung Kelud atau jika salah ketik menjadi Gunung Kelut memiliki keindahan alam yang sangat memukau, maka tidak heran jika wisata Gunung Kelud menjadi alternatif liburan bagi warga Kediri dan sekitarnya.

Perjalanan untuk mencapai Gunung Kelud Kediri cukup mudah. Anda dapat melakukan perjalanan dari Kediri kemudian ke Pesantren kemudian ke Wates.

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan perbekalan terlebih dahulu, disarankan untuk membelinya di daerah Wates. Kemudian Anda melanjutkan perjalanan ke Ngancar, desa Sugihwaras dan kemudian Anda tiba di Gunung Kelud.

Ada banyak petunjuk arah untuk menuju lokasi, jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat jika ini adalah liburan Gunung Kelud pertama Anda. Dari pintu depan, jalan yang ditempuh semakin berkelok-kelok dan menanjak, bahkan di beberapa bagian ada tanjakan yang terjal dan sempit.

Selama perjalanan menuju kesana, anda akan melihat pemandangan indah khas pegunungan jika anda datang pada pagi atau sore hari. Anda juga akan menemukan jalan misterius.

Orang memanggilnya dengan istilah jalan misterius. Hal ini dikarenakan adanya fenomena unik dan aneh dimana kendaraan akan terus menanjak meski berhenti di posisi netral. Begitu sampai di tempat parkir objek wisata Gunung Kelud Kediri, Anda akan disambut oleh stand makanan.

Warung makan ini berjejer rapi di pinggir jalan dan menawarkan berbagai makanan khas Indonesia. Beberapa makanan yang terdapat di sana antara lain nasi pecel, nasi goreng, soto, bakso, mie, lontong kikil, dan aneka jajanan.

Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki menuju Gunung Kelud, Kediri. Sebelum mencapai lokasi utama, Anda harus melewati terowongan dengan panjang sekitar 150 meter. Terowongan ini tidak gelap karena telah diterangi lampu di dalamnya.

Gunung Kelud.Gunung Kelud.

Jalan Menuju Wisata Gunung Kelud

Untuk bisa sampai ke objek wisata Gunung Kelud, bisa melalui jalan Kediri – Islamic Internat – Wates – Ngancar – Desa Sugihwaras – Gunung Kelud.

Harga Tiket Wisata Gunung Kelud

Untuk harga tiket wisata Gunung Kelud hanya Rp 10.000 saja. Cukup murah bukan? Nah, buat kamu yang berkunjung di akhir pekan, tiketnya naik hingga Rp 10.000 saja, nggak terlalu mahal juga kan?

Tiket masuk
Tiket masuk Rp 10.000
PP Ojek Kawah Rp 40.000

Jam operasional

Bagi yang ingin mendaki, pendaftaran audisi bisa dilakukan setiap hari. Sementara itu, wisata Gunung Kelud buka setiap hari dari pagi hingga malam. Rekomendasi waktu terbaik adalah saat musim kemarau jika ingin melihat pemandangan kawah yang terbaik.

Jam operasional
Mendaftarkan jam tangan Setiap hari 06.00 – 23.00 WIB
wisata gunung kelud 08.00 – 16.30 WIB

Jangan sampai ketinggalan juga Obyek wisata gunung bromo

Mont Kelud – Rute pendakian

Keindahan dan nilai Gunung Kelud menjadi incaran banyak pendaki. Untuk menuju puncak, Anda bisa melalui 2 jalur utama yang biasanya menjadi pilihan para pendaki.

Ada juga jalur pendakian Gunung Kelud di Kabupaten Blitar. Perlu diketahui jika ingin mencapai puncak, relawan base camp biasanya akan memberikan jasa guide atau pemandu.

Rute pertama melewati Tulungrejo. Ini adalah rute termudah dan tercepat yang terletak di bagian timur gunung. Ditambah lagi, medan pendakiannya juga tidak terlalu ekstrim. Beberapa tempat yang akan dilalui di sini adalah Dragon’s Back Path dan Air Terjun Kilisuci.

Rute kedua melewati Karangrejo yang cenderung lebih tenang. Jalurnya memang lebih panjang dengan medan yang lebih sulit. Salah satu titik yang akan menguji ketahanan adalah jalur vertikal. Jalur ini cukup sulit karena Anda harus menaiki anak tangga terlebih dahulu.

Kedua jalur tersebut membawa pendaki memasuki kawasan kawah. Pendakian Gunung Kelud biasanya diselimuti kabut. Jika kurang beruntung, kawah akan sulit dilihat karena tertutup oleh lapisan kabut ini. Pada hari yang cerah, pemandangan sekitar seperti Gunung Kawi dan panorama Arjuno juga dapat dilihat dari sini.

Gunung Kelud.

Untuk panjat tebing ada base camp dengan fasilitas lengkap. Base camp ini meliputi pos informasi, area camping, area parkir, toilet dan mushola. Selain itu, terdapat warung dan persewaan peralatan hiking atau camping. Sedangkan fasilitas yang tersedia di Taman Agro Margomulyo antara lain area parkir, toilet, mushola dan kantin.

Mysterius Road, rute unik menuju Gunung Kelud

Sebelum menuju Gunung Kelud, kita akan melewati Jalan Mysterius. Jalan ini dinamakan Jalan Mysterius karena ada fenomena aneh dan unik yaitu kendaraan akan terus menanjak meski kendaraan dimatikan.

Atau lebih mudah untuk membuktikannya, silahkan letakkan botol air mineral dalam posisi tidur, dan letakkan botol air mineral di posisi paling bawah jalan di lokasi Jalan Misterius. dan perlahan-lahan botol air mineral akan menggulung.

