Menparekraf Sandiaga Uno ingin lebih banyak film Indonesia berbicara tentang pariwisata - WisataHits
Jawa Barat

Menparekraf Sandiaga Uno ingin lebih banyak film Indonesia berbicara tentang pariwisata

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ingin lebih banyak lagi film Indonesia yang bercerita tentang keutamaan pariwisata dan industri kreatif di tanah air ditayangkan di berbagai layanan streaming media digital.

Ia lantas mengapresiasi kehadiran film-film yang menonjolkan destinasi wisata di Indonesia, seperti Laskar Pelangi dan KKN di Kampung Menari, karena berdampak positif bagi lokasi film dan produk industri kreatifnya.

“Seperti ‘Laskar Pelangi’ yang mempromosikan Belitung dari situs yang sebelumnya tidak dikenal, mungkin sudah terkenal. Baru-baru ini ada ‘KKN di Kampung Menari’ yang bisa mendatangkan lebih banyak kunjungan, kreasi dan produk dari industri kreatif lokal,” katanya di Jakarta, Selasa.

Menurut Sandiaga, film Indonesia memiliki kualitas jika dikemas dan dipamerkan dengan baik, terutama dari segi cerita dan hal-hal lain yang dapat menggugah emosi penonton.

Ia kemudian menyebutkan pentingnya bekerja sama untuk memajukan pariwisata dalam negeri dan industri kreatif di era baru ini. Menurut dia, kedua sektor tersebut menyumbang 1,1 juta lapangan kerja baru pada 2022.

Salah satu bentuk kerjasama ini adalah bekerja sama dengan Netflix untuk mendukung kampanye Wonderful Indonesia. Melalui kerja sama ini, delapan konten dari Indonesia, antara lain film layar lebar, film pendek, film musikal, animasi, dokumenter, dan film olahraga, akan dihadirkan melalui salah satu penyedia layanan streaming media digital.

“Delapan (konten) untuk beberapa bulan ke depan hingga 2024. Kami berharap akan meningkat karena itu baru target awal. Kami ingin menjadi 18, 80, 800. Kami harus mempresentasikannya karena kami punya potensi,” katanya kepada Sandiaga.

Ia berharap kerja sama ini menjadi pendorong percepatan pemulihan dan kebangkitan Indonesia yang lebih kuat. Selain itu, ia menawarkan kemampuan untuk menampilkan konten yang diproduksi di dalam negeri di Netflix.

“Kami berharap bisa membuat apa saja yang bisa kami kerjakan bersama, baik itu pedoman yang memberikan lebih banyak peluang bagi konten Indonesia untuk ditampilkan lebih baik di Netflix yang mencapai 220 juta anggota di 190 negara,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Dean Garfield, wakil presiden kebijakan publik Netflix, mengatakan bahwa ada banyak pembuat konten yang luar biasa di Indonesia. Ia ingin kerjasama perusahaannya dengan Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dapat membantu menyebarkan pesan tentang keindahan Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Lantik 35 Pejabat Baru di Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Konsep Ekowisata Kebun Raya Bogor

Source: riau.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button