5 oleh-oleh khas Jember yang wajib ada di tas belanja kamu! - WisataHits
Jawa Timur

5 oleh-oleh khas Jember yang wajib ada di tas belanja kamu!

Oleh-oleh paling diidamkan di Jember. Jangan bocor!

Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan berbagai destinasi wisata yang menarik. Maka tidak heran jika Jember berulang kali dijadikan sebagai destinasi liburan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Saat Anda pergi berlibur, tidak lengkap rasanya jika belum membeli oleh-oleh. Tak perlu khawatir karena Jember punya oleh-oleh khas untuk dibawa pulang ke orang tersayang di kampung halaman, lho! Nah, berikut ini adalah informasi 5 oleh-oleh khas Jember yang tidak boleh ketinggalan di tas belanja kamu!

1. Pita Pao

5 oleh-oleh khas Jember yang wajib ada di tas belanja kamu!Pao Tape (instagram.com/ngulinedijember)

Pao Tape adalah oleh-oleh khas Jember. Jika pada umumnya bakpao berisi kacang hijau dan kacang merah, bakpao ala jember ini memiliki isian tape. Tape dibuat dari singkong melalui fermentasi dengan ragi.

Pita pao ini memiliki rasa lakban saat Anda menggigitnya. Rasanya juga manis, teksturnya lembut. Pembuat tape pao di Jember juga melakukan inovasi produk tape pao ini dengan menawarkan berbagai rasa. Seperti coklat, matcha, vanilla dan masih banyak lagi.

Anda bisa membeli pao tape yang sudah matang. Tapi kalau mau bawa oleh-oleh jarak jauh bisa beli versinya beku lalu kukus di rumah.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Di Jember Yang Bisa Jadi Rekomendasi Liburan

2.Prol Tape

5 oleh-oleh khas Jember yang wajib ada di tas belanja kamu!Prol Tape (instagram.com/galeri.cooking.baking)

Prol sering disebut sebagai kue Indonesia. Karena Jember merupakan salah satu sentra produksi tape di Indonesia, maka tidak heran jika ada oleh-oleh unik berupa Tape Prol.

Makanan berbentuk kue ini terbuat dari pita singkong, susu, tepung terigu, gula pasir dan mentega. Bahan-bahan ini kemudian dituangkan ke dalam loyang untuk dipanggang lebih lanjut. Proses memanggang ini membuat Prol Tape lebih sehat dan tahan lama.

Rasa Prol Tape manis dan asli. Teksturnya seperti kue. Kamu bisa membeli Prol Tape dengan berbagai pilihan topping. Seperti keju, kismis, almond, hingga meses yang berbeda. Pilih sesuai selera Anda, ya! Jangan takut kantong kering. Souvenir ini hanya dijual mulai dari Rp 20.000 saja.

3. tulang belakang Suwar

5 oleh-oleh khas Jember yang wajib ada di tas belanja kamu!Suwar-suwir (instagram.com/lokalkaryadotcom)

Jangan tertipu! Meski terlihat seperti orang tolol, ternyata potongan-potongan itu terbuat dari lakban, lho! Suwar-suwir juga dikenal sebagai Band Gula.

Camilan ini hadir dalam berbagai rasa antara lain sirsak, nangka, durian, nanas, cokelat, dan kacang hijau. Suwar-suwir memiliki rasa yang manis. Selain rasanya yang enak, banyak orang, terutama anak-anak, juga menyukai tampilan schnitzel yang berwarna-warni.

4. Kopi kakao

5 oleh-oleh khas Jember yang wajib ada di tas belanja kamu!Kopi kakao (instagram.com/kopikakao_shop)

Di Jember terdapat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) yang sudah berdiri sejak tahun 1911. Selain sebagai pusat penelitian dan lembaga pendidikan, Puslitkoka juga menghadirkan produk kopi kakao lho!

Kopi kakao sendiri merupakan kopi yang dicampur dengan bubuk kakao atau coklat. Tidak bisa dibayangkan betapa bagusnya dia hanya dari namanya, bukan! Produk yang selalu menjadi incaran wisatawan adalah kopi bubuk kakao, selain itu ada juga cokelat manis, cokelat batangan dan aneka minuman kakao.

5. Jenang Waluh

5 oleh-oleh khas Jember yang wajib ada di tas belanja kamu!Jenang Waluh (instagram.com/maktiendailyfood)

Jember juga dikenal sebagai sentra pembuatan labu siam atau squash. Selain dijual buahnya, labu juga digunakan sebagai oleh-oleh. Yaitu jenang waluh. Meski jenang waluh adalah makanan tradisional, makan satu kali dijamin tidak cukup karena rasanya yang enak!

Untuk membuat jenang waluh, labu kuning dicampur dengan beras ketan, kelapa tua, dan gula merah. Kemudian Jenang Waluh dicetak dalam bentuk kecil panjang seperti Dodol Jenang setelah dimasak. Jenang Waluh memiliki rasa yang manis, gurih dan kenyal. Dijamin lidahmu goyang, deh!

Nah, itulah 5 oleh-oleh khas Jember yang tidak boleh dilewatkan di tas belanja Anda. Dengan membeli makanan khas lokal, kita juga membantu memperkuat komunitas lokal dan UMKM. Jadi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jember untuk orang tersayang ya!

Baca juga: 5 Kerajinan Tangan Khas Jember, Asli dan Bermanfaat Tinggi!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button