Jalan Misterius Gunung Kelud KediriJalan Misterius Gunung Kelud Kediri

wisata gunung kelud

Gunung Kelud telah menjadi objek wisata di Kabupaten Kediri, daya tarik utamanya adalah kubah lava. Di puncak Gajahmungkur, dibangun pos pengamatan dengan tangga semen.

Gunung Kelud Kediri menawarkan keindahan alam yang sangat indah. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke sini. Bagi masyarakat Kediri sendiri, wisata Gunung Kelud menjadi salah satu pilihan tempat liburan.

Di gunung ini, Anda akan dibuat takjub dengan daya tarik utamanya yaitu kubah lava. Sebuah pos pengamatan dibangun di atas Gajah Mungkur. Untuk menuju puncak juga disediakan tangga semen.

Wisatawan menyeberang jalan melewati kawasan Tebing Sumbing, salah satu puncak tertinggi Foto dari Google Maps Syamsul ArifinWisatawan menyeberang jalan melewati kawasan Tebing Sumbing, salah satu puncak tertinggi Foto dari Google Maps Syamsul Arifin

Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan jalur pendakian di Sumbing, flying fox dan pemandian air panas. Jika ingin melihat keindahan lalu lintas, cobalah datang pada malam hari di akhir pekan. Di sana Anda bisa melihat kubah lava yang diterangi lampu berwarna-warni.

Selain pemandangan kubah lava, di Gunung Kelud Kediri juga terdapat pemandian air panas yang bisa dirasakan oleh Anda pengunjung gunung ini. Pemandian air panas ini berada di bawah Gunung Kelud, tepatnya di sisi kanan sebelum memasuki terowongan menuju Gunung Kelud.

Untuk menuju pemandian air panas ini, Anda akan cukup menguras tenaga karena harus menuruni anak tangga terlebih dahulu. Namun sesampainya disana, rasa lelahmu akan terbayar dengan air panas tempat ini.

Flying fox Gunung Kelud KediriFlying fox Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud. Air panas

Setelah puas menikmati pemandangan kubah lava Gunung Kelud, luangkan waktu sejenak untuk mencium aroma mata air panas di bawah Gunung Kelud.

Lokasinya sendiri berada di sebelah kanan sebelum memasuki terowongan Gunung Kelud. Yang perlu anda persiapkan disini adalah anda harus dalam kondisi fisik yang prima karena untuk menuju sumber air panas Gunung Kelud anda harus menuruni anak tangga yang cukup menguras tenaga.

Tapi santai saja begitu sampai di pemandian air panas Gunung Kelud, semua rasa lelah Anda akan terbayar karena Anda bisa merasakan air panas yang berasal dari kawah Gunung Kelud.

Gunung Kelud.  Air panasGunung Kelud. Air panas

Tips Perjalanan ke Gunung Kelud

Beberapa catatan yang harus diperhatikan saat Anda dan teman atau keluarga berlibur atau berwisata ke Gunung Kelud, antara lain sebagai berikut:

1. Waktu keberangkatan

Jika ingin menikmati keindahan Gunung Kelud, sangat disarankan untuk datang di pagi hari. Berangkat pagi hari, Anda bisa berkeliling Gunung Kelud Kediri dengan lebih santai dan nyaman. Anda juga akan merasa puas menikmati pesona Gunung Kelud karena tidak perlu terburu-buru juga.

2. Stamina dan kebugaran

Berjalan di Gunung Kelud akan cukup melelahkan bagi Anda. Kondisi jalan yang cukup tinggi dan mengharuskan Anda untuk tetap dalam kondisi yang baik selama Anda tinggal. Dengan kondisi fisik yang sehat dan stamina yang cukup, Anda bisa menikmati objek wisata ini dengan lebih bahagia.

3. Barang yang dibawa

Ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi gunung ini, Anda harus menyiapkan barang-barang yang diperlukan. Beberapa di antaranya adalah kamera atau ponsel dengan kamera resolusi tinggi, jas hujan dan jaket atau pakaian tebal.

Mengabadikan momen spesial di tempat wisata yang tidak biasa ini tentu diharapkan banyak orang, jadi jangan tinggalkan kamera Anda di rumah. Isi kamera atau ponsel Anda dengan momen-momen indah.

Sebagai persiapan dan untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda membawa jas hujan. Karena kita tidak tahu bagaimana cuaca di sana. Dengan membawa jas hujan, liburan Anda tidak akan terganggu jika suatu saat hujan di sana.

Jika Anda ingin mendaki Menara Pandang Gunung Kelud, Anda harus membekali diri dengan pakaian tebal atau pakaian tebal. Dengan jaket tebal ini, rasa dingin di menara pandang akan berkurang.

4. Gunakan sepatu yang nyaman

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jalur di Gunung Kelud Kediri cukup menanjak dan menurun. Untuk itu, gunakan sepatu berupa sandal gunung atau sepatu yang nyaman untuk kaki Anda. Jika Anda merasa nyaman, perjalanan liburan Anda akan sangat menyenangkan.

5. Sewa mobil penumpang

Untuk menghemat waktu dan memudahkan Anda, disarankan menggunakan mobil wisata yang tersedia di gerbang wisata Gunung Kelud.

Mengingat jalur yang akan dilalui juga cukup menantang, ada jalur menanjak dan menurun yang cukup ekstrim. Anda bisa naik mobil penumpang ini setelah membayar tiket Rp 15.000.00 (termasuk pulang pergi).

* * * * *

Demikian panduan liburan kami ke objek wisata Gunung Kelud Kediri, semoga bermanfaat bagi pembaca semua, selalu ingat untuk menjaga kebersihan objek wisata dimanapun berada.

Kunjungi juga: 20 tempat wisata di jember

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button