Lembang, Area Cetak Pemain Persib - WisataHits
Jawa Barat

Lembang, Area Cetak Pemain Persib

Kabupaten Bandung Barat

Lembang, sebuah kecamatan di utara Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, terkenal dengan pesona alamnya dan objek wisata yang digemari para pelancong.

Di sisi lain, Lembang juga memiliki sejarah panjang dalam melahirkan nama-nama pesepakbola Indonesia yang kini menjadi legenda. Sebut saja Robby Darwis, Yudi Guntara, Gatot Prasetyo, Yadi Mulyadi, hingga Tantan terbaru yang kini gantung sepatu juga.

Nama-nama besar yang pernah mewarnai kancah kompetisi sepak bola Indonesia ada di klub Persib Bandung. Mereka semua adalah pemain asli yang lahir dari pangkuan kabupaten Lembang.

ke detik jabar Yudi Guntara sangat antusias saat menyebut rekan-rekannya di Persib Bandung yang juga berasal dari daerah yang sama. Sampai hari ini, namanya berbau seperti punggawa era Persia Union.

“Dari awal ada Gatot Prasetyo, di belakangnya ada Hendra Komara, Budiman Yunus, Robby Darwis, Yadi Mulyadi, lalu Ecang Ibrahim. Di tengah ada saya (Yudi Guntara), Deden Suparhan, Erick Setiawan, Dudi Sobandi, Roy Darwis. Penjaga Ada juga Ibrahim di gawang yang pernah menjadi asisten di Dewa United,” kata Yudi Guntara belum lama ini.

Yudi mengatakan rekannya aktif di lapangan hijau karena memiliki bakat. Didukung dengan pembinaan untuk lebih mengasah dan mematangkan keterampilan mereka.

“Mereka sebenarnya lahir karena bakatnya (menjadi pesepakbola) tapi jalan masing-masing orang berbeda-beda, ada yang aktif di Persib Bandung dan ada yang main di luar. Saya dan Roy Darwis juga main di luar,” kata Yudi.

Di awal-awal budidaya kulit bulat, Yudi menuturkan mereka bermain di Lapangan Gunung Sari. Lapangan tersebut saat ini terletak di sebelah Pasar Panorama Lembang. Sayangnya, sejarah lapangan sepak bola hanya tinggal cerita.

“Dulu, permainan ini dimainkan di lapangan Gunung Sari, meskipun tidak terlalu bagus, tetapi bisa menjadi tempat kami berlatih. Kalau sekarang tidak ada lapangan, sudah jadi bangunan komersial,” kata Judi.

Trah Yudi Guntara cs yang lahir dari negara Lembang dan kemudian bermain untuk Persib berhenti di era Tantan. Saat ini tongkat estafet kesuksesan Lembang dalam menghasilkan pesepakbola handal masih belum bisa dilanjutkan.

“Yang terakhir itu di era Tantan dan tidak ada yang melanjutkan sampai sekarang. Harapannya, ada nama lain yang keluar dari Lembang dan bermain untuk Persib Bandung,” kata Yudi.

(iqk/iqk)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